Sabtu, 24 November 2012

Beasiswa Pendidikan 05



PUBLIC INTEREST RESEARCH AND ADVOCACY CENTER ( PIRAC )

Merupakan lembaga swadaya masyarakat nirlaba dan independen. Program diperuntukkan bagi mahasiswa PTN dan PTS di Indonesia yang dirasa berbakat di bidang penulisan (S1). Beasiswa diberikan untuk 1 semester sebesar Rp. 600 ribu, dan perpanjangan hanya dapat dilakukan jika tulisan yang bersangkutan termuat di media massa minimal 3 kali selama 6 bulan. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juni. email : pirac@ypb.or.id


BEASISWA MIZAN
Dalam rangka menciptakan iklim berpikir yang kondusif bagi kalangan peneliti di
perguruan tinggi, Penerbit Mizan kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa
di seluruh Indonesia memperoleh Beasiswa Mizan untuk program penelitian tugas
akhir (skripsi, tesis, disertasi).

Tema Penelitian
Penelitian yang dilaksanakan harus bertemakan studi keislaman ditinjau dari
pelbagai aspeknya (sosial, politik, ekonomi, budaya, teknologi, sains, dan
lain-lain).

Persyaratan
Warga Negara Indonesia.
Sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir.
Mengirimkan proposal penelitian.
Memiliki IPK minimum 2,75 untuk mahasiswa program S-1 dan 3,0 untuk mahasiswa
program S-2 dan S-3 yang ditunjukkan dalam transkrip nilai terakhir.
Menyertakan surat rekomendasi dari Pembantu Rektor I untuk mahasiswa program S-1
dan Direktur Pascasarjana untuk mahasiswa program S-2 dan S-3.
Menyertakan daftar riwayat hidup lengkap.
Belum pernah mendapatkan Beasiswa Mizan sebelumnya.
Proposal yang masuk menjadi milik panitia (tidak dikembalikan).

Beasiswa yang Diberikan
Beasiswa yang diberikan berupa uang kepada:

Program Strata Satu (S-1)
1. Satu orang penerima pertama sebesar Rp3.000.000,00
2. Satu orang penerima kedua sebesar Rp2.250.000,00

Program Strata Dua (S-2)
1. Satu orang penerima pertama sebesar Rp4.000.000,00
2. Satu orang penerima kedua sebesar Rp3.000.000,00

Program Strata Tiga (S-3)
1. Satu orang penerima pertama sebesar Rp5.000.000,00
2. Satu orang penerima kedua sebesar Rp3.750.000,00

Dewan Juri
Prof. Dr. Taufik Abdullah (Ketua LIPI)
Prof. Dr. Azyumardi Azra (Rektor IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta)
Dr. Komaruddin Hidayat (Direktur Perguruan Tinggi Islam Depag RI)

Peminat Beasiswa Mizan 2001/2002 dapat mengirimkan proposal penelitian yang
disetujui oleh Dosen Pembimbing disertai surat rekomendasi Pembantu Rektor I
atau Direktur Pascasarjana dengan menyertakan transkrip nilai terakhir ke:

Panitia Beasiswa Mizan
Jl. Yodkali No. 16 Bandung 40124,
telp. (022) 7200931,faks. (022) 7207038,
email : promosi@mizan.com



Beasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Kuwait


PEMBERITAHUAN

Diberitahukan kepada seluruh masyarakat indonesia di Kuwait bahwa pusat pendidikan Bahasa Arab Universitas Kuwait telah membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia dengan memberikan 3 (tiga) buah kursi beasiswa bagi para calon mahasiswa yang berminat belajar bahasa arab

SYARAT-SYARAT PENGAJUAN APLIKASI BEASISWA PUSAT BAHASA UNIVERSITAS KUWAIT

1. Mengisi formulir aplikasi Pusat Bahasa Universitas Kuwait
2. Foto copy paspor calon mahasiswa
3. Terjemahan Arab Ijazah SMA & Rapor
(dilampirkan dengan Ijazah SMA & Rapor)
4. Terjemahan Arab foto copy ijazah s1 (apabila ada & dengan lampiran ijazah legalisir)
5. Pernyataan calon mahasiswa tentang alasan keinginannya belajar di Pusat Bahasa Universitas Kuwait
6. Dua buah surat rekomendasi dari dosen/ guru tempat calon mahasiswa belajar saat ini
7. Dua buah foto berwarna ukuran 3x4
8. Membuat pernyataan untuk tidak mengundurkan diri selama masa study berlangsung
9. Diharuskan bagi pengaju permohonan aplikasi untuk memperhatikan prestasi belajar
dan kedisiplinan calon mahasiswa selama masa study berlangsung

KBRI KUWAIT

untuk informasi lebih detail: hubungi bapak Herman Setiawan, staff fungsi Pensosbud KBRI dan Bapak Deni Lesmana Home 965 5358234, mobile 965 6143626,



BEASISWA NURUL FIKRI


PPSDMS NF adalah lembaga di bawah naungan Yayasan Bina Nurul Fikri yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia Indonesia, khususnya pengembangan kader-kader masa depan pemimpin bangsa (future nation leaders).

Sebagai School of Future Nation Leaders, Visi PPSDMS NF adalah:

Melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki pemahaman Islam yang komprehensif, integritas dan kredibilitas yang tinggi, berkepribadian amtang, moderat, serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan Negara.

Untuk itu, PPSDMS mengemban Misi sebagai berikut:
Melatih dan mengembangkan mahasiswa terbaik sebagai kader-kader pemimpin bangsa.
Melakukan pengembangan institusi PPSDMS di berbagai daerah di Indonesia.
Menaburkan dan menebarkan alumni PPSDMS ke tengah-tengah masyarakat sebagai pemimpin-pemimpin yang tangguh.
Mempersiapkan alumni PPSDMS untuk berperan di instansi, lembaga, ataupun institusi strategis, demi kempentingan bangsa dan negara.

PPSDMS bersifat non-partisan, non-profit, terbuka, profesional, dan kebersamaan. Untuk itu, semua kegiatan PPSDMS disampaikan kepada publik secara terbuka dan bertanggungjawab, dan seluruh hasil kegiatannya dipersembahkan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Saat ini PPSDMS sudah memiliki 5 regional di 5 kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bogor), yang meliputi 7 PTN terkemuka, yaitu UI, ITB, Unpad, UGM, ITS, Unair, dan IPB.
TENTANG PROGRAM BEASISWA PPSDMS NURUL FIKRI


Program utama PPSDMS NF adalah memberikan beasiswa kepada mahasiswa terpilih dari sejumlah PTN terkemuka di Indonesia. Sejak dimulai pada tahun 2002 sampai dengan saat ini, sudah terdapat alumni PPSDMS dari dua angkatan sebanyak 104 orang, dengan rincian sebagai berikut:


Angkatan I Regional 1 Jakarta (UI) 20 orang
Angkatan II Regional 1 Jakarta (UI) 20 orang
Angkatan II Regional 2 Bandung (ITB) 20 orang
Angkatan II Regional 3 Yogyakarta (UGM) 20 orang
Angkatan II Regional 4 Surabaya (ITS) 20 orang

Saat ini sedang berlangsung program pemberian beasiswa untuk angkatan III untuk 150 orang peserta dari tujuh PTN (UI, ITB, Unpad, UGM, ITS, Unair, dan IPB). Para peserta angkatan III tersebut akan diwisuda sebagai alumni PPSDMS NF pada bulan Agustus 2008 yang akan datang.

TENTANG PROGRAM BEASISWA PPSDMS NURUL FIKRI ANGKATAN IV, 2008-2010


Program beasiswa PPSDMS NF angkatan IV. Sebagaimana angkatan sebelumnya, peserta yang akan dipilih untuk mengikuti program ini berjumlah 150 orang, dengan rincian sebagai berikut:
Regional 1 Jakarta : 30 orang mahasiswa Universitas Indonesia (UI)
Regional 2 Bandung : 30 orang mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad)
Regional 3 Yogyakarta : 30 orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM)
Regional 4 Surabaya : 30 orang mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair)
Regional 5 Bogor : 30 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Pelamar yang terpilih menjadi peserta program beasiswa PPSDMS NF angkatan IV akan diasramakan dan berkewajiban mengikuti pembinaan selama dua tahun.

Peserta program akan memperoleh beasiswa senilai

Rp 1.200.000,- (satu juta dua ratus ribu rupiah) per bulan

yang meliputi komponen-komponen sebagai berikut:
Asrama dan fasilitasnya (antara lain: kamar tidur dan perlengkapannya, ruang belajar, perpustakaan, komputer, printer, dll.)
Kurikulum pembinaan yang terdiri dari: berbagai Kajian Keislaman, Dialog Tokoh, Diskusi Pasca Kampus, Training Pengembangan Diri (Kepemimpinan, Manajemen, dll.), Olahraga Beladiri, Training Jurnalistik, dan Training Bahasa Inggris.
Uang saku Rp 300.000 per bulan


Persyaratan Calon Peserta


Secara umum calon peserta PPSDMS haruslah :
Laki-laki dan berkewarganegaraan Indonesia
Berusia tidak lebih dari 21 tahun saat bulan Juli 2008
Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa beasiswa
Tidak sedang mendapatkan beasiswa sejenis PPSDMS
Beragama Islam

Secara khusus calon peserta PPSDMS haruslah :
Pria, muslim, warga negara Indonesia
Mahasiswa program S1 reguler UI, ITB, Unpad, UGM, ITS, Unair, atau IPB semester 2 atau 4 pada saat pendaftaran. (Catatan: Untuk Unpad dan Unair hanya berlaku bagi departemen/jurusan non-eksakta)
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 2,8 (skala 4)
Memiliki keinginan dan motivasi yang kuat untuk mengembangkan diri sebagai pemimpin bangsa maa depan di berbagai sektor kehidupan
Sehat jasmani dan rohani
Aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan/atau kemasyarakatan
Pengisian Formulir Pendaftaran

Peminat Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV harus mengisi Formulir Pendaftaran dengan lengkap secara on-line melalui situs www.ppsdms.org selambat-lambatnya tanggal 30 April 2008.
Kelengkapan Berkas

Di samping mendaftarkan diri secara on-line, peminat juga harus mengirimkan kelengkapan berkas dalam amplop tertutup melalui pos kilat khusus/pos tercatat ke alamat:

PANITIA SELEKSI PROGRAM BEASISWA
PPSDMS NF ANGKATAN IV
Gedung Kantor Pusat PPSDMS Nurul Fikri
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20
Srengseng Sawah, Jakarta 12640


Kelengkapan berkas terdiri dari:
Pas foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak 2 helai (dituliskan nama di belakangnya)
Surat lamaran untuk menjadi peserta Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV yang menggambarkan motivasi pelamar mengikuti program ini
Transkrip nilai akademik yang mencantumkan IPK terakhir (dilegalisir oleh pihak yang berwenang)
Surat rekomendasi dari Dekan/Wakil Dekan atau Ketua/Sekretaris Juruan/Departemen
Surat rekomendasi dari Ketua Organisasi Kampus atau Ketua Organisasi Kemasyarakatan di mana pelamar beraktifitas, atau dari Tokoh Masyarakat

Catatan: Isi surat rekomendasi haruslah memuat : 1). Seberapa lama perekomendasi mengenal pelamar, 2). Kelebihan dan kelemahan pelamar menurut perekomendasi, 3). Penjelasan tentang aktivitas pelamar yang dapat menggambarkan kemampuan khusus atau leadership skill pelamar,4). Tempat, tanggal, tanda tangan, nama lengkap, dan jabatan perekomendasi.
PROSES SELEKSI

Proses seleksi Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV adalah sebagai berikut:
Tahap
Materi
Tahap I Seleksi administratif
Tahap II Hari 1: Psikotest & Test Potensi Akademik (TPA)
Hari 2: Tes Bahasa Inggris dan Spiritual Capital Assessment
Tahap III Presentasi, Wawancara dan Tes Kesehatan dan Kesamaptaan


Dalam setiap tahap proses seleksi berlaku sistem gugur. Calon yang dinyatakan lulus pada suatu tahap dan melanjutkan ke tahap berikutnya akan diumumkan di situs www.ppsdms.org dan dihubungi oleh Panitia Seleksi.







BEASISWA LIPPOBANK UNTUK LULUSAN SLTA

Bank Lippo kembali menawarkan program beasiswa bagi siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ingin melanjutkan kuliah s1 di perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa ini meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, akses internet, komputer, hingga biaya penelitian di tingkat akhir.


I. REQUIREMENTS:
Applicants to LB Scholarship must meet the following minimum requirements:
(i) Must be an Indonesian citizen;
(ii) Must complete the application form;
(iii) Grade Point Average for the National Examination Result and Average Point for High School Examination Result must be 8.00 or higher;
(iv) Must be able to demonstrate that they are from financially disadvantaged family by showing an official letter of poverty from the local authority and home electricity bill;
(v) Not presently receiving any other equivalent scholarship or award;
(vi) English proficiency;
(vii) Must comply with all rules and regulations imposed by LB in relation to the scholarship program;
(viii) Accepted applicants must be willing to participate in any LB programs and activities such as internship program at LB or any of its affiliated companies;
(ix) Scholarship recipients are prohibited from holding a job throughout the period of study.
(x) Must complete all documents as listed in the Further Requirements & Conditions. (CLICK FOR DETAILS)

II. COVERAGE OF SCHOLARSHIP:
The scholarship shall cover the following:
(i) Registration fees at the university at which the scholarship recipient is enrolled;
(ii) Tuition fee for the duration of study, not exceeding 4 (four) years or 8 (eight) academic semesters or less depending on the program selected. LB is not obligated to provide any further funding or other assistance should the scholarship recipient does not finish the course of study within the given time frame;
(iii) Living allowance to cover living expenses throughout the period of study;
(iv) Book allowance required for study;
(v) Internet allowance to access internet for study purpose;
(vi) A personal computer;
(vii) Research allowance required for final-year research study.

III. DISBURSEMENT OF SCHOLARSHIP FUNDS:
Scholarship funds shall be disbursed in the following arrangement:
(i) Tuition fee shall be paid directly to the respective university;
(ii) Others shall be disbursed directly to the scholarship recipient.

The disbursement of such scholarship funds shall be subject to the scholarship recipient being able to:
(i) maintain a satisfactory academic standing; and
(ii) fulfill all of required duties and responsibilities.

IV. LEAVE FROM SCHOOL
Save for the school holidays, scholarship recipients shall not take a break from any educational activities without obtaining prior written approval from LB.

V. PENALTIES
(i) In the event that any of scholarship recipients decides to resign from the scholarship program, such scholarship recipient shall reimburse all of the funds spent and return all facilities provided during his/her participation to LB’s scholarship program, including but not limited to the personal computer;
(ii) Any violation for duties, responsibilities and any other requirements imposed by LB will be subject to a penalty to be determined by LB and/or termination of scholarship funding.

VI. DUTIES AND RESPONSIBILITIES
Throughout the period of study, the scholarship recipient must:
(i) be willing to comply with all rules and regulations established by LB as well as the university;
(ii) be willing to attend and participate in all LB scholarship gathering or activities;
(iii) participate in LB’s human capital development programs; and
(iv) report on the academic and non-academic progress to LB on a quarterly basis.

After graduation, the scholarship recipient shall join the LB Alumni Association and actively participate in its program and activities.

VII. TERMINATION OF SCHOLARSHIP
The scholarship program shall be terminated on the occurrence of one of the following:
(i) the scholarship recipient has completed the course of study;
(ii) the scholarship recipient withdraws or is not able to continue studying in the respective university;
(iii) the scholarship recipient violates or fails to fulfill any of the duties, responsibilities and requirements;
(iv) the scholarship recipient is unsuccessful to meet the required level of academic performance;
(v) the scholarship recipient is proven to have provided incorrect or misleading information in the application form or its supporting documents; or
(vi) the scholarship recipient is involved in any illegal activities.

VIII. WORK OBLIGATION
(i) During the period of study, scholarship recipient must be willing to participate in the internship program at LB.
(ii) Upon completion of undergraduate program, scholarship recipients are obliged to work for LB and/or its affiliations for a period of 4 consecutive years subject to job’s availability at LB and/or its affiliations.

IX. APPLICATIONS
Application form can be obtained directly from LB Head Office (Corporate Secretary Group) at Menara Asia 15th Floor, Jl. Boulevard Diponegoro Kav.101, Lippo Karawaci, Tangerang or downloaded by clicking on here.

X. GENERAL PROCEDURES
Interested applicants who meet the requirements must complete and return the application form together with the required supporting documents no later than June 27, 2008 at LB Head Office:


PT Bank Lippo Tbk
Head Office
Menara Asia 15th Floor
Jalan Raya Diponegoro 101
Lippo Karawaci, Tangerang 15810
Indonesia.
Attention: Corporate Secretary
XI. FURTHER INFORMATION
For further information about LB Scholarship please feel free to contact us at 021-5460555 Ext. 65067/59016.
LB will only consider completed application that fulfilled all requirements and will notify the short-listed applicants to attend the continuing stages of the selection process. LB will not return any application documents submitted to LB.


The decision to award the scholarship is subject to the sole discretion of LB and can not be appealed for reconsideration. LB reserves the right to change or cancel any of the aforementioned features or requirements of the LB Scholarship without prior notice and/or explanation. LB will only announce successful applicants in LB website.










BEASISWA DI TIMUR TENGAH

1. Beasiswa Timur Tengah secara umum Beasiswa Timur Tengah yang meliputi negara-negara Arab dan kawasan teluk, seperti : a. Mesir, b. Saudi Arabia, c. Kuwait, d. Uni Emirat Arab,
e. Sudan, f. Aljazair, g. Yaman, h. dll
telah lama diselenggarakan oleh Departemen Agama bekerja sama dengan Kedutaan Besar negara yang bersangkutan dan Perguruan Tinggi, Pondok Pesantren serta Madrasah di Indonesia. Beasiswa yang meliputi jenjang pendidikan dari Madrasah Aliyah hingga Perguruan Tinggi (S1 dan S2) tersebut telah mendapat respon yang sangat tinggi dari para pelajar Indonesia, sehingga kesempatan beasiswa yang tersedia sering tidak sebanding dengan jumlah pesertanya.
Diakui pula, bahwa kesempatan beasiswa Timur Tengah ini masih belum merata dinikmati oleh para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berada di daerah-daerah, oleh karena belum sampai atau sulitnya mendapatkan informasi tentang prosedur dan persyaratan mengikuti beasiwa dimaksud, padahal secara kualitas mereka tidak kalah memiliki peluang oleh karena background pendidikan mereka mayoritas dari pesantren. Untuk itu dipandang perlu membuat panduan beasiswa Timur Tengah secara singkat agar bisa disebarkan secara luas di tengah-tengah masyarakat, sehingga bisa diakses oleh seluruh lapisan.
PERSYARATAN UMUM
Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti tes/seleksi beasiswa Timur Tengah, baik tingkat Tsanawiyah maupun Perguruan Tinggi adalah:
a. Ijazah (Negeri atau swasta yang mengikuti Ujian Negara) yang dilegalisir sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh.
b. Usia ijazah tidak lebih dari 2 (dua) tahun.
c. Surat rekomendasi dari Yayasan, Lembaga Pendidikan atau tokoh masyarakat yang dikenal.
d. Warga Negara Indonesia.
e. Beragama Islam.
f. Mengisi formulir beasiswa.
g. Mengisi surat perjanjian menaati peraturan beasiswa.
h. Belum pernah mendapat beasiswa dari negara yang bersangkutan.
i. Tidak ada keluarga dekat yang sedang menerima beasiswa yang sama dari negara yang bersangkutan.
j. Pas foto 4 cm × 6 cm sebanyak 6 lembar.
k. Pengikuti tes/seleksi yang diselenggarakan Departemen Agama RI. Bagi para peserta yang telah mengikuti tes dan dinyatakan lulus sebagai penerima beasiwa secara sah, selanjutnya akan diminta melengkapi persyaratan- persyaratan berikut:
a. Akte kelahiran dari kantor catatan sipil.
b. Surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian.
c. Surat kesehatan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular dan AIDS dari dokter ahli.
d. Pasport (diurus oleh yang bersangkutan) .
e. Seluruh persyaratan disalin/diterjemahk an dalam bahasa Arab dan dilegalisir sesuai dengan aslinya.
Fasilitasyang diperoleh siswa/mahasiswa Fasilitas yang diberikan penerima beasiswa Timur Tengah beragam sesuai dengan ketentuan negara yang bersangkutan, akan tetapi secara umum fasilitas beasiswa secara umum
meliputi:
bebas biaya pendidikan,q
buku-buku pokok pelajaran,q
asrama, uang saku bulanan danq
tiket pulang.q
Oleh karena uang beasiswa bulanan (mukafa?ah) yang diterima siswa sering tidak mencukupi kebutuhan primernya, maka orang tua/keluarga siswa biasanya masih harus mengirim uang bulanan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari siswa yang bersangkutan.
Prosedur pendaftaran
Pendaftaran besiswa Timur Tengah terdiri dari dua kategori, tingkat Aliyah dan Pergururan Tinggi (S1 dan S2).
Tingkat Aliyah diselenggarakan langsung oleh Departemen Agama Pusat yang dikerja-kan oleh Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum (DITMAPENDA) dengan melalui surat edaran yang dikirim ke madrasah-madrasah dan pondok pesantren yang berkualitas, atau peminat beasiswa bisa mendaftarkan dirinya ke
DITMAPENDA
Kantor Departemen Agama Pusat Lantai 7 Jl. Lapangan Banteng Barat no 3-4 Jakarta.
Waktu pendaftaran biasanya dilaksanakan pada pertengahan Mei sampai dengan pertengahan Juni.
Tingkat Perguruan Tinggi, Departemen Agama melakukan kerjasama dan koordinasi dengan Peguruan Tinggi di daerah-daerah, akan tetapi penentuan Peguruan Tinggi tersebut sifatnya temporer dan untuk
mempermudah peminat beasiswa mengikuti pendaftaran dan seleksi di daerahnya masing-masing dengan tanpa menutup kemungkinan peserta bisa mendaftar di tempat lain. Berikut nama-nama Perguruan Tinggi yang baisanya ditunjuk Departemen Agama untuk melaksanakan tes/seleksi beasiswa Timur Tengah:
Waktu pemberangkatan ke masing-masing negara yang dituju bagi peserta yang dinyatakan lulus, biasanya dilaksanakan pada awal hingga pertengahan bulan September. Materi Tes Tes dilaksanakan dalam dua tahap, tertulis dan lisan. Materi tes tulis untuk tingkat Tsanawiyah meliputi:
a. Imla' dan Ta'bir (menulis dan mengarang dalam bahasa Arab).
b. Penguasaan dan praktek dasar-dasar tata bahasa Arab (Nahwu dan Shorof).
c. Dasar-dasar ilmu Islam (Tauhid, Fiqih, Quran, Hadist, Sejarah Islam,dll).
Tes lisan, materinya meliputi:
a. Hafalan Al Quran surat-surat pendek.
b. Baca Al Quran secara mujawwad (sesuai dengan ilmu Tajwid).
c. Membaca dan memahami kitab kuning (gundul).
d. Wawancara dalam bahasa Arab.
Untuk tingkat perguruan Tinggi, seleksi juga dilaksanakan dalam dua tahap, tertulis dan lisan dengan jenis materi
yang hampir sama dengan tingkat Aliyah, akan tetapi muatan dan kualitas materi tentu disesuaikan dengan jenjang dan tingkatan masing-masing. Khusus untuk program S2 materi tes lisan ditambah dengan hafalan Al Quran sekitar sepuluh juz.
PENUTUP
Panduan prosedur beasiswa ini bersifat elastis, dalam arti tidak mutlak dan bisa mengalami perubahan-perubahan , akan tetapi secara umum para peminat beasiswa bisa menjadikan panduan ini sebagai bahan informasi dan acuan dasar untuk bisa mengikuti kompetisi seleksi beasiswa Timur Tengah.
2. Beasiswa di Arab Saudi
Dalam rangka kerjasama bilateral di bidang pendidikan, diinformasikan bahwa seluruh mahasiswa di
universitas- universitas negeri Arab Saudi memperoleh beasiswa dan fasilitas yang memadai. Adapun mahasiswa
bidang sains dan teknologi memperoleh beasiswa yang lebih besar daripada mahasiswa bidang lain.
Selain beasiswa yang mencapai SR 850,00 hingga SR 2.500,00, setiap tahun mahasiswa memperoleh:
a. Tiket gratis ke Tanah Air selama 3 bulan.
b. Akomodasi.
c. Subsidi makan.
d. Kesehatan.
Pemberian beasiswa kepada mahasiswa Indonesia diberikan secara G to P. Secara rinci, pemberian beasiswa dilakukan secara berikut:
2.1 Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud di Riyadh Universitas ini memberikan beasiswa hanya untuk program S2 dan S3 bagi lulusan LIPIA (cabang Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud) di Jakarta yang telah lulus seleksi. Selama menjadi mahasiswa Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, mahasiswa telah memperoleh beasiswa dari Kerajaan Arab Saudi. (lihat beasiswa LIPIA, halaman 62)
Beasiswa yang diberikan untuk program pasca sarjana adalah sebesar SR 900,00. Selain itu, mereka juga memperoleh tiket liburan tahunan, akomodasi, subsidi makan dan kesehatan.
Bagi mahasiswa program S1, informasi beasiswa dapat diperoleh di Sekretariat LIPIA
Jl. Warung Buncit Raya no. 5 A,
Telp. 7814485, 7814486 Fax. 7826002,
Pasar Minggu, Jakarta Selatan
atau
PO Box 3345 Jakarta 10002
2.2 Universitas Raja Saud, Riyadh.
Universitas pertama di Riyadh ini membuka jurusan agama dan umum (sosial politik, pertanian, kedokteran, ekonomi dan lain-lain). Selain program S1, universitas ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memasuki seluruh jurusan. Peminat mendaftarkan diri langsung ke Universitas Raja Saud, dan setelah lulus seleksi, mereka dipanggil ke Riyadh dengan biaya Universitas. Biasanya, mahasiswa belajar dulu di Lembaga Bahasa Arab selama 1 dan 2 tahun sebelum melanjutkan pendidikan ke S1. Beasiswa yang diberikan oleh Universitas Raja Saud adalah SR 850,00 untuk S1 dan SR 890,00 untuk S2 dan S3. Mahasiswa juga
memperoleh tiket untuk berlibur setiap tahun, akomodasi, subsidi makan dan kesehatan. Mahasiswa juga diberi
kesempatan untuk membantu beberapa kegiatan di universitas dengan imbalan.
2.3 Universitas Islam Madinah
Universitas ini setiap tahun mengirimkan timnya ke pesantren-pesantren dari yayasan keagamaan dan melakukan
seleksi langsung di tempat. Mahasiswa yang diterima akan mendapatkan panggilan ke Madinah atas biaya universitas.
Universitas ini membuka kesempatan untuk belajar di program S1, S2 dan S3. Selain beasiswa sebesar SR 850,00 hingga 890,00, mahasiswa memperoleh akomodasi (termasuk yang berkeluarga) , subsidi makan dan kesehatan.
2.4 Universitas Ummul Qura Makkah
Calon mahasiswa mendaftar langsung ke universitas, dan setelah itu diseleksi. Prosedur pendaftaran dan perolehan beasiswa sama dengan prosedur yang berlaku di Universitas Raja Saud, Riyadh.
2.5 Universitas Perminyakan dan Pertambangan Raja Fahd, Dhahran.
Universitas yang menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan perkuliahan ini merupakan universitas berciri sains dan teknologi bertaraf internasional. Sebanyak lebih 60 % dari dosen yang mengajar di universitas tersebut adalah warga asing, termasuk 3 dari Indonesia. Karena besarnya minat warga Saudi untuk masuk universitas ini, warga asing hanya diberi jatah untuk belajar di program S2 dan S3. Mereka memperoleh beasiswa dan fasilitas yang lebih baik dibanding rekan-rekan mereka di perguruan tinggi lainnya.
Mendaftar ke universitas ini cukup melalui internet atau surat. Calon yang lulus seleksi akan dipanggil dan
mendapatkan penggantian biaya tiket. Mahasiswa di universitas ini tidak mendapat tiket gratis untuk liburan.
Tiga universitas negeri lainnya belum membuka kesempatan belajar kepada warga asing, termasuk orang Indonesia.
Dewasa ini mahasiswa Indonesia yang belajar di Arab Saudi baru mencapai 188 orang. Karena itu upaya untuk
meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia penerima beasiswa patut terus dilakukan. Upaya ini dimaksudkan, antara lain, mengangkat citra dan harkat bangsa Indonesia di mata masyarakat Saudi. Pendekatan G to G tetap diharapkan melalui saling kunjung pejabat terkait dan pimpinan perguruan tinggi kedua negara, serta penyebarluasan informasi untuk kesempatan memperoleh beasiswa.
Alamat Universitas- universitas negeri di Arab Saudi
1. King Saud University
PO Box 2454 iyadh 11451 Saudi Arabia
Ph. (01) 467 0000, Fax (01) 467 7580
2. King Abdul Aziz University
PO Box 1540 Jeddah 21441 Saudi Arabia
Ph. (02) 687 9033, 687 9130, Fax (02) 689 0425, 695 2121
3. King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM)
PO Box 306, Dhran 31261 Saudi Arabia
Ph. (03) 860 0000, Fax (03) 824 4560
4. King Faisal University
PO Box 380 Ahsa 31982 Saudi Arabia
Ph. (03) 580 1243, 580 1864, Fax (03) 580 1240
5. Al-Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University (IMSIU)
PO Box 5701 Riyadh 11432 Saudi Arabia
Ph. (01) 258 0012, 258 0020, Fax (01) 659 0271
6. Ummul Qura University
PO Box 715 Makkah 21421 Saudi Arabia
Ph. (02) 557 4644, 564 528, Fax (02) 556 4560
7. Islamic University of Madinah (IUM)
PO Box 170 Madinah, Saudi Arabia
Ph. (04) 847 0131, 847 0008, Fax (04) 824 4560
8. King Khalid University (KKU)
Abha, Saudi Arabia












BEASISWA STEI SEBI


Program Beasiswa Pendidikan SDM Ekonomi Syariah untuk Pelopor Pembangunan Daerah (SDM-EKSPAD) adalah suatu program dedikasi STEI SEBI bagi putra-putri terbaik daerah untuk mengikuti pendidikan strata satu (S-1) ekonomi syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI. Lulusan dari program ini akan kembali ke daerah asal untuk mempelopori dan mengembangkan ekonomi syariah di sana. Program ini diselenggarakan oleh STEI SEBI bermitra dengan sejumlah Lembaga donasi, Pemerintah, BUMN/D, Tokoh dan Cendekiawan.

Sasaran
Mampu menyelesaikan studi tepat waktu dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0
Memiliki kemampuan mengelola lembaga keuangan, bisnis syariah, dan lembaga zakat.
Memiliki jiwa dan skill entrepreneurship.
Memiliki kemampuan pemberdayaan masyarakat.
Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan aktif dalam pembentukan jiwa kepemimpinan melalui organisasi kemahasiswaan
Mampu menulis opini dan artikel yang dipublikasikan di media kampus maupun media nasional.
Memilki sikap kreatif, inovatif, mampu memotivasi diri sendiri dan orang lain

Pilihan Program Perkuliahan
Keuangan dan Perbankan Syariah
Akuntansi Syariah

Hak dan Kewajiban Peserta
Peserta Beasiswa mendapatkan hak biaya pendidikan secara penuh dan pembinaan intensif.
Peserta Beasiswa wajib untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu dan mengikuti seluruh program pembinaan.
Bila mengundurkan diri sebelum menyelesaikan S-1 maka peserta wajib membayar seluruh biaya kuliah.

Syarat Pendaftaran
Ranking masuk 10 besar atau rata-rata raport 7.5 kelas 10-11 (dilampirkan)
Lulus SLTA (SMU/ MAU dan MAK/ SMK)
Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat
Memiliki motivasi dan komitmen untuk pengembangan ekonomi syariah di daerah.
Melampirkan artikel tentang potensi diri dan motivasi mendapatkan beasiswa di STEI SEBI.
Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 135.000,-

Jenis-jenis Tes
Tes Tulis yang meliputi mata pelajaran Bahasa Inggris, Matemátika, Ekonomi, dan Pengetahuan Agama Islam (PAI)
Tes Potensi Akademik
Wawancara

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
SDM Ekonomi Syariah Pelopor Pembangunan Daerah

(EKSPAD)


Komplek Ciputat Indah Permai Blok C 25-26

Jl.Ir.H.Juanda No.50 Ciputat 15419

Telp. (021) 7418978 Fax. (021)7418977

(sdri Erna dan sdr Fahmi)

www.sebi.ac.id










UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIA

Universitas Al Azhar Indonesia kembali membuka peluang beasiswa bagi para lulusan SMA dan sederajat.
I. Syarat Calon Penerima Beasiswa Nusantara
• Tamatan SMU / Aliyah atau sederajat
• Mempunyai nilai rata-rata raport kelas I, II dan III minimal 7,0 atau lebih untuk pelajaran Matematika, Fisika, Kimia,Biologi dan Bahasa Inggris.

II. Syarat Pengajuan Calon Penerima Beasiswa Nusantara
1- Mengisi form isian beasiswa Nusantara (telah disediakan Panitia, bisa diperbanyak atau download disini ).
2- Melampirkan foto copy rapor kelas I, II dan III (telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah).
3- Melampirkan foto copy Ujian Nasional (UN) bagi yang telah menerima (telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah).
4- Melampirkan foto terbaru (berwarna) ukuran 3×4 sebanyak 4 (empat) lembar dan 2×3 banyak 2 (dua) lembar.

III. Program Studi yang Mendapatkan Beasiswa

1. Fakultas MIPA :
- Bioteknologi

2. Fakultas Teknik :
- Teknik Elektro
- Teknik Industri
- Teknik Informatika
IV. Bentuk Beasiswa
Mahasiswa Penerima Beasiswa Nusantara dibebaskan dari
1. Biaya BPP (Biaya Pengembangan Pendidikan)
- Untuk Fakultas Teknik Rp. 10.000.000,-
- Untuk Fakultas MIPA Rp. 8.000.000,-

2. Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dan SKS
- Untuk Fakultas Teknik Rp. 7. 000.000,-
- Untuk Fakultas MIPA Rp. 4. 000.000,-
(Seleksi akan ditentukan berdasarkan atas prestasi akademis di SMA dan keadaan ekonomi calon mahasiswa).

V. Biaya yang Dikeluarkan Penerima Beasiswa
Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan hanya berkewajiban membayar :
1. Biaya registrasi & kegiatan kemahasiswaan Rp. 250.000,- dibayar/semester
2. Biaya jaket mahasiswa Rp. 200.000,-. dibayar 1 kali
3. Biaya Buku Perpustakaan Rp. 150.000,- dibayar 1 kali
4. Biaya Pembuatan KTM & ATM BSM Rp. 300.000,- dibayar 1 kali

VI. Lamanya Pemberian Beasiswa Unggulan
1. Beasiswa ini berlaku untuk 8 (delapan) semester.
2 .Mahasiswa Penerima Beasiswa Nusantara berkewajiban mempertahankan IPS (Indek Prestasi Semester) = 3,0 pada setiap semesternya.
VII. Jadwal Pendaftaran, Penyeleksian, Pengumuman dan VII. Kontak Person & Alamat
Kontak Person : Sofian Hamid, MSc. (0813-81937722)
Ahmad Chirzun, ST (0815-9843151)

Universitas Al Azhar Indonesia
Komplek Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
JAKARTA SELATAN
No. Telepon : (021)-726-7272, (021)-726-3344
No. Fax : (021)-724-4767
Email : beasiswa@uai.ac.id
beasiswa_nusantara@yahoo.com










BEASISWA YAYASAN AL-SOFWAH

PROGRAM BEASISWA S-1 S/D S-3

Nama Program

Yayasan Al-Sofwa Jakarta, melalui Departemen Pendidikan yang ada di dalamnya, bermaksud membuka kesempatan kepada kaum muslimin, perusahaan atau instansi, untuk membantu saudara-saudara mereka seiman melalui Program Beasiswa Sarjana Strata-1 s/d Strata-3

Tujuan Program

Meningkatkan kualitas kebutuhan hidup, mengembangkan kreativitas dan militansi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat luas untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kemaslahatan agama dan umat Islam.

Sasaran Program

Kelompok Mahasiswa S-1 dan S-2 yang mengambil spesialisasi ilmu-ilmu umum dengan prestasi akademis tinggi dan berpotensi tinggi untuk dapat berkembang/meningkat serta berkepribadian agamis.

Persyaratan mengikuti Program

Program beasiswa ini dirancang untuk membantu kaum Sarjana Muslim yang telah memiliki Ijazah Strata-1/Strata-2 dan berkeinginan melanjutkan dan mengembangkan ilmunya dengan memasuki lembaga Pendidikan Formal yang tinggi (berkarakteristik Islam dan memiliki komitmen yang kuat dengan upaya penerapan ajaran Islam dengan benar) sehingga insya Allah Subhanahu wata'ala dapat menjadi manusia yang berguna bagi agama dan umat Islam.

Persyaratan tersebut, yaitu :
1. Usia maksimal 30 tahun untuk lulusan Strata-1 dan Usia maksimal 40 tahun untuk mahasiswa lulusan Strata-2.
2. Membuat pernyataan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk dimanfaatkan di bidang dakwah.
3. Membuat tulisan atau hasil penelitian.
4. Lulus test administrasi
5. Lulus Test Potensi Akademik dan wawancara.
6. Mendapatkan rekomendasi dari Ustadz atau Da’i.
7. Indeks Prestasi minimal 3.00
8. Berbadan sehat (membawa surat keterangan dari dokter) dan tidak merokok.
9. Calon peserta program pendidikan berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Tanggerang dan Bekasi.

Untuk informasi :
YAYASANAL-SOFWA
Jl.Raya Lenteng Agung Barat No.35 PostCode:12810 Jakarta Selatan - Indonesia
Phone: 62-21-78836327. Fax: 62-21-78836326. e-mail: info @alsofwah.or.id | website: www.alsofwah.or.id






BEASISWA SMART EKSELENSIA

SMART Ekselensia Indonesia adalah sekolah setingkat SMP-SMA, berasrama dan bebas biaya. SMART Ekselensia, mulai menerima siswa sejak tahun pelajaran 2004/2005. Setiap angkatan terdiri dari 35 siswa yang diambil dari seluruh Indonesia.
Latar Belakang
Dalam sebuah sistem pendidikan berkualitas sudah seharusnya menggunakan paradigma berpikir "Starting with the end". Artinya dalam mendesain sebuah program harus dimulai dengan pertanyaan : Apa yang ingin anda hasilkan? Lantas apa yang kita punya saat ini dan kemudian bagaimana caranya dengan apa yang kita punya tersebut meraih apa yang kita inginkan. Dengan paradigma berpikir seperti ini kita setidaknya akan memperoleh 3 (tiga) keuntungan yaitu :
• Institusi pendidikan akan berkembang secara berkesinambungan
• Dorongan motivasi untuk melakukan perubahan jauh lebih kuat
• Parameter keberhasilan program akan jauh lebih terukur
Oleh karena itu Program Pendidikan SMART Ekselensia Indonesia yang merupakan proyek masa depan yang idealis, perlu melakukan reformasi/perubahan dalam hal paradigma pendidikan. Sehingga kita mempunyai kesadaran yang sama, bahwa untuk mencetak kualitas lulusan yang unggul diperlukan calon siswa yang relevan dan potensial. Dan untuk menjaring para calon siswa yang potensial diperlukan sebuah program seleksi yang benar-benar ketat dan sesuai sasaran.
Tujuan Program
Program SMART Ekselensia Indonesia didisain untuk :
1. Membantu para lulusan SD atau sederajat yang berpotensi untuk mendapat dan meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2. Mencetak calon - calon ilmuwan bertaraf Internasional dengan kapasitas kepemimpinan yang handal dan agamis.
3. Membentuk siswa untuk menjadi manusia yang berkepribadian saleh, baik secara individu maupun sosial.
4. Meningkatkan prestasi akademik dan meng-optimalkan potensi diri.
5. Memperkuat motivasi untuk hidup lebih baik, agar terbebas dari kemiskinan yang membelenggu keluarga.
6. Menghasilkan pribadi mandiri.
Sasaran
Para Lulusan SD/Madrasah Ibtidaiyah atau sederajat dari seluruh wilayah Indonesia yang memiliki potensi akademik namun memiliki kekurangan di bidang ekonomi.

Informasi Penerimaan

SELEKSI SMART

Seleksi SMART dilakukan untuk mencari anak berprestasi yang tingkat ekonominya dhuafa di seluruh Indonesia. Jumlah siswa yang akan diterima adalah 35 siswa.
Seleksi SMART Pendaftaran dilakukan di Mitra SMART di masing - masing Daerah.

TAHAPAN SELEKSI :

1. SELEKSI BERKAS
2. TES BIDANG STUDI
3. PSIKOTEST, WAWANCARA DAN HOME VISIT
4. TES KESEHATAN
5. VERIFIKASI PUSAT DAN PANTUHIR
6. PENGUMUMAN
7. KEDATANGAN SISWA

MITRA DAERAH SMART
NO NAMA DAERAH NAMA YAYASAN/LEMBAGA CONTACT PERSON HP/TELP/FAX
1 Medan/Sumatera utara Yayasan peduli umat waspada Pandapotan Simatupang 081361446225/(061) 4511936, Fax: (061) 4531010
2 palembang/Sumatera selatan Dompet duapa sosial insan mulia Desi/ani 081373463825,Fax; (0711) 7076437/392222/814234
3 Bandar lampung Laz lampung peduli Juperta panji U, euis 08154048877, 081541403696, Fax: (0721) 267582
4 Pekanbaru Laz swadaya ummah Dwi putranto 081378343431,/(0761)572314, Fax: (0761) 571794
5 Bandung Dompet Duafa bandung Yadi supriatna/ infan, Dian 081322999211/08179278292 (022) 6032281/ 6120218, Fax: (022) 6120130
6 Yogyakarta Lembaga Advokasi pendidikan yogyakarta Utomo Wahyu, Syafi'i 08175455393, (0274) 885127, Fax: 0274 552060/0274- 7856592
7 Surabaya Asrama putri etos surabaya Nurul Aisyah 08179340271/(031) 71074803 Fax:0315017753
8 Denpasar Laz Dompet sosial Madani Hendri 085737111100/ 081338123124, (0361) 7445221/ 7445221, Fax: (0361) 241376
9 Bogor Etos Bogor Setia budi/ Asep Nurhalim/ Andri 081808955849/ 081315150768/ 081381437217, (0251) 420148, Fax: (0251) 423010
10 Jakarta Etos Jakarta Abdurahman/ Dwi wahyu 081310845934/ 08568368214, (021) 92660986, Fax:78635548
11 Kupang Yayasan Ibadurahman Muhsin Talib/ Solahudin 081339417280/085239062580, Fax:(0542) 7209738
12 Balikpapan Dompet Duafa kalimantan timur Kamaludin 081317616160, Fax: (0542) 7209738
13 Banggai Forum komunikasi pemuda remaja masjid banggai Hidayat Mondarfa 081524762220, Fax: (0461) 324093/7001337
14 Makasar Asrama Etos Makasar Anwar 081342925665, Fax: (0411) 4772803/442502/442902
15 Sorong SDIT Al Izzah Daeng Risabah/Said karim 081343909221/081344416886
16 Semarang Asrama Etos semarang Efendi Nugroho/ Tri Windarti 081575090400/08179541858, (024) 76482311, Fax: (024) 8412467
17 Kendari Yayasan Bina Dhuafa Sulawesi utara Lamalesi 081381468445, (0401) 392481
18 Tual- Ambon Musalim Temrawut
19 Sumatera Barat DD Singgalang Firmansyah/ Yudi S 081388395816/ 07517831115, (0751) 8235775, 7054068, Fax: (0751) 33572
20 Serang Konsorsium Pembaharu Banten Konsorsium Pembaharu Banten 08569236490/(0254) 0209392, Fax: (0254) 201472
21 Banjarbaru Qamarudin Sukri Intelektual Moslem Youth Community (IMYco) 0812993328, (0511) 7751720
22 Pontianak Dompet Duafa kalimantan timur Duin, Kirya/ Hasan 081345708608/ 08125642114, (0561) 7032360/735978, Fax:(0561) 740021
23 Jayapura Yayasan As-Salam Papua Jayapura Juandi/ Rahmat 081344403303/0(0967) 551904, Fax:(0967) 533248
24 Batam DSNI Amanah, Kompleks masjid Nurul islam, Muka Kuning, Batam 29433 Marjuki, Darmanto 07787246224/ 0778 7514050, (0770) 611901, (0770) 611901, Fax:(0770) 611902










BEASISWA ANAK ASUH
Kembalikan Senyum Anak Bangsa (KSAB), merupakan program beasiswa bagi siswa SD, SMP dan SMA baik yatim maupun dhuafa, untuk menjamin keberlangsungan pendidikan mereka selama minimal 1 (satu) tahun. Beasiswa yang berasal dari donatur perorangan dan/atau instansi diberikan secara rutin sebulan sekali disertai dengan pembinaan baik untuk anak asuh maupun orang tuanya.
Fasilitas Untuk Anak Asuh
• Anak asuh mendapatkan jaminan pendidikan minimal selama 1 (satu) tahun.
• Santunan anak asuh diberikan rutin 1 (satu) bulan sekali.
• Pembinaan anak asuh maupun orang tuanya dilaksanakan rutin 1 (satu) bulan sekali. Materi Pembinaan yang akan didapatkan adalah :
o Pembinaan akademik
o Pembinaan akhlak
o Pembinaan agama
o embinaan mental
o embinaan skill
• Supercamp; kemah belajar kreasi dan rekreasi tiap 1 (satu) tahun sekali saat liburan panjang sekolah.

Kriteria Kelayakan Penerima Bantuan
• Masih sekolah
• Tidak sedang menerima santunan dari pihak lain
• Termasuk keluarga prasejahtera (keterangan tidak mampu dari kecamatan)
• Tidak memiliki bapak (bagi yang yatim)
• Belum menikah
Cara Pengajuan Bantuan
• Bawa dan serahkan dokumen-dokumen tersebut di atas ke kantor cabang Rumah Zakat Indonesia terdekat cq Empowering Officer atau ke Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan terdekat.
• Lembaga akan memberikan jawaban atas permohonan tersebut melalui Surat Pemberitahuan yang diantar sesuai alamat tertulis untuk sekalian di survey.
Dokumen yang dibawa Calon Penerima Bantuan
• Mengisi formulir yang disediakan
• Foto copy KTP orang tua / wali
• Foto copy Kartu Keluarga
• Foto calon anak asuh 4 x 6 sebanyak 2 lembar
• Fotocopy raport terahir
• Fotocopy Surat Kematian ayah (untuk anak yatim)
• Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW
INFORMASI
jika kesulitan menghubungi konsultan online kami, silahkan add ID berikut :
• asri_rzi@yahoo.com
• taufik_rzi@yahoo.com
• amilia_rzi@yahoo.com
• anty_rzi@yahoo.com
Cabang Layanan
Cabang Layanan
KANTOR CABANG / PEMBANTU / KAS
BANDUNG(022) 7317400 Fax. (022) 7332451 Jl. Turangga No. 33
Dago (022) 70773297 Jl. Tubagus Ismail Raya No. 163 Bandung
Cimahi (022) 70723062 Jl. Gedung Empat No. E3 Gatot Subroto
Pasteur (022) 70100696 Jl. Pasirkaliki No. 237 Bandung
Ujung Berung (022) 70739192 Jl. Raya Ujung Berung No. 138
CIREBON (0231) 231670 Jl. Kartini No. 70
JAKARTA TIMUR (021) 85918020/4751881 Jl. Matraman Raya No. 148 Blok A1 No. 5
JAKARTA SELATAN (021) 78842287 Jl. Harsono RM No. 15 Ragunan
TANGERANG (021) 5588811 Jl. Beringin Raya No. 144 B Perumnas I
BOGOR (0251) 8378945 Jl. Pandawa Raya Blok 1B No. 9
BEKASI (021) 88851159 Jl. Veteran No. 110 B
SEMARANG (024) 70780960 Jl. Dr. Sutomo No. 53
YOGYAKARTA (0274) 377671 Jl. Veteran No. 9
SOLO (0271) 7072671 Jl. SOLO (0271) 7072671 Jl. Kalilarangan No. 39
SURABAYA (031) 5673498 Jl. Kartini No. 74
MALANG (0341) 558893 Pertokoan PELITA Sigura-gura Jl. Bendungan Sigura-gura Barat No. 16F
ACEH (0651) 7429692 Ruko Lamlagang Jl. Sultan Malikul Saleh-Lamlagang, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh
MEDAN (061) 77812344 Fax. (061) 8224349 Jl. Setiabudi No. 4
PADANG (0751) 39 309 Jl. Veteran No. 24 Kota Padang
PALEMBANG (0711) 7005100 Jl. Angkatan 45 No. 3158
PEKANBARU (0761) 7097276 Jl. Kenari No. 17 Kel. Kota Tinggi, Kec. Pekanbaru Kota
BATAM (0778) 468024 Komplek Lotus Garden Blok A No. 8 Batam Center
BANDAR LAMPUNG (0721) 255813 Jl. Jend. Sudirman No. 59 Rawa Laut - 35127
CILEGON (0254) 385443 Jl. Letjend. R. Suprapto (Jl. raya Anyer) No. 25G
BANJARMASIN (0511) 431 1322 Jl. Sultan Adam No. 12 Rt. 43
MAKASSAR (0411) 2332124 Jl. A.P. Pettarani Komp. New Zamrud Blok G.2









SEKOLAH GRATIS BUAT ANAK YATIM

Sekolah Gratis ini diadakan oleh Pesantren Yatim & Dhu’afa Baitul Qur’an yang dikelola oleh Dr. Mushlih Abdul Karim Pimpinan Islamic Center Baitul Qur’an dan beralamatkan di: Kompleks Timah Blok CC-III No.21, Kelapa Dua, Tugu, Cimanggis, Depok 16951 Jawa Barat Telepon: 021-8770 4622, 8770 8070 Faksimili: 021-8770 1338.
Syarat Pendaftaran:
(1) Lulus SD/MI (Untuk saat ini hanya diperuntukkan bagi anak laki-laki)
(2) Usia tidak lebih dari 14 tahun
(3) Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan: (-) Fotokopi Ijazah (-) Fotokopi Akta Kelahiran (-) Surat Keterangan Yatim atau Dhu’afa dari RT atau Kelurahan (-) Pas Foto 3 x 4 (4 lembar)
Pesantren Yatim dan Dhu’afa Baitul Qur’an adalah sebuah lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan yayasan Baitul Qur’an Indonesia yang terletak di Komplek Timah, kelapa Dua, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Dan merupakan pesantren yang khusus mengasuh, mendidik, dan membina anak yatim dan dhu’afa secara terprogram, di mana seluruh santri tinggal dalam asrama dengan program utama menghafal Al-Qur’an 30 juz & terjemahannya.
Visi : Membina anak didik menjadi generasi Qur’ani
Misi : Memberikan pengasuhan, pendidikan, pembinaan kepada anak didik agar tumbuh menjadi generasi Qur’ani. Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penanganan anak yatim dan dhu’afa.Mengangkat harkat dan derajat anak yatim dan dhu’afa sehingga mendapat pendidikan dan kehidupan yang layak.

PESANTREN YATIM (GRATIS 100% - PLUS UANG SAKU)
Pesantren Yatim IBNU TAIMIYAH
Syarat :
- Laki laki 12 tahun
- Surat keterangan kematian ayah kandung
Info lebih lengkap, hubungi :
Kp. Pasir Tengah RT.04/03 Ds.Sukaharja Kec.Cijeruk Kab.Bogor ( T. 0251-7191 869, 214 5823, 2118 68 )








BEASISWA SD/SLTP/SMU

Pendidikan Dasar dan Menengah (PDM)
Yayasan Al-Sofwa Jakarta

Nama Program

Yayasan Al-Sofwa Jakarta, melalui Departemen Pendidikan yang ada di dalamnya, bermaksud membuka kesempatan kepada kaum muslimin, untuk membantu saudara-saudara mereka seiman melalui Program Beasiswa Pendidikan Dasar dan Menengah.

Tujuan Program

Program ini khusus dirancang untuk membantu saudara-saudara kita kaum muslimin yakni anak-anak usia Pendidikan Dasar sampai Pendidikan Menengah Atas berupa bantuan secara cuma-cuma (gratis) biaya pendidikan kepada mereka yang tidak mampu untuk memasuki lembaga pendidikan formal dari tingkat dasar sampai tinggkat menengah (SD, SMP dan SMU).

Persyaratan Mengikuti Program

Program beasiswa ini dirancang untuk membantu kaum muslimin usia sekolah untuk dapat memasuki lembaga Pendidikan Formal (berkarakteristik Islam dan memiliki komitmen yang kuat dengan upaya penerapan ajaran Islam dengan benar) sehingga insya Allah Subhanahu wata`ala dapat menjadi manusia yang berguna bagi agama dan umat Islam (anak shaleh/shalehah).

Adapun persyaratan untuk mendapatkan beasiswa yakni:
• Usia 6 s/d 7 tahun untuk Program Beasiswa SD, usia 12 s/d 13 tahun untuk beasiswa SLTP dan berijazah SD dan usia 14 s/d 16 tahun beasiswa SMU dan berijazah SLTP.

• Anak yatim piatu, yatim atau fakir miskin dibuktikan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari RT dan RW setempat.

• Mendapatkan rekomendasi dari Ustadz atau Da’i.

• Nilai rata-rata di dalam ijazah minimal 7 (tujuh).

• Sehat jasmani dan rohani (membawa surat keterangan dari dokter) dan tidak merokok.

• Bersedia untuk tinggal di asrama dan mena’ati tata tertib serta belajar dengan sungguh-sungguh selama mengikuti program pendidikan (khusus).

• Calon peserta program pendidikan berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Tanggerang dan Bekasi (untuk tahap awal).
• Alamat donatur untuk Program Beasiswa

Untuk Informasi :
YAYASAN AL-SOFWA
Jl.Raya Lenteng Agung Barat No.35 PostCode:12810 Jakarta Selatan - Indonesia
Phone: 62-21-78836327. Fax: 62-21-78836326. e-mail: info @alsofwah.or.id | website: www.alsofwah.or.id




BEASISWA PONPES BINA MADANI WIRAUSAHA
Ds.Bakomsari Rt.03/12 Bogor Selatan.




BEASISWA STAI Al QUDWAH DEPOK
www.alqudwah.sekolahislam.com





BEASISWA STIE HIDAYATULLAH DEPOK
Jurusan :
1. manajemen
2. keuangan perbankan
Jl.Kalimulya Rt.01/01 Kec.Sukamaju Kota Depok - Jawa Barat 16413
Ponpes Hidayatullah Depok Telp. 021-77835357 / 32912760
E-mail. stimhida@plasa.com/pphdepok@plasa.com

BEASISWA STAIL HIDAYATULLAH SURABAYA
Jln.Kejawan putih tambak VI/1 Surabaya. Telp. 031-5992062
Email : STAIl_sby@telkom.net







STIM UST YUSUF MANSUR
Telp. 021-73444734/91941033.
http//:wisatahati.com






STID MUHAMMAD NATSIR
Beasiswa berupa bebas biaya pendidikan untuk jurusan komunikasi dan penyiaran Islam
Pusdiklat Dewan Dakwah Indonesia
Kampus A : Jl.Kramat Raya No.45 Jakarta 10450 Tlp. 021-2305957
Kampus B : Jl. Setia Mekar Tambun Bekasi 17510. Tlp.021-70206503

Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer (STTIK) MERIDIAN
Jl.Melawai Raya No.8 C Kebayoran Baru Jaksel. Tlp. 021-7251885 (hunting)
Website : www.meridian.ac.id
Email : info@meridian.ac.id






MA’HAD YATIM DARUL MARHAMAH BOGOR
1. PROGRAM UNGGULAN
1. Berorentasi pada keunggulan melalui pengembangan potensi anak yatim.
2. Proses pendidikan yang integral dilingkungan asrama yang kondusif nan islami.
3. Menerapkan kurikulum terpadu agama dan umum dengan sistem pendekatan.
4. Menerapkan bimbingan khusus keagamaan dan kemandirian siswa.

2. JENJANG PENDIDIKAN
Jenjang pendidikan Darul Marhamah, menyelenggarakan pendidikan tingkat Ibtidaiyah atau setingkat SD yang memadukan kurikulum diknas dan kurikulum muatan lokal (mulok) Darul Marhamah dengan sistem Islamic Boarding School atau diasramakan.

3. PENGEMBANGAN DAN TARGET PROGRAM
Pola pendidikan Darul Marhamah merupakan pola pendidikan terpadu yang menerapkan manajemen berbasis pesantren dan berbasis sekolah serta kurikulum ekstrakulikuler kepesantrenan. Dengan target yang akan dicapai adalah para santri yatim dapat menguasai berbagai bidang materi yang meliputi dasar-dasar keagamaan diantaranya adalah;

A. PROGRAM MATERI KHUSUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
v Aqidah Ahlussunnah waljama’ah
v Manhaj / Prilaku hidup Rasulullah
v Fiqih Islam
v Sirah Nabi dan shahabat
v Tajwid al-Qur’an
v Akhlak dan adab Islami
v Tahfidzul/ Hafalan juz amma dan surat-surat pilihan
v Do’a-do’a harian
v Baca tulis dan al-Qur’an (Iqra) dan lain-lain

B. PROGRAM BIMBINGAN SISWA/ SANTRI
v Membimbing siswa pada aqidah Islam bermanhaj ahlusunnah waljama’ah
v Membimbing siswa untuk selalu mentaati syari’at Islam
v Membimbing siswa kepada akhlak dan adab islami sehari-hari
v Menanamkan keimanan dan kesabaran dalam kehidupan
v Membimbing mental sepiritual siswa yatim dan dhuafa.

C. PROGRAM PENGEMBANGAN SISWA
Pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan ektrakurikuler yang disiapkan Darul Marhamah diantaranya:
v Pengembangan kemampuan berbahasa aktiv dan kreatif
v Pengembangan daya nalar dan fikir yang cerdas
v Pengembangan jasmani yang kuat
v Pengembangan disiplin dan keberanian bersikap
v Pengembangan kemampuan sosial bermasyarakat
v Pengembangan perasaan dan emosi jiwa
v Pengembangan kemandirian siswa dan trampil

D. PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER/ TAMBAHAN
Kegiatan ekstrakulikuler bertujuan membantu siswa untuk mengembangkan bakat yang terpendam pada dirinya, yang berkarakter cerdas, kreatif, mandiri memiliki kepekaan sosial dan berperilaku islami. Maka untuk mencapai idealisme tersebut Darul Marhamah berupaya menyiapkan kreatifitas dalam berbagai kegiatan ekstrakulikuler.

1. Program Kegiatan Ekstrakulikuler Siswa :
v Tahfidz al-Qur’an (Juz 'Amma), dan al-Qur’an surat pilihan
v Praktek ibadah sehari-hari dan hapalannya.
v Muhadlarah (latihan ceramah)
v Latihan bahasa arab dan inggris tingkat dasar
v Qira’at al-Qur’an atau muratal (seni baca al-Quran)
v Hafalan do'a sehari-hari
v Tadarus dan belajar Iqra
v Tajwidz dan Tahsinul Qur’an
v Lailatul Ansyithoh/ qiyamul lail (Malam Kreatifitas Santri)

2. Program Kegiatan Kreativitas Siswa:
v Kemampuan membaca dan menghitung cepat
v Latihan kaligrafi dan Khot arab
v Perlombaan kreativitas antar siswa
v Pelatihan computer tingkat dasar
v Kaligrafi dan menggambar
v Apresiasi Seni Islam, nasyid dan Jurnalistik islami
v Kegiatan sosial yatim piatu

3. Program Kegiatan Olahraga Siswa:
v Rihlah tarbawiyah/ Tadabur alam
v Gerak jalan sehat
v Sepak Bola, Bulu tangkis, Senam, Beladiri, Out Bond dan sebagainya

5. KURIKULUM PESANTREN
Kurikulum pesantren Darul Marhamah mengacu pada kurikulum Departemen Agama dan di integrasikan dengan muatan-muatan khusus bimbingan dan pendidikan Islam. Proses belajar mengajar berlangsung selama 6 (enam) hari setiap pekan dan dimulai pukul 07:30 s/d pukul 11:30 WIB

7. NILAI LEBIH YANG DIPEROLEH SANTRI
v Siswa mendapatkan pendidikan umum yang penuh dengan nuansa keislaman.
v Siswa mendapatkan pendidikan agama Islam secara aplikatif dan teoritis.
v Siswa mendapatkan pendidikan dan bimbingan ibadah praktis (doa, shalat dan dzikir, adab dan akhlak islami serta lain-lain)
v Siswa mendapat pelajaran dan bimbingan baca dan tulis al-Qur’an.
v Siswa dapat menyalurkan potensi dirinya melalui kegiatan ekstra kurikuler.
v Perkembangan bakat, minat, dan kecerdasan siswa diantisipasi sejak dini.
v Pengaruh negatif dari luar sekolah dapat diminimalisir


untuk informasi :
Jl. Ciapus Gg Abadi Rt 05/04
Kotabatu-Ciomas-Bogor
Telp. 0251-82142149
www.marhamahonline.com






PONPES BINA MADANI WIRAUSAHA
Ds.Bakomsari Rt.03/12 Bogor Selatan. KH.Mustolah





PESANTREN BINA INSAN KAMIL
Pendidikan Kader Da’i Wirausaha
Jl.Pramuka sari II No.7 Rawa sari Jakarta Pusat 10570 Telp. 021-4214236/4222717










BEASISWA GENERASI PELOSOK

Direktorat Fundraising meluncurkan program yang dinamakan BEASISWA GENERASI PELOSOK. Program ini merupakan usaha meningkatkan kemampuan masyarakat pelosok yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang diselenggarkan JIMS. Beasiswa ini merupakan pembiayaan yang bersifat rutin yang dialokasikan langsung untuk bidang pendidikan seperti; kebutuhan sekolah, fasilitas, serta pelatihan dan peningkatan SDM.

Target dari program ini adalah siswa, kader dan guru pada sekolah-sekolah binaan JIMS Foundation di wilayah Pelosok dan terpencil di Indonesia. Adapun katagori beasiswwa ini adalah:
1. Beasiswa Yatim : bagi yatim/piatu yang ada di sekolah binaan JIMS
2. Beasiswa Dhuafa : beasiswa pendidikan untuk dhuafa, diasramakan
3. Beasiswa Kader : pendidikan kader tingkat SLTP dan SLTA dengan diasramakan, untuk dipersiapkan sebagai kader pendidikan dan pengajaran di sekolah binaan.
4. Beasiswa Prestasi : untuk anak didik yang berprestasi di sekolah dan Pondok Pesantren binaan
5. Bea Guru Kuliah : jenjang kuliah bagi guru-guru untuk meningkatkan profesionalitas.
6. Bea Guru Abdi : Pemberian biaya akomodasi terhadap guru kader yang mau mengabdikan di pelosok daerah binaan.
Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas program ini JIMS akan memberkan kepada donatur laporan anak asuh setiap semester. Selain itu dana dapat diberikan dengan mata uang Ringgit, Dollar maupun Rupiah, namun JIMS menyalurkan kepada anak asuh tetap dengan mata uang rupiah. Jumlah uang dapat berubah menyesuaikan kurs mata uang Rupiah Beasiswa sewaktu-waktu dapat dihentikan atau dipindah namakan apabila: Atas kehendak donatur anak asuh Keterangan data anak asuh tidak benar
Pihak JIMS tidak melaporkan per enam bulan penyaluran dana beasiswa Penerima beasiswa meninggal, keluar atau dikeluarkan dari pesantren atau sekolah yang bersangkutan
Penerima beasiswa melakukan hal-hal atau perbuatan yang dapat merusak nama baik donatur dan melakukan perbuatan diluar nilai-nilai Islam yang tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis

Contact Jims Foundation

Perkantoran Ciputan Indah Permai, Blok C-1
Jl. Ir. H. Juanda No. 50 Ciputat 15419
Phone: 62-21-741 8941, Fax: 62-21-741 8942
Website: http://www.jimsfoundation.com
e-Mail: info@jimsfoundation.com










BEASISWA TANOTO S1 & S2

Tanoto Foundation, yayasan yang memiliki kepedulian pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia melalui bidang pendidikan, mengundang Mahasiswa S1 dan S2 yang berprestasi untuk bergabung dalam program beasiswa S1 dan S2. Program beasiswa diselenggarakan berlandaskan prinsip – prinsip kecakapan masing – masing pelamar tanpa memandang suku, agama, ras, gender serta menjunjung tinggi kebijakan non-diskriminatif.

Saat ini Tanoto Foundation menyediakan beasiswa kepada 300 mahasiswa S1 dan 50 mahasiswa S2, dari berbagai disiplin ilmu yang berasal dari enam Perguruan Tinggi mitra Tanoto Foundation yaitu :

• Universitas Indonesia
• Universitas Gadjah Mada
• Institut Teknologi Bandung
• Institut Pertanian Bogor
• Universitas Sumatera Utara
• Universitas Riau

PERSYARATAN :

A. PROGRAM SARJANA STRATA SATU ( S 1 )

1. Warga Negara Indonesia
2. Telah terdaftar sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi mitra Tanoto Foundation
3. Usia maksimum 21 tahun
4. Minimum IPK = 3,00 ( skala 4,00 )
5.Bagi mereka yang baru duduk di tahun pertama Perguruan Tinggi, minimum nilai rata – rata raport kelas 3 SMU = 8,0 ( skala 10 )
6. Membutuhkan dukungan financial
7.Berjiwa kepemimpinan dan memiliki kepedulian serta komitmen untuk ikut memajukan bangsa Indonesia.
8. Melengkapi formulir pendaftaran yang diperoleh melalui website Tanoto Foundation
9. Bagi yang lulus seleksi Beasiswa Tanoto Foundation tidak diperbolehkan menerima Beasiswa dari institusi lain.

B. PROGRAM SARJANA STRATA DUA ( S 2 )

1. Warga Negara Indonesia
2. Telah terdaftar sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi mitra Tanoto Foundation
3. Usia maksimum 40 tahun
4. Memiliki pengalaman kerja minimum selama 2 tahun, setelah menyelesaikan program S1
5. Minimum IPK = 3,25 ( skala 4,00 )
6. Berjiwa kepemimpinan dan memiliki kepedulian serta komitmen untuk ikut memajukan bangsa Indonesia.
7. Melengkapi formulir pendaftaran yang diperoleh melalui website Tanoto Foundation
8. Bagi yang lulus seleksi Beasiswa Tanoto Foundation tidak diperbolehkan menerima Beasiswa dari institusi lain.

Formulir pendaftaran :dikirim langsung ke :
TANOTO FOUNDATION, P.O. BOX 2117 JKP 10021

INFORMASI LENGKAP : info@tanoto-foundation.or.id

http://chikupunya.multiply.com/









BEASISWA PLN
www.plnjateng.co.id

PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah & D.I Yogyakarta membuka kesempatan kepada siswa dan lulusan SMK jurusan Listrik, Akuntansi, Keuangan serta SMU Jurusan IPA untuk berkarir bersama PT PLN (Persero), melalui Beasiswa Ikatan Dinas Program D1 yang dididik menjadi Junior Operator dan Junior Officer.

Proses seleksi menggunakan sistem gugur, hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya,
materi seleksi meliputi :

1) Seleksi Administrasi
2) Tes Fisik
3) Tes Akademik
4) Tes Psikologi
5) Tes Wawancara
6) Tes Kesehatan

Peserta Beasiswa yang bisa mendapatkan nilai Indek Prestasi Komulatif (IPK) lebih besar atau sama dengan 2,75 (dua koma tujuh lima) pada skala 4, dan memenuhi kompetensi teknis sesuai kebutuhan jabatan setelah mengikuti On the Job Training (OJT) akan diangkat menjadi pegawai PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I
Yogyakarta.


PERSYARATAN
1. Umum :

a Lamaran/pendaftaran ditujukan kepada Konsultan Rekrutmen, PO BOX
6240 SMG
b Hanya yang memenuhi persyaratan administrasi yang akan dipanggil
mengikuti seleksi tahap berikutnya.

2. Persyaratan dan Tata Cara Lamaran/pendaftaran :

Informasi tentang Persyaratan dan tata cara mengajukan
lamaran/pendaftaran dapat dilihat pada website PLN di lihat di Kantor PT PLN (Persero) Area
Pelayanan dan Jaringan (APJ) berserta Unit Pelayanan dan Jaringan
(UPJ) terdekat di wilayah Jawa Tengah & D.I Yogyakarta

3. Lain-lain :

a) Pendaftaran/lamaran tidak dipungut biaya
b) Bagi yang lulus seluruh tahap seleksi mendapatkan beasiswa (bebas
biaya) program Diploma Satu (D1) pada Politeknik Negeri Semarang
atau UGM Yogyakarta.
c) Selama mengikuti kuliah diberikan bantuan uang saku kuliah.












BEASISWA BEASISWA D3

Info Beasiswa dari Deperin (Beasiswa D3)
Untuk informasi www.depperin.go.id atau www.depperin.go.id/ropeg

Departemen Perindustrian akan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi berprestasi tingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA/MA/SMK) yang tidak mampu pada Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota untuk disekolahkan pada Unit Pendidikan di Lingkungan Departemen Perindustrian dengan Program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan
(TPL) IKM

Program D-3, dengan spesialisasi sebagai berikut :
1. SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TEKSTIL BANDUNG
Jl. Jakarta No. 31 Bandung Telp.(022) 7272580
- Teknologi Pembuatan Kain
SMU : IPA
SMK (Eksakta)
2.SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INDUSTRI JAKARTA
Jl. Letjen Suprapto No. 26 Jakarta Telp. (021) 4244280
- Teknologi Pengendalian Mutu Industri
SMU : IPA
SMK (Eksakta)
3. AKADEMI TEKNOLOGI KULIT YOGYAKARTA
Jl. Imogiri Km.6 Ngoto Bangun Harjo Yogyakarta Telp.(0274) 383728
- Teknologi Bahan Kulit, Karet & Plastik
- Teknologi Pengolahan Kulit
SMU : IPA
SMK (Eksakta)
4. AKADEMI KIMIA ANALISIS BOGOR
Jl. Pangeran Sogiri No. 283 Tanah Baru Bogor Telp. (0251) 650351
- Pengelolaan Lingkungan Industri
SMU : IPA
SMK : Kimia

5. AKADEMI PIMPINAN PERUSAHAAN JAKARTA
Jl. Timbul No.34 Ps. Minggu Ciganjur Jakarta Telp. (021) 7867382
- Kewirausahaan (enterpreunership)
SMU : IPA & IPS
SMK
6. AKADEMI TEKNOLOGI INDUSTRI PADANG
Jl. Bungo Pasang Tabing Padang Telp. (0751) 55053
- Pengolahan Industri Pangan
SMU : IPA
SMK : Kimia
7. AKADEMI TEKNIK INDUSTRI MAKASSAR
Jl. Sunu No.220 Makassar Telp. (0411) 4499609
- Teknologi Pangan
SMU : IPA
SMK : Kimia
8. PENDIDIKAN TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI MEDAN
Jl. Medan Tenggara VII Medan Telp.(061) 7867810
- Teknologi Pengolahan Atsiri dan Produk Hilir CPO
SMU : IPA
SMK : Kimia

A. PERSYARATAN PESERTA

Adapun Persyaratan Pendaftaran untuk Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh
Lapangan (TPL) Industri Kecil dan Menengah adalah sebagai berikut :
1. Siswa kelas III SMU/MA/SMK atau yang telah lulus 1 tahun sebelumnya dan
menduduki peringkat 1 s/d 10 di kelasnya.
2. Prestasi Siswa ditunjukkan oleh Raport kelas 1 s/d 3.
3.Mendapat Surat Rekomendasi dari Pemerintah Daerah/Kepala Dinas yang menangani Sektor Industri.
4. Apabila mengundurkan diri diwajibkan mengembalikan seluruh biaya yang telah dikeluarkan.
5. Mempunyai minat yang kuat pada salah satu program studi yang ditawarkan dan mempunyai bakat wirausaha.
6. Orang tua dari Siswa yang dicalonkan tergolong tidak mampu

B. PERSYARATAN ADMINISTRASI

1. Masing-masing calon pelamar mengisi formulir pendaftaran
2. Surat lamaran harus dilampiri :
a. Fotocopy rapor kelas 1 s/d 3 telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan
b. Surat pernyataan minat pelamar dan bersedia mengembalikan seluruh biaya apabila mengundurkan diri
c. Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT, RW, dan Kepala Desa setempat
d. Surat Keterangan Domisili (Putra Daerah) dilampirkan dengan Kartu Identitas (KTP/KK)
e. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah tentang perkembangan, prestasi Siswa serta dinyatakan tentang ketidakmampuan orang tua secara ekonomi
f. Surat Rekomendasi dari Pemerintah Daerah/Kepala Dinas yang menangani
Sektor Industri
g. Surat Keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba dari Dokter
h. Pas foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
i. Surat Lamaran dimasukkan ke dalam amplop dan pada sisi kanan amplop dituliskan nama Sekolah yang dituju

C. PELAKSANAAN PENDIDIKAN
1. Lama Pendidikan
Program Pendidikan bagi Calon Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM setara Program D-3 dapat ditempuh selama 3 (tiga) tahun (6 semester) sebanyak 110 – 120 sks.
2. Beasiswa Yang diberikan Biaya Pendidikan yang ditanggung meliputi antara lain :
- Bantuan Transport dari daerah yang bersangkutan ke Unit Pendidikan
dilingkungan Departemen Perindustrian Pulang Pergi
- Bantuan Biaya Hidup
- Biaya Kuliah/Praktek dan
- Bantuan Buku

D. PASCA PENDIDIKAN

Setelah yang bersangkutan lulus Program D-3 Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM, akan ditempatkan sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM di Propinsi/ Kabupaten/Kota masing-masing dengan Sistem Kontrak selama 2 (dua) tahun yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (Ditjen IKM) dengan yang bersangkutan dan diketahui oleh Pemerintah Daerah/Kepala Dinas yang menangani Sektor Industri setempat. Selama kontrak (2 tahun) segala biaya operasional (Honorarium dan biaya operasional lainnya) bagi Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM menjadi tanggung jawab Ditjen IKM Departemen Perindustrian.

Setelah selesai kontrak diharapkan yang bersangkutan dapat mandiri sebagai wirausaha atau sebagai tenaga konsultan IKM di daerah yang bersangkutan dan tidak lagi menjadi tanggungan Departemen Perindustrian.

Berkas Lamaran/Pendaftaran Program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM dapat dikirimkan secara kolektif/perorangan disertai Surat Pengantar dari Kepala Sekolah/Pemerintah Daerah/Dinas yang menangani Sektor Industri setempat kepada

Biro Kepegawaian Departemen Perindustrian R.I. Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52-53
Lt. 8 Jakarta Selatan,

persyaratan kirim ke Pemerintah Daerah/Dinas yang menangani Sektor Industri setempat dengan tembusan SMU/MA/SMK yang bersangkutan dan Peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang di Unit Pendidikan yang ditunjuk.

Pemberitahuan ini agar dapat disebarluaskan/ diinformasikan kepada Sekolah-Sekolah di Propinsi/Kabupaten/ Kota masing-masing.











BEASISWA SIEMENS

PT Siemens Indonesia, kembali membuka kesempatan bagi para siswa lulusan SMU/SMK untuk mendapatkan beasiswa dan dididik menjadi teknisi dalam bidang listrik, mekanik, mekatronik dan telekomunikasi pada:
Vocational Training Center Siemens Indonesia Pendidikan Khusus Kejuruan Teknik PT Siemens Indonesia.
Pendidikan berlangsung selama 2 tahun,
Hari belajar: Senin s/d Jumat 7.00- 16.00 WIB
bertempat di Pendidikan Khusus Kejuruan Teknik PT Siemens Indonesia,
Cilegon Factory, Jl. Eropa I Kav. B2 Krakatau Industrial Estate, Cilegon.

Syarat-syarat pelamar:
Warga Negara Indonesia pria/wanita lulusan
SMA-Program IPA dan SMK Jurusan Listrik, Mesin,
Elektronika, dan Telekomunikasi
berusia tidak lebih dari 20 tahun
bertempat tinggal di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa
Tengah, dan Lampung.
Untuk SMA-IPA, nilai rata-rata Matematika, Fisika,
Bahasa Inggris, dan Kimia di Surat Tanda Kelulusan
atau Rapor, minimal 7,0.
Untuk SMK/STM, nilai rata-rata Matematika, Bahasa
Inggris dan nilai kejuruan di surat tanda kelulusan
atau transkrip nilai, minimal 7,0.

Lamaran secara tertulis ditujukan
kepada:

PT Siemens Indonesia Pendidikan Khusus Kejuruan
Teknik (PKKT)
Jl. Eropa I Kav. B2, KIEC PO BOX 24, Cilegon 42443,
Banten

Dengan melampirkan fotokopi dari:
Transkrip Nilai SMK yang dilegalisir
Surat Tanda Kelulusan SMU/SMK yang dilegalisir
Rapor kelas 1, 2 dan 3 yang dilegalisir
KTP / Surat Keterangan Lurah 3 (tiga) lembar
Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm
Keterangan Dokter berbadan sehat

Pengumuman bagi pelamar yang akan di tes dapat dilihat
pada papan pengumuman di PT Siemens Indonesia,
Jln. Jend. A. Yani Kav. 67-68 Pulomas, Jakarta 13210,
Surat lamaran tidak akan dikembalikan dan surat
menyurat ditiadakan.

BEASISWA PEMDA JAKARTA

Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM-IPTEK) didirikan oleh Prof. Dr.-Ing. B.J. Habibie (mantan presiden RI) pada tahun 1997. Badan pengurus yayasan ini diketuai oleh Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan memiliki tujuan :
1. Mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan memiliki kualitas Iman dan Takwa yang tinggi.
2. Menguasai, mengembangkan dan mengendalikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, Yayasan melakukan kegiatan sebagai berikut:
• Memberikan beasiswa untuk tingkat S3 (Doktor),
• Memberikan penghargaan dan hadiah kepada orang atau Badan yang telah berjasa atau melakukan terobosan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Habibie Award).
• Mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
• Membentuk atau membantu berdirinya Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Beasiswa diberikan 2 (dua) kali setahun yaitu:
a. Periode bulan Mei
Formulir harus sampai di panitia paling lambat 21 April tahun berjalan.
b. Periode bulan Nopember
Formulir pendaftaran diajukan paling lambat tanggal 20 Oktober.
Persyaratan yang harus dipenuhi untuk beasiswa S3.
1. Usia maksimum 35 tahun.
2. Tidak menerima beasiswa dari lembaga atau sumber lainnya.
3. Sudah diterima atau telah mendapatkan surat keterangan diterima dalam program S3 di perguruan tinggi atau lembaga yang berada di Indonesia.
4. Selama mengikuti program S2, penerima beasiswa S3 harus mendapatkan nilai cum laude atau minimal berada pada peringkat ke-5.
5. Pendaftar harus menyerahkan dua rekomendasi dari tokoh ilmuwan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
6. Pendaftar harus menunjukkan sikap kepemimpinan dalam bidangnya dan memiliki tingkat integritas dan kreatifitas yang tinggi.

Proses pendaftaran dan seleksi
• pendaftar harus mengisi formulir pendaftaran secara lengkap disertai dengan dokumen penunjang.
• Pemilihan penerima beasiswa ditentukan dalam sidang dewan pakar yang telah ditentukan oleh Yayasan.
Seleksi dilakukan berdasarkan 5 (lima) kelompok bidang ilmu yakni :
1. Kelompok Ilmu Dasar,
2. Kelompok Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi,
3. Kelompok Ilmu Rekayasa,
4. Kelompok Ilmu Sosial, Hukum, Ekonomi dan Politik,
5. Kelompok Ilmu Filsafat, Agama dan Budaya.

Tunjangan
Beasiswa yang diberikan berupa:
1. biaya pendidikan (SPP) dan dana studi lainnya,
2. tunjangan tugas akhir,
3. tunjangan biaya buku/fotokopi,
4. tunjangan biaya hidup,
5. tunjangan biaya transportasi dari daerah ke tempat kuliah (jika saat melamar ada di daerah di luar tempat belajar)

Untuk informasi lebih lanjut
hubungi sdm-iptek@habibiecenter.or.id











BEASISWA UNIVERSITAS INDONESIA
Universitas Indonesia menyambut semua Anak-anak Bangsa Calon Pemimpin Masa Depan untuk menjalani proses pendidikan di Universitas Indonesia. Universitas Indonesia berkomitmen proses pendidikan yang diselenggarakan berkualitas
sebaik mungkin untuk mengejar ketertinggalan bangsa kita tercinta. Untuk itulah misi Ui adalah:

1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi berbasis riset untuk pengembangan Ilmu Teknologi, Seni dan Budaya; dan
2.Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf dab kualitas kehidupan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan.

Proses pendidikan berkualitas tidaklah murah. Oleh karena itu, kebijakan UI menyempurnakan sistem pembiayaan studi sehingga mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan kemampuan keuangan yang baik dapat memberikan kontribusi yang memadai bagi UI. Adapun mahasiswa program SPMB dan PPKB yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan keuangan namun memiliki kemampuan akademik
dan non-akademik yang baik, disediakan beasiswa. Beasiswa Universitas Indonesia untuk Seribu Anak Bangsa diberikan berupa bantuan biaya pendidikan dalam bentuk angsuran, pengurangan, atau pembebasan biaya studi bagi mahasiswa baru yang diterima melalui SPMB atau PPKB. Beasiswa hanya berlaku setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di UI melalui dua jalur tersebut dan mendaftar sebagai mahasiswa UI. Mendapatkan surat rekomendasi memperoleh beasiswa Universitas Indonesia untuk Seribu Anak Bangsa bukan merupakan jaminan calon mahasiswa tersebut diterima di UI. Calon mahasiswa masih harus berjuang melalui SPMB atau PPKB. Pengajuan beasiswa dilakukan secara kolektif melalui sekolah asal masing-masing disertai dengan kelengkapan berkas. Pengajuan yang tidak lengkap tidak akan diproses; dan jika diperlukan, panitia akan melakukan peninjauan lapangan Selain dikirim ke sekolah-sekolah, formulir pendaftaran dan brosur tersedia secara elektronik. Berkas-berkas kelengkapan yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa ini dapat dilihat pada formulir pendaftaran dan brosur tersebut. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan lewat telepon (021)7864125 setiap jam kerja; melalui e-mail kesma.ui@gmail.com (KESMA BEM UI); atau melalui forum tanya jawab. Berkas yang diterima paling lambat dikirim 4 April (cap pos). Setelah melaui proses seleksi, pengumuman hasil seleksi calon penerima beasiswa ini akan diumumkan melalui sekolah-sekolah dan web UI. Keputusan panitia adalah final dan tidak dapat diganggu
gugat. Selamat memilih UI sebagai bagian dari proses belajar mencapai cita-citamu dan harapan bangsa kita tercinta. Jangan takut masuk UI, buang jauh alasan tidak memilih UI karena keterbatasan dana untuk meraih pendidikan Program Sarjana di UI. Mari kita dukung Proses Pendidikan Berkualitas dan Berkeadilan demi kemajuan Bangsa Indonesia.











BEASISWA PENDIDIKAN D3 KEBIDANAN DI INDONESIA


Bidan memegang peranan penting sebagai tenaga kesehatan terdepan di masyarakat. Program Bidan di Desa (BDD) berhasil meningkatkan jumlah bidan hingga mencapai 62.906 bidan pada tahun 2000. Namun data Biro Kepegawaian Depkes bulan Juli 2003 menunjukkan hanya 63% (39.906) bidan yang masih bertahan di posnya masing-masing. Bila jumlah desa di Indonesia adalah 69.061, artinya sebanyak 29.155 desa tidak memiliki tenaga bidan.

Peduli akan masalah di atas, Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan (YPKP) mencoba menawarkan program beasiswa D3 kebidanan bagi anak daerah yang ingin berbakti kepada daerahnya. YPKP adalah lembaga swadaya masyarakat yang didirikan pada bulan Juni 2003, bergerak di bidang pengembangan pendidikan kesehatan khususnya kesehatan reproduksi perempuan.

Program beasiswa ini terselenggara atas kerjasama YPKP dengan Perkumpulan Obstetrik dan Ginekologi Indoesia (POGI),Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) perempuan; dengan dukungan Pusdiknakes dan the Ford Foundation - Jakarta.

Tujuan program ini adalah untuk menghasilkan tenaga bidan berkualitas yang memiliki ketrampilan kepemimpinan serta berkomitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas kesehatan perempuan di desa.

Pelaksanaan pendidikan akan diselenggarakan oleh Jurusan/Program Studi kebidanan pada Poltekkes di empat wilayah di Indonesia, yaitu Poltekkes Jakarta III, Poltekkes Bandung Jawa Barat, Poltekkes Malang Jawa Timur dan Akbid Mitra AKSI Jambi/Poltekes Jambi.

Sebelum memulai studi, penerima beasiswa akan memperoleh orientasi dan persiapan studi berupa pengayaan materi sebelum tahun akademis dimulai.

PERSYARATAN

Beasiswa diprioritaskan kepada perempuan dari daerah pedesaan yang memiliki
hubungan kekerabatan dengan dukun bayi.


Persyaratan administratif yang harus dipenuhi:
§ Berasal dari keluarga tidak mampu;
§ Tamatan Sekolah Menengah Umum (SMU) atau sederajat;
§ Perempuan usia 18-35 tahun;
§ Tinggi badan minimal 150 cm, berat badan seimbang
§ Melengkapi formulir pendaftaran (terlampir);
§ Lulus verifikasi administratif, tempat tinggal dan latar
belakang keluarga
§ Lulus tes masuk (ujian tertulis, kesehatan, wawancara/psikotes);

a.. Bersedia mengabdi kembali ke desanya sekurang-kurangnya 2N + 1 = 7
tahun (N= masa pembelajaran (3 tahun)) ; dan
b.. Bersedia menandatangani ketentuan-ketentuan yang berlaku selama
mengikuti proses pendidikan.
Ketentuan Pendaftaran:
1. Calon peserta dapat mendaftar secara individu, atau diusulkan oleh
IBI, LSM, atau Bupati/Kepala Desa.
2. Calon peserta tidak sedang menerima beasiswa lain.
4. Pengembilan formulir pendaftaran disertai dengan:
a. Photo Copy ijazah terakhir atau tanda lulus sementara yang
telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah sebanyak 3 lembar
b. Melampirkan pas photo ukuran: 3 x 4 cm (2 lembar), 4 x 6 cm (5
lembar)
c. Melampirkan surat keterangan domisili dari Kepala Desa setempat.
5. Calon yang telah memenuhi persyaratan administrasi dan lulus tes
verifikasi tempat tinggal dan latar belakang keluarga akan memperoleh
informasi tentang:
a. Nomor Ujian
b. Jadwal Test Tertulis
Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa dapat menghubungi
Panitia Pusat atau Panitia Lokal di wilayah masing-masing.


PANITIA PUSAT
Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan (YPKP)

Jl. Raden Saleh No. 49, Jakarta
Tel. 021 799 1890
Fax: 021 799 3426
mail: ypkp_2003@...

PANITIA LOKAL
JAKARTA (Jakarta, Kep. Seribu, Banten dan Jawa Barat)
Yayasan Kesehatan Perempuan
Jl. Empu Sendok 2B, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
Tel/Fax. 021 573 4602
e-mail: ykesehatanperempuan@...
Jl. Mampang Prapatan XIV No 5
Tegal Parang, Mampang Prapatan
Jakarta 12790
Tel/Fax. 021 7993426
e-mail: yminti@...

JAWA TIMUR (Jawa Timur, NTT, dan NTB)
Yayasan Pengembangan Pedesaan
Jl. Simpang Gajayana 611 AB, Malang
Telp/Fax. 0341 560 995
e-mail: yppmlg@...

JAMBI (Jambi, Kepulauan Riau dan Bengkulu)
Yayasan Mitra Aksi
Jl. Dara Petak No. 29-A, Jambi
Telp/Fax. 0741 21912
e-mail: mitra_aksi@...











Tidak ada komentar: