Sabtu, 24 November 2012

Beasiswa Pendidikan 06



BEASISWA S1 PONDOK PESANTREN DEPAG RI




A Persyaratan Santri Calon Penerima Beasiswa
1 Santri yang belajar pada Madrasah Aliyah (MA) dan sederajat di pondok pesantren.
2 Sedang mengikuti pendidikan pada MA dan sederajat di pondok pesantren.
3 Memiliki prestasi yang baik (terbaik 1-3) di sekolah selama pendidikan. Bagi program IPA nilai rata-rata mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris selama 5 semester minimal 7 dan tidak terdapat nilai 5 untuk mata pelajaran tersebut.
4 Diajukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren yang bersangkutan.
5 Pada saat mendaftar berumur tidak lebih dari 20 tahun dan belum menikah.
6 Berbadan sehat, tidak memiliki latar belakang penyakit akut/kronis, tidak buta warna, dan bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.
7 Bersedia dikeluarkan dari pencalonan penerima beasiswa apabila dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional
8 Keluarga bersedia menanggung komponen biaya lain yang tidak ditanggung oleh Departemen Agama RI.
9 Bersedia mengikuti bridging program/matrikulasi/orientasi yang dilaksanakan oleh Departemen Agama bekerjasama dengan perguruan tinggi yang bersangkutan selama + 2 bulan.
10 Bersedia mengembangkan sains dan teknologi di pondok pesantren asal setelah selesai masa studi, dibuktikan dengan perjanjian antara calon mahasiswa dengan Departemen Agama.
B Prosedur Pengajuan
1 Pimpinan pondok pesantren mengajukan santri yang memenuhi syarat ke Kantor Wilayah Departemen Agama masing-masing. Selain menyertakan dokumen persyaratan di atas, pengajuan santri dilengkapi dengan dokumen sebagai berikut:
a Surat pengajuan dari pimpinan pondok pesantren yang bersangkutan.
b Surat pernyataan dari calon peserta program (contoh format terlampir).
c Pas photo berwarna dan terbaru, dengan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 lembar.
d Photo copy raport dari kelas 1 semester 1 sampai dengan kelas III semester 5 yang telah dilegalisir Kepala MA masing-masing.
e Foto copy akte kelahiran atau surat kenal lahir.
f Formulir yang telah diisi dan ditandatangani peserta program, meliputi:
(i) Kemampuan diri pelamar (Lampiran A1).
(ii) Keadaan Pondok Pesantren dan MA/SMA (Lampiran A1).
(iii) Sosial ekonomi kelurga (Lampiran A3).
(iv) Anda dan perguruan tinggi (Lampiran B1).
(v) Biodata pelamar (Lampiran B2), bermaterai diisi dengan tulisan tangan pelamar.
(vi) Surat lamaran (Lampiran B5) bermaterai yang ditulis tangan oleh pelamar dan disetujui oleh orang tua/wali.
2 Berdasarkan surat pengajuan dari Pimpinan pondok pesantren, Kantor Wilayah Departemen Agama kemudian menyeleksi dan merekapitulasi calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik dan administratif. Dokumen yang telah diseleksi dan direkapitulasi selanjutnya dikirim ke Departemen Agama RI. Up. Direktorat pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat. Telp./fax.021-3811810. Dokumen peserta sudah diterima oleh Departemen Agama Pusat.
3 Departemen Agama Pusat memanggil santri yang memenuhi syarat untuk mengikuti test/seleksi calon mahasiswa S1 program santri berprestasi penerima beasiswa Departemen Agama RI.
4 Pelamar hanya diperkenankan memilih satu perguruan tinggi pilihan (ITB/IPB/UIN /UGM/ITS/UNAIR/IAIN).
5 Penempatan fakultas dan program studi mahasiswa didasarkan atas bakat dan minat serta ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi.
C Mekanisme Seleksi
1 Test/seleksi dilaksanakan Departemen Agama RI. bekerjasama dengan perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan Departemen Agama RI.
2 Test/seleksi akan dilaksanakan secara serentak di Kantor Wilayah Departemen Agama yang ditunjuk .
3 Khusus bagi calon penerima beasiswa S1 ITB, santri akan ditest/seleksi dalam dua tahap. Tahap II akan diselenggarakan di Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa barat (Bandung). Biaya pendaftaran test/seleksi Tahap II sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per peserta ditanggung sepenuhnya oleh Departemen Agama, sedangkan komponen pembiayaan lainnya (transport, akomodasi, konsumsi, dan alat tulis) sepenuhnya menjadi tanggung jawab lembaga pondok pesantren pengirim atau orang tua/wali yang bersangkutan.
4 Sistem penetapan calon penerima beasiswa pada prinsipnya didasarkan pada pertimbangan hasil nilai test tertulis. Nilai raport peserta menjadi bahan pertimbangan terakhir apabila hasil nilai test beberapa peserta tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
D Materi Test/Seleksi
Santri yang memenuhi syarat akan diberi kesempatan untuk berkompetisi melalui test tertulis. Materi test tertulis meliputi:
1 Test Bakat Skolastik (TBS)
Ujian ini untuk mengukur kemampuan dalam logika dan penalaran, sehingga dapat dievaluasi kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Materi dibuat oleh (PUSPENDIK)
2 Test Kemampuan Akademik
Ujian ini terdiri atas materi IPA (mencakup Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) terpadu, untuk mengukur potensi prestasi akademik santri calon mahasiswa. Materi test/seleksi dibuat oleh masing-masing perguruan tinggi.
3 Test Kemampuan Bahasa Inggris
Ujian ini untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris, sehingga dapat dievaluasi kemampuan komunikasi santri dalam bahasa Inggris untuk melanjutkan pendidikan tinggi.
4 Test Kepesantrenan
Ujian ini untuk mengukur kemampuan kepesantrenan (penguasaan kitab kuning) bagi santri berprestasi calon penerima beasiswa Departemen Agama RI.
5 Test Bahasa Arab (tertulis dan wawancara)
Ujian ini khusus bagi santri yang berminat untuk melanjutkan studi di IAIN. Test ini untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa Arab, sehingga dapat dievaluasi kemampuan komunikasi santri dalam bahasa Arab untuk melanjutkan pendidikan tinggi.
E Jadwal dan Perlengkapan Test/Seleksi
1 Jadwal
Jadwal dan materi test/seleksi meliputi:.
08.00 - 09.30 Test Kemampuan Akademik
10.00 - 11.30 Test Bakat Skolastik
13.00 - 14.30 Test Bahasa Inggris
15.00 - 16.30 Test Kepesantrenan/Bahasa Arab
16.30 - selesai Wawancara Bahasa Arab

2 Perlengkapan Test/Seleksi
Perlengkapan yang harus dan/atau tidak boleh dibawa pada saat test/seleksi adalah:
a Membawa kartu tanda peserta test/seleksi.
b Membawa pensil 2B (untuk mengisi Lembar Jawaban Komputer), ballpoint, dan penghapus pensil.
c Tidak diperbolehkan membawa buku, catatan, kamus, kalkulator, penggaris, dan alat tulis lainnya.
d Tidak diperbolehkan membawa peralatan komunikasi dalam bentuk apapun, seperti telepon seluler, dsb.
e Peserta test/seleksi harus mengenakan pakaian rapi dan sopan, serta bersepatu.
3 Tempat Seleksi
a Kantor Wilayah Departemen Agama DKI
b Kantor Wilayah Departemen Agama Banten
c Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Barat
d Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Tengah
e Kantor Wilayah Departemen Agama DIY
f Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Timur
g Kantor Wilayah Departemen Agama Lampung
h Kantor Wilayah Departemen Agama Palembang
i Kantor Wilayah Departemen Agama Bangka Belitung
j Kantor Wilayah Departemen Agama Jambi
k Kantor Wilayah Departemen Agama Padang
l Kantor Wilayah Departemen Agama Pekanbaru
m Kantor Wilayah Departemen Agama Kepulauan Riau
n Kantor Wilayah Departemen Agama Medan
o Kantor Wilayah Departemen Agama Banda Aceh
p Kantor Wilayah Departemen Agama NTB
q Kantor Wilayah Departemen Agama Bali
r Kantor Wilayah Departemen Agama Kalimantan Selatan
s Kantor Wilayah Departemen Agama Kalimantan Tengah
t Kantor Wilayah Departemen Agama Kalimantan Barat
u Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Selatan
v Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Tengah
w Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Tenggara
x Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Barat
y Kantor Wilayah Departemen Agama Maluku Utara

F Penempatan Fakultas/Sekolah dan Program Studi
1 Santri yang dinyatakan memenuhi syarat dan lulus test tertulis akan dipanggil untuk mengikuti bridging program/matrikulasi (khusus di IAIN hanya bersifat orientasi). Bridging program/matrikulasi yaitu program penyetaraan kemampuan dan kualifikasi akademik calon mahasiswa dengan kualitas kemampuan minimum yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan S1.
2 Calon dinyatakan mengundurkan diri dan atau gugur dalam pencalonannya sebagai peserta program penerima beasiswa apabila tidak mengikuti program bridging program/matrikulasi/orientasi.
3 Santri yang dipanggil untuk mengikuti bridging program/matrikulasi/orientasi diminta untuk membawa kelengkapan persyaratan sebagai mana poin D dan E dengan menunjukkan dokumen aslinya. Selain itu, peserta juga diminta untuk membawa perlengkapan pribadi (pakaian dan lain sebagainya).
4 Khusus ITB, hasil bridging program akan sangat menentukan penempatan santri berprestasi di salah satu Fakultas/Sekolah yang berada di ITB. Penempatan fakultas dan jurusan/program studi di ITB dan IPB dilaksanakan pada tahun kedua setelah mahasiswa menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB). Sedangkan pada UGM, UIN, ITS, UNAIR, dan IAIN, fakultas dan jurusan ditetapkan setelah santri secara resmi dinyatakan sebagai peserta program beasiswa santri berprestasi Departemen Agama RI. Oleh karena itu, pelamar sudah diminta untuk menentukan pilihan pertama, kedua, dan ketiga terhadap program studi/jurusan yang diminati pada saat mendaftar.
5 Fakultas/Sekolah dan Program Studi
Fakultas/sekolah dan program studi yang dapat dipilih dan diikuti adalah sebagai berikut:
a ITB
(a) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
 Matematika
Þ
 Fisika
Þ
 Astronomi
Þ
 Kimia
Þ
(b) Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (FIKTM)
 Teknologi Geologi
Þ
 Teknik Pertambangan
Þ
 Teknik Perminyakan
Þ
 Teknik Geofisika
Þ
 Geofisika
Þ
 Meteorologi
Þ
 Oseanografi
Þ
 Teknik Metalurgi
Þ
(c) Fakultas Teknologi Industri (FTI)
 Teknik Kimia
Þ
 Teknik Mesin
Þ
 Teknik Fisika
Þ
 Teknik Industri
Þ
 Teknik Penerbangan
Þ
 Teknik Material
Þ
(d) Sekolah Farmasi
 Sains dan Teknologi Farmasi
Þ
 Farmasi Klinik dan Komunitas
Þ
(e) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
 Teknik Sipil
Þ
 Teknik Geodesi dan Geomatika
Þ
 Teknik Lingkungan
Þ
 Teknik Kelautan
Þ
(f) Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
 Teknik Elektro
Þ
 Teknik Informatika
Þ
(g) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
 Biologi
Þ
 Mikrobiologi
Þ
(h) Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
 Arsitektur
Þ
 Perencanan Wilayah dan Kota
Þ

b IPB
Bidang Keahlian Utama (Major) di IPB Program S1 yang dapat dipilih adalah:
(a) Agribisnis
(b) Agronomi dan Holticulture
(c) Biokimia
(d) Biologi
(e) Ekonomi dan Studi Pembangunan
(f) Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
(g) Fisika
(h) Ilmu Gizi
(i) lmu Komputer
(j) Kedokteran Hewan
(k) Kimia
(l) Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat
(m) Konserfasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata
(n) Manajemen
(o) Matematika
(p) Meteorologi Terapan
(q) Nutrisi dan Teknologi Pakan
(r) Proteksi Tanaman
(s) Silvikultur
(t) Statistika
(u) Teknik Pertanian
(v) Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
(w) Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap
(x) Teknologi Hasil Hutan
(y) Teknologi Hasil Perairan
(z) Industri Pertanian
(aa) Teknologi Kelautan
(bb) Teknologi Pangan
(cc) Teknologi Produksi Ternak
(dd) Manajemen Sumberdaya Perairan
(ee) Manajemen Sumberdaya Lahan
c UIN
Fakultas dan jurusan/Program studi yang dapat dipilih meliputi:
Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat:
(a) Program Studi Pendidikan Dokter
(b) Program Studi Kesehatan Masyarakat
d ITS
Fakultas dan jurusan yang dapat dipilih meliputi:
(a) Fakultas Teknik Industri, Jurusan Teknik Mesin.
(b) Fakultas Teknik Industri, Jurusan Teknik Elektro
(c) Fakultas Teknik Industri, Jurusan Teknik Indstri
(d) Fakultas Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Informatika
(e) Fakultas Teknologi Informasi, Jurusan Sistem Informasi.
(f) Fakultas Teknik Sipil dan Perecanaan, Jurusan Teknik Lingkungan.
(g) Fakultas Tenik Sipil dan Perencaaan, Jurusan Teknik Sipil
(h) Fakultas MIPA Jurusan Fisika
(i) Fakultas MIPA, Jurusan Matematika
(j) Fakultas MIPA, Jurusan Kimia
(k) Fakultas MIPA, Jurusan Biollogi
(l) Fakultas Teknologi Kelautan, Jurusan Teknik Perkapalan
(m) Fakultas Teknologi Kelautn, Jurusan Teknik Kelautan
e UGM
Fakultas dan jurusan yang dapat dipilih meliputi:
(a) Fakultas Farmasi, Bidang Studi Farmasi
(b) Fakults Farmasi, Bidang Studi Obat Alami
(c) Fakultas Kedokteran Hewan, Bidang Studi Kedokteran Hewan
(d) Fakultas MIPA, Bidang Studi Ilmu Komputer
(e) Fakultas Kedokteran, Bidang Studi Pendidikan Dokter
(f) Fakultas Kedokteran, Bidang Studi Gizi dan Kesehatan
(g) Fakultas Teknologi Pertanian, Bidang Studi Teknologi Industri Pertanian
(h) Fakultas Teknologi Pertanian,Bidang Studi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian
(i) Fakultas Pertanian, Bidang Studi Agronomi
(j) Fakultas Pertanian, Bidang Studi Pemuliaan Tanaman
(k) Fakultas Pertanian, Bidang Studi Budidaya Perikanan
(l) Fakultas Peternakan, Bidang Studi Nutrisi dan Makanan ternak
(m) Fakultas Peternakan, Bidang Studi Produksi Ternak
(n) Fakultas Hukum, Bidang Studi Ilmu Hukum
(o) Fakultas Teknik, Bidang Studi Teknik Elektro
(p) Fakultas Teknik, Bidang Studi Teknik Mesin
(q) Fakultas Teknik, Bidang Studi Teknik Sipil
(r) Fakultas Psikologi, Bidang Studi Psikologi
(s) Fakultas Ilmu Sosoial Politik, Bidang Studi Ilmu Komunikasi
(t) Fakultas Ilmu Budaya, Bidang Studi Sastra Inggris
(u) Fakultas Ekonomi, Bidang Studi Akuntansi
Fakultas sebagaimana pada nomor urut (r) sampai (u) (fakultas Psikologi, Ilmu Sosial Politik, Ilmu Budaya, dan Ekonomi) dapat diikuti oleh santri yang berasal dari MA dan sederajat program IPA, IPS dan Bahasa.
f UNAIR
(a) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
 Matematika
Þ
 Fisika
Þ
 Biologi
Þ
 Kimia
Þ
(b) Fakultas Kedokteran
 Pendidikan Dokter
Þ
 Ilmu Keperawatan
Þ
(c) Fakultas Kedokteran Gigi
 Pendidikan Dokter Gigi
Þ
(d) Fakultas Farmasi
 Farmasi
Þ
(e) Fakultas Kesehatan Masyarakat
 Kesehatan Masyarakat
Þ
(f) Fakultas Psikologi
 Psikologi
Þ
(g) Fakultas Sastra
 Sastra Inggris
Þ
 Sastra Jepang
Þ

Fakultas sebagaimana pada nomor urut (f) dan (g) (fakultas Psikologi dan sastra) dapat diikuti oleh santri yang berasal dari MA dan sederajat program IPA, IPS dan Bahasa.
g IAIN
Untuk IAIN, fakultas yang ditawarkan adalah Fakultas Syariah dan dapat diikuti oleh santri yang berasal dari MA dan sederajat program IPA, IPS dan Bahasa.

G Pembiayaan
1 Selama mengikuti bridging program/matrikulasi, Departemen Agama akan menanggung komponen pembiayaan pendidikan, akomodasi dan konsumsi, uang saku, serta biaya transport dari daerah ke Jakarta satu kali Pergi-Pulang (Jawa, Madura, dan Lampung memperoleh penggantian biaya transport bus/kereta api, sedang daerah lainnya tarif pesawat kelas ekonomi). Di luar komponen pembiayaan tersebut ditanggung oleh orang tua/wali masing-masing.
2 Seluruh biaya yang diperlukan oleh santri berprestasi selama 5 (lima) tahun menjadi tanggung jawab Departemen Agama RI. Komponen pembiayaan bagi santri berprestasi terdiri dari:
a Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (SPP).
b Sumbangan Dana Pengembangan Akademik (SDPA) yang besarannya tergantung pada perguruan tinggi masing-masing.
c Biaya bridging program/matrikulasi/orientasi.
d Biaya pendaftaran ulang.
e Biaya hidup (living cost) peserta program selama 5 tahun (besarnya bantuan biaya hidup akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran Departemen Agama RI.).













BEASISWA DEPKOMINFO

Magister Teknologi Informasi UGM bekerjasama dengan Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menawarkan bantuan finansial melalui program beasiswa bagi para calon mahasiswa terpilih yang memiliki outstanding knowledge dan/atau skill dan bermotivasi besar untuk berkontribusi dalam pengembangan e-Government di Indonesia.

Program CIO (Chief Information Officer) ditujukan untuk eksekutif/pengambil kebijakan yang bertanggungjawab mempromosikan TI sebagai sarana peningkatan kualitas birokrasi pemerintahan, baik pada level strategis maupun operasional. Program CIO MTI UGM dirancang untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam rangka pengembangan e-Government di lembaga pemerintah tingkat pusat maupun daerah.

Tujuan
Tujuan pemberian beasiswa adalah mencetak SDM unggul untuk mendukung penerapan e-Government. Program beasiswa ini diharapkan dapat menjadi katalisator dan akselerator dalam peningkatan kualitas SDM TI, khususnya di lingkup pemerintahan dan pengembangan TI di Indonesia pada umumnya.

Skema
Beasiswa diberikan dalam bentuk pembebasan penuh (full waiver) terhadap biaya pendidikan di Program CIO MTI UGM, senilai biaya SPP yang berlaku saat ini.
Beasiswa hanya mencakup biaya program selama 16 bulan, tidak mencakup biaya hidup (living cost), biaya transportasi dari/ke lokasi asal peserta, biaya pendaftaran, dan biaya wisuda. Jika peserta tidak dapat menyelesaikan studi dalam waktu 16 bulan, biaya tambahan masa studi harus ditanggung peserta (tidak dicakup dalam beasiswa).

Persyaratan
Calon penerima beasiswa diharapkan memenuhi kriteria sebagai berikut:

* Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditempatkan di lembaga-lembaga departemen, non departemen, baik di lingkungan pemerintahan pusat maupun daerah.
* Memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun terhitung mulai tanggal diangkat menjadi PNS dalam gelar S1 pada instansi yang bersangkutan.
* Memiliki IPK S1 minimum 3,0 (dari skala 4,0).
* Usia maksimum 40 tahun pada saat mendaftar
* Bidang kerja yang ditangani terkait dengan pengembangan e-Government di lingkungan asalnya.
* Mendapat rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II).
* Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 di tempat lain.
* Tidak menerima dan/atau sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.
* Memiliki outstanding knowledge dan/atau skill.

Prosedur Aplikasi

1. Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran (Form aplikasi bisa diperoleh di Kantor Program MTI atau di-download di sini )Formulir pendaftaran yang telah diisi dan seluruh dokumen yang dipersyaratkan harus dikirim via pos atau diantar langsung dan diterima Panitia Seleksi dengan alamat tersebut di bawah ini 2. Pelamar yang memenuhi syarat administrasi (shortlisted) akan dipanggil untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara di kantor MTI UGM.
3. Wawancara akan mengidentifikasi hal-hal sebagai berikut:

* Potensi keberhasilan studi
* Penguasaan knowledge dan/atau skill dalam bidang TI
* Motivasi dan attitude

Syarat-syarat yang harus dikirimkan

1. Formulir permohonan beasiswa
2. Salinan Ijazah dan Transkrip Akademik S1 yang dilegalisir
3. Surat rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II).
4. Surat keterangan yang menerangkan bahwa bidang kerja yang ditangani terkait dengan pengembangan e-Government di lingkungan asalnya.
5. Surat Keputusan Pengangkatan PNS dalam gelar S1 pada instansi yang bersangkutan.

Alamat Pengiriman Berkas Lamaran :

Magister Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Gedung Teknik Elektro lt. 2
Fakultas Teknik
Jl. Grafika 2 Yogyakarta














BEASISWA YAAB-ORBIT

Yayasan Amal Abadi Beasiswa orangtua Bimbing Terpadu (YAAB-ORBIT) adalah lembaga non profit yang menyelenggarakan program beasiswa bantuan biaya studi kepada pelajar/mahasiswa yang berprestasi namun memiliki kendala dalam biayai pendidikannya.

Jumlah beasiswa bantuan biaya studi perbulan selama 1 tahun;
1. Jenjang SMU/sederajat sebesar Rp. 60.000
2. Jenjang Akademi/S-1 sebesar Rp. 100.000

Syarat-syarat Menjadi Penerima beasiswa YAAB-ORBIT adalah sbb :
1) Memiliki keterbatasan dalam biaya pendidikan
2) Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga pemberi beasiswa lain
3) Minimal duduk di kelas II SMU/sederajat dengan rata-rata nilai raport persemester minimal 7.00
4) Minimal duduk di semester III dengan IPK minimal 2.75 (jurusan eksakta) dan IPK minimal 3.00 (jurusan non eksakta)
5) Aktif di kegiatan Intra dan atau ektra sekolah/kampus
6) Bersedia memenuhi kewajiban serta berperan aktif dalam kegiatan YAAB-ORBIT Pusat maupun YAAB-ORBIT Perwakilan di daerah masing-masing

Cara Menjadi Penerima Beasiswa YAAB-ORBIT adalah dengan MENGIRIM SURAT PERMOHONAN berisi profile pelamar, latarbelakang & kondisi ekonomi keluarga, alasan pengajuan beasiswa dan dilengkapi dokumen-dokumen sbb :
1) Formulir beasiswa yang telah diisi lengkap dan disyahkan/di-stempel oleh pihak sekolah/kampus (Formulir bagian belakang)
2) Foto copy raport/IP per-semester (mulai dari sem. 1 s.d sem. terakhir diterima)
3) Surat keterangan kurang mampu dari Rt setempat
4) Foto copy KTP (kartu pelajar, jika belum memiliki KTP)
5) Foto copy KK (kartu keluarga)
6) Slip gaji (jika orangtua PNS/Karyawan Swasta) atau surat keterangan penghasilan orangtua yang disahkan oleh RT, bisa digabung dengan surat keterangan tidak mampu, (jika orangtua buruh lepas/wiraswasta dll).
7) Foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
8) Data-data yang dapat menjadi penunjang antara lain : foto copy sertifikat pelatihan, piagam penghargaan dll.

Seleksi penerima beasiswa YAAB-ORBIT dilakukan oleh:
1) Team seleksi Perwakilan YAAB-ORBIT; (waktu dan tempat seleksi ditentukan oleh perwakilan dimana pelamar beasiswa menjalani studi)
2) Team seleksi YAAB-ORBIT Pusat
Untuk memperoleh formulir beasiswa serta informasi lebih lanjut mengenai pengajuan permohonan beasiswa YAAB-ORBIT dapat menghubungi :
1) Perwakilan YAAB-ORBIT daerah dimana pelamar menjalani studi atau
2) Sekretariat YAAB-ORBIT Pusat d.a : Gd. The Habibie Center
Jl. Kemang Selatan No. 98 Jakarta 12560
Telp/Fax : (021) 788 4 6927
(021) 684 9 5690 / 0812 8062904 (Betty)
0813 10594000 (Muji)
Email : yaaborbitpusat@yahoo.com
ym : bsuryaningsih / mbunga_2

Bagi pelamar beasiswa YAAB-ORBIT dari wilayah Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, NTT, Maluku, Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Bogor dan Banten, permohonan beasiswa [Formulir & persyaratannya] dapat dikirim langsung ke alamat sekretariat YAAB-ORBIT
YAAB-ORBIT juga membuka kesempatan bagi siapasaja yang berkeinginan untuk menyalurkan sebagian dananya untuk membantu pendidikan anak-anak Bangsa melalui YAAB-ORBIT.













BEASISWA ORBIT

Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu (YAAB ORBIT) memberikan Dana Bantuan Beasiswa ORBIT kepada generasi muda terbaik yang berprestasi namun tidak mampu dalam membiayai pendidikannya. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa SLTA dan mahasiswa

Persyaratan penerima bantuan beasiswa (ANBIM=Anak Bimbing) ORBIT:

1. Memiliki prestasi dan potensi unggul pada bidang akademis dan non-akademis.
2. Memiliki nilai rata-rata semester minimal 8,00 (untuk kelas 2 dan 3 SMA/MA) atau nilai Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.00 untuk program S1 minimal semester 6.
3. Aktif pada kegiatan intra atau ekstra sekolah/kampus. Memiliki prestasi dan keunggulan dalam bidang tertentu tingkat sekolah, daerah, atau nasional.
4. Tidak mampu membiayai sekolah/kuliah.
5. Bersedia berperan aktif pada kegiatan di Perwakilan YAAB ORBIT
6. Bersedia memenuhi kewajiban-kewajiban sebagai penerima Dana Bantuan Beasiswa/ANBIM ORBIT

Cara menjadi ANBIM ORBIT

Mengisi lengkap formulir lamaran untuk menjadi ANBIM ORBIT (dapat difotokopi sendiri), dilengkapi dengan:
Fotokopi rapor/kartu studi per semester dari semester 1 sampai dengan semester terakhir dijalani
Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat yang menyatakan bahwa orang tua calon ANBIM tersebut tidak mampu untuk membiayai pendidikan
Surat keterangan masih aktif mengikuti pendidikan dari sekolah/perguruan tinggi
Foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
Data-data penunjang seperti fotokopi piagam penghargaan/seminar, dan lain-lain
Mekanisme Seleksi
Mengambil formulir permohonan menjadi ANBIM ORBIT di Sekretariat YAAB ORBIT Pusat atau Perwakilan YAAB ORBIT terdekat (15 April s/d 30 Juni)
Formulir yang telah diisi lengkap beserta dokumen diserahkan/dikirim ke Perwakilan YAAB ORBIT terdekat (tanggal 1 s/d 30 Juli)
Waktu seleksi diadakan setiap tahun, yaitu tanggal 1 s/d 15 Agustus (di tingkat perwakilan) dan dari tanggal 16 Juli s/d 30 Agustus (di tingkat Pusat)
Pengumuman hasil seleksi akan dikirim dari YAAB ORBIT dan ke alamat rumah masing-masing ANBIM yang lulus seleksi pada tanggal 1 Agustus.
Tunjangan yang diberikan:

Untuk tingkat SMA: Rp60.000,00 per bulan selama setahun dan dapat diperpanjang
Untuk tingkat S1: Rp100.000,00 per bulan selama setahun dan dapat diperpanjang
Kantor Pusat YAAB ORBIT
Gedung The Habibie Center Lt.1
Jl Kemang Selatan No.98 Jakarta Selatan
Telp. 021-7884 6927
email: yaaborbitpusat[at]yahoo[dot]com












BEASISWA GURU DARI SAMPOERNA

Bagi lulusan S1 dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris, matematika, fisika, kimia, bilogi dan komputer (ICT) atau memiliki pengalaman mengajar mata pelajaran tersebut, baik yang telah menjadi guru maupun para calon guru kini dapat meningkatkan kualifikasinya untuk dapat menjadi guru sekolah menengah atas yang bertaraf internasional dengan mengikuti Program Pendidikan Guru (Teacher Education Programme) dari Sampoerna Foundation Teacher Institute. Program yang kurikulumnya dirancang bersama dengan pakar pendidikan dari universitas pendidikan ternama di Singapura dan Australia ini menyediakan 20 beasiswa biaya pendidikan bagi peserta yang potensial untuk mengikuti program ini serta kesempatan penempatan kerja/mengajar setelah lulus program.

Untuk mengetahui lebih lanjut program ini, Anda bisa mengikuti presentasi dan sesi tanya jawab dari Koordinator Program TEP pada TPSN kali ini. Informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran beasiswa dapat diperoleh di http://www.sf- teacher.org/ images/stories/ 2008/080523tepfo rmwebsite. pdf













BEASISWA S1 MANAGEMENT DARI BAKRIE

Bakrie School of Management (BSM) dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bisnis Indonesia (YPBI), yayasan yang didirikan oleh keluarga Bakrie, dengan tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan bisnis yang berkualitas internasional.

Didukung oleh infrastruktur bisnis Kelompok Usaha Bakrie (KUB) yang luas, dosen yang kompeten, serta dosen tamu CEO KUB dari berbagai bidang industri dan keahlian, sehingga terjalin suatu sinergi proses belajar mengajar yang bagus. Sesi-sesi kuliah rutin dari para CEO KUB, kunjungan-kunjungan ke lokasi usaha, pendampingan dan magang baik di KUB maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan kesempatan “best practice sharing” yang sangat berharga, karena siswa dapat belajar langsung ke sumbernya.

Perkuliahan dilakukan dalam bahasa Indonesia hingga semester IV dengan pendalaman bahasa Inggris. Mulai semester V, sebagian perkuliahan dilakukan dalam bahasa Inggris dengan pengajar/pembicara tamu dari beberapa universitas di luar negeri, sehingga lulusan akan mencapai skore TOEFL minimum 600.

Kurikulum mengacu kepada standar internasional dengan menggabungkan teori dan praktik kerja di dunia usaha. Selain memiliki “internal working laboratory” yang ada di KUB, fasilitas lain adalah “external working laboratory”, yakni sejumlah sentra utama Usaha Kecil Menengah yang menjadi mitra BSM. Dengan demikian diharapkan lulusan akan menguasai dasar kewirausahaan, mempunyai jiwa kepemimpinan, fasih berbahasa Inggris yang akan menjadi landasan dan wawasan yang kuat untuk menjadi pebisnis yang profesional.

Program Studi BSM:

S1 Bisnis Manajemen
Kurikulum program studi dirancang untuk menumbuhkan jiwa wirausaha yang professional dengan dilengkapi ketrampilan secara teknis dan non teknis di segala aspek bisnis dan fasih berbahasa Inggris. Pendalaman tentang praktik manajemen modern dilakukan melalui simulasi bisnis dan program “soft/hard internship” selama 7 semester.

Pada akhir studi diharapkan siswa akan mampu menyusun marketing plan, production plan, corporate budgeting, financial modeling dan business plan. Dengan demikian lulusan mempunyai alat yang lengkap untuk berkarier di dunia bisnis dan enterprise, dan memiliki jiwa kepemimpinan baik dalam suatu organisasi maupun bisnis yang dijalankan sendiri.


S1 Akuntansi
Kurikulum program studi dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian akuntansi yang memiliki kemampuan untuk menerapkannya di berbagai bidang bisnis.

Untuk mempertajam pemahaman tentang korelasi akutansi dengan manajemen bisnis, telah dirancang model “assignment” yang mengintegrasikan ketrampilan teknis akuntansi dengan prinsip-prinsip manajemen perusahaan.


SYARAT PENDAFTARAN
} Memiliki ijasah SMA/ sederajat
} Tahun kelulusan maksimal 4 tahun sebelumnya

TATA CARA PENDAFTARAN
} Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh di
Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro
Suite UG #02-03, Jl. HR Rasuna Said Kav C-22
Kuningan, Jakarta Selatan
Tel. 021-5261448, 526 3182/3 Fax. 021-527 6543
} Membayar biaya tes sebesar Rp. 200,000.-
} Formulir yang telah diisi dikembalikan ke kampus dengan dilengkapi
} 2 lembar fotokopi ijasah / raport terakhir / kartu pelajar yang masih berlaku
} 1 lembar fotokopi KTP/passport/SIM
} 3 lembar foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4
} Tanda terima biaya test


MATERI TES
} Materi Bahasa Inggris dan Matematika Terpadu

PENDAFTARAN ULANG
} Fotokopi ijasah SMA/setara yang dilegalisir (2 lembar)
} Untuk SMA Negeri dilegalisir Kepala Sekolah bersangkutan
} Untuk SMA Swasta dilegalisir Kanwil Depdiknas setempat
} Untuk SMA luar negeri harus disetarakan dan dilegalisir Depdiknas Pusat
} Fotokopi Hasil UN (Ujian Nasional) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
} Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir

RINCIAN BIAYA KULIAH
Lihat rincian biaya kuliah

BEASISWA
} Peringkat 1 sampai 3 di masing-masing kelas
} Memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan nilai TOEFL prediction 530 atau
} Bersedia mengikuti test seleksi


PENDAFTARAN ONLINE
http://www.bakrie.ac.id/online

Keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi
Yati, Rustam, Cindy atau Emma di nomor telepon
021-526 1448; 021 526 3182/83











PROGRAM BEASISWA SAMPOERNA

Program Beasiswa Sampoerna Foundation
Tingkat Sarjana (S1) Dalam Negeri
Bidang Studi Ekonomi dan Teknik Terapan

Sampoerna Foundation (SF) menyediakan program beasiswa bagi 40 (empat puluh) anak muda Indonesia yang tidak mampu secara ekonomi namun menunjukkan prestasi akademis yang cemerlang, profesional, memiliki kepribadian yang terpuji dan jiwa kepemimpinan yang tinggi untuk menempuh pendidikan sarjana di bidang Ekonomi atau Teknik Terapan pada universitas-universitas dalam negeri yang direkomendasikan oleh SF untuk jangka waktu yang tidak lebih dari 4 (empat) tahun.

Program-program yang wajib diikuti oleh para siswa SF untuk program Gelar Sarjana Dalam Negeri di Bidang Ekonomi atau Teknik Terapan adalah sebagai berikut:

a. Pertemuan Tahunan
Pertemuan Tahunan SF bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para siswa untuk lebih memahami nilai-nilai yang dijunjung oleh SF, untuk mengembangkan karakter, mutu kepemimpinan dan kepedulian sosial dari para siswa.

b. Kegiatan Sosial
Para penerima beasiswa SF tingkat Sarjana Strata Satu diwajibkan untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan sosial bersama-sama dengan para penerima beasiswa SF lainnya di daerah masing-masing setiap tiga bulan sekali.

c. Program Kerja Magang
Masing-masing siswa akan menjalani program magang dengan total minimal 10 (sepuluh) minggu selama masa pendidikannya. SF berharap bahwa pengalaman tersebut dapat meningkatkan nilai dari para siswa SF dan memungkinkan mereka untuk mencapai keberhasilan dalam karir mereka di masa yang akan datang.

SYARAT-SYARAT PEMBERIAN BEASISWA

Informasi yang dimuat dalam dokumen ini ditujukan untuk Program Beasiswa Gelar Sarjana (S1) Dalam Negeri di Bidang Studi Ekonomi dan Teknik Terapan,
I. Persyaratan Dasar
Pendaftar harus memenuhi SELURUH persyaratan berikut ini:

- Warga Negara Indonesia

- Harus dapat membuktikan kebutuhan tunjangan keuangan untuk melanjutkan sekolah, berdasarkan surat keterangan tidak mampu dan fotokopi tagihan listrik rumah.

- Memiliki nilai akademik minimum rata-rata 7.00 selama masa SMA

- Pada saat pengajuan lamaran beasiswa, tidak sedang mengikuti bangku kuliah di universitas manapun.

- Setelah lulus dari tahap seleksi, para finalis harus diterima di salah satu universitas yang terafiliasi dengan SF (lihat daftar di bawah) pada Fakultas Ekonomi atau Teknik Terapan (hanya kelas regular).

II. Persyaratan Lebih Lanjut

- Pendaftar harus menunjukkan bahwa pihaknya memiliki potensi untuk menjadi pemimpin.

- Pendaftar harus memiliki komitmen terhadap pembangunan masyarakat dan nasional.

- Pendaftar harus bersedia untuk menjalani proses seleksi yang diselenggarakan oleh SF.

- Penerima beasiswa harus bersedia untuk berpartisipasi dalam Skema Kontribusi Alumni sebagaimana diuraikan dalam bagian yang dimuat dalam Informasi Umum ini, dan di dalam setiap program dan kegiatan wajib lainnya sebagaimana dimuat dalam dokumen ini atau yang akan ditetapkan di kemudian hari.

- Pendaftar harus bersedia untuk mematuhi aturan-aturan dan peraturan-peraturan yang diberlakukan oleh SF untuk pendaftaran beasiswa.

- Penerima Beasiswa harus bersedia untuk tinggal dan bekerja di Indonesia untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun berturut-turut setelah selesai menyelesaikan pendidikan agar dapat menyumbangkan keahlian dan pengetahuan yang telah diperolehnya untuk membangun bangsa.


III. Kondisi Pemberian Beasiswa

Beasiswa penuh yang diberikan mencakup hal-hal sebagai berikut:
(i) Biaya pendaftaran ke universitas dimana pendaftar telah diterima.
(ii) Biaya pendidikan, sesuai dengan yang ditentukan oleh universitas dimana pendaftar telah di terima.
(iii) Uang saku, untuk mendukung biaya hidup selama masa kuliah.
(iv) Tunjangan buku, untuk membeli buku teks yang dibutuhkan selama kuliah.
(v) Tunjangan internet, agar siswa dapat memperoleh akses internet untuk keperluan pendidikan.
(vi) Tunjangan penelitian, untuk mendanai penelitian yang dilakukan pada masa akhir kuliah.

Beasiswa hanya diberikan untuk pendidikan dalam kelas reguler.

Penerima beasiswa tidak boleh bekerja sebagai pegawai tetap selama masa studi.

Beasiswa tidak akan diberikan kepada calon penerima beasiswa yang sedang menerima beasiswa lainnya atau beasiswa akan dihentikan apabila penerima beasiswa SF mendapatkan beasiswa lainnya.

Apabila SF menyediakan sarana tempat tinggal (asrama) untuk penerima beasiswa, maka penerima beasiswa wajib untuk tinggal di sarana tersebut selama masa studi.


Untuk informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi, anda dapat mengunjungi situs :
http://www.sampoernafoundation.org/content/view/218/51/lang,id/













MAGISTER MANAJEMEN PRASETYA MULYA

Prasetya Mulya Business School offers scholarship to outstanding Indonesian future leaders to continue their education in business throught its Magister Manajemen full time degree program.The scholarship awards are open to highly talented and potential leaders with excellent academic qualities but financiallydisadvantaged.Preference is given to candidate who possess the necessary aptitude,personal qualities and Interest in Management.

The scholarship covers tuition fees,books and a living allowance for the maximum tenure of 20 months.Candidates should complete the scholarship and MM application form and return them along with a copies of required document to Prasetiya Mulya .

Information and requirements,terms and conditions,form and instruction can be read and download form Prasetiya Mulya website at www.pmbs.ac.id.

Applicants are suggested to read the General Information on the website thoroughly prior to applying.
Contact Information Marketing & Admissions
Jl.R.A.Kartini (TB Simatupang) Cilandak Barat,
Jakarta 12430 Indonesia.
Phone (021)751-1126 ext.1005 (Rini),1119(LIna)
Fax(021)750-0462
Email: futureleaders@pmbs.ac.id
www.pmbs.ac.id

Prasetiya Mulya Business School Scholarship

Prasetiya Mulya Business School was established in September 1982 with the aim to serve as an excellent center of learning for its partners: business entrepreneurs, professionals, and researchers. In its mission to contribute to the development of business communities in Indonesia, Prasetiya Mulya offers scholarship to outstanding Indonesian future leaders to continue their education in business through its Magister Manajemen full time degree program. The scholarship awards are open to highly talented and potential leaders with excellent academic qualities but financially disadvantaged. Preference is given to candidates who possess the necessary aptitude, personal qualities and interest in management. A maximum of two scholarships are available each year. The scholarship covers tuition fees, books and a living allowance for the maximum tenure of 20 months.




ELIGIBILITY CRITERIA
Indonesian citizen who are able to demonstrate leadership potential and interest in, and commitment to, community and national development.
Hold a Bachelor's degree in any discipline from only legally accredited Indonesian or overseas higher education institutions. A minimum Grade Point Average (GPA) of 3.25 (on a 4.00 scale) is required.
Applicants must be under 30 years of age when lodging the application.
Preferably having a minimum of two years full time professional
work experience after completion of the undergraduate degree when lodging the application.
Pass Prasetiya Mulya admission test and scholarship screening rocess.
Preferably having International or Institutional TOEFL minimum score of 550 (paper based) or 213 (computer based)
Not currently enrolled in a graduate or post-graduate program or school, nor already earned a Master's degree or equivalent.
Not in receipt of other equivalent award or scholarship offering similar or other benefits at the time of the award.
Applicant must prove that they are financially disadvantaged and that without the scholarship he/she will not be able to study for our graduate (MM) program.
Other terms and conditions apply. Please visit www.pmbs.ac.id for further information.

HOW TO APPLY
Candidates should complete the application form and return them along with copies of required documents to Prasetiya Mulya Information on requirements, terms, and conditions, forms and instructions can be read and downloaded from Prasetiya Mulya website at www.pmbs.ac.id.Applicants are suggested to read the General Information on the website thoroughly prior to applying.











BEASISWA PASCASARJANA UGM

Sekolah Pascasarjana UGM memberikan beasiswa untuk S2 di Sekolah Pascasarjana UGM untuk bidang
1. Agama dan Lintas Budaya (CRCS)
2. Administrasi Publik (MAP)
3. Bioteknologi
4. Geo Informasi untuk Manajemen Bencana
5. Hukum Kesehatan
6. Ilmu Lingkungan
7. Kajian Budaya dan Media
8. Kajian Timut Tengah
9. Kependudukan
10. Ketahanan Nasional
11. Kajian Pariwisata
12. Manajemen dan Informasi Perpustakaan
13. Studi Kebijakan
14. Pengelolaan Lingkungan
15. Perdamaian dan Resolusi Konflik
16. Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa
17. Pengkajian Amerika
18. Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan
19. Rekayasa Biomedis

Syarat :
Lulus S1 UGM dari berbagai program studi
IPK minimal 3,253.
Memiliki hasil Toefl dengan skor 4504.
Menyerahkan berkas pendaftaran sebagai calon mahasiswa S2 yang dilengkapipersyaratan yang telah ditentukan
Sekolah PascasarjanaUGMFormulir/Informasi : Dapat diperoleh di sub Bagian Akademik Sekolah Pascasarjana UGM ,atau melalui website Sekolah Pascarjana dihttp://www.pasca.ugm.ac.id

Biaya Pendaftaran : Sebesar Rp. 250.000, dibayar melalui rekening Rektor UGM No.00.392.338.94 pada BNI Cabang UGM.

Tempat pendaftaran : Lantai 1 Gedung Pascasarjana UGM, Jalan Teknika Utara, Pogung,Yogyakarta, 55281.

Contact Person : Marem Warsito (HP. 0818277198)Sekretariat : Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, Jl. Teknika Utara, Pogung,Yogyakarta, 55281Telp. (0274) 544975, Fax: (0274) 564239, 547861

Email: ppsugm@idola.net.id, website: http://www.pasca.ugm.ac.id











BEASISWA BID. KESEHATAN BUNDA MEDIKA HEALTHCARE SYSTEM

RSIA Bunda Jakarta, RSU Margonda Depok.
Bunda International Clinic Jakarta,
Morula IVF Jakarta dan RSU. BMC PAdang
www.bunda.co.id

Membuka kesempatan bagi 4 - 8 orang Dokter Umum untuk bekerja sebagai Dokter Tetap dan diarahkan mengikuti Program Fasilitasi Pendanaan (Kerjasama Bank) untuk mengikuti Pendidikan Spesialis Mandiri (PPDS).

Syarat kepesertaan:

1. Lulus dan berijazah S1 Kedokteran ( Dokter Umum )

2. Telah selesai atau tanpa melaksanakan Wajib Kerja Sarjana ( Dokter PTT ).

3. Usia maksimum tidak lebih dari 35 tahun.

4. Memiliki kepribadian dan attitude yang baik sebagai seorang profesional medik ( dokter ).

5. Bersedia bekerja sebagai dokter umum tetap selama 3 tahun di Rumah Sakit dibawah Lingkungan Bunda Medik Healthcare System, sebagai persiapan tes masuk Program Pendidikan Dokter Spesialis.

6. Bersedia mengikuti penyuluhan dan Tes saringan pertama ( Walk-in Interview ) di RSIA Bunda, Jl. T Cik Ditiro 28 Menteng Jakarta Pusat.

7. Kirimkan CV dan pernyataan bersedia mengikuti penyuluhan, yang dialamatkan kepada RSIA BUNDA JAKARTA, atau e-mail: erisasmito@bunda.co.id , www.bunda.co.id









BEASISWA CIMB NIAGA

Sebagai bagian dari tanggung jawab mndukung Pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, Bank CIMB Niaga dan CIMB Group memberikan kesempatan kepada pelajar Indonesia untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan S1 di Malaysia untuk program studi:
1. Micro Financing
2. Economics & Administration
3. Business & Accountancy
4. Syariah Banking
5. Computer Science & Information Technology

Program beasiswa meliputi:
1. Biaya proses seleksi (Test TOEFL, Test Psychology, dll)
2. Biaya pendaftaran ke universitas
3. Biaya pendidikan
4. Biaya hidup
5. Biaya asuransi kesehatan
6. Biaya buku
7. Personal computer
8. Biaya penelitian untuk akhir tahun
9. Biaya pembuatan passport dan perijinan ke Kedutaan Malaysia serta imigrasi

Bank CIMB Niaga akan mengumumkan nama penerima Beasiswa di website Bank CIMB Niaga paling lambat 31 Juli 2009.

Penentuan Universitas dan Program Studi ditetapkan oleh Bank CIMB Niaga

Syarat penerimaan beasiswa:
Warga Negara Indonesia (WNI)
Harus meiliki hasil Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah minimal 8.00 ke atas
Tidak sedang menerima beasiswa lain

Cara Pendaftaran:

Pelajar yang berminat harus melengkapi forulir pendaftaran dan mengirimkannya bersama copy dokumen yang dipersyaratkan ke : Bank CIMB Niaga Up. Sdri. Aan Haerani, Organization & Strategic Developmnet Froup (ASDG) - HR Development Griya Niaga I Lt. 3 Jl. Wahid Hasyim Blok BIV No. 3 Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang atau ke: cimbniagascholarship@bniaga.co.id

untuk informasi lebih lanjut kunjungi website Bank CIMB Niaga di www.cimbniaga.com









BEASISWA JABABEKA & TANOTO

Beasiswa Mahasiswa S1 dan S2 dari Tanoto
Tanoto Foundation adalah yayasan memiliki kepedulian pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan pengembangan sektor pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Tanoto Foundation adalah organisasi nirlaba yang didanai secara pribadi oleh Sukanto Tanoto dan keluarganya, berdiri sejak tahun 80-an dan bergerak pada bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah bagi keluarga karyawannya di berbagai daerah Sumatera Indonesia. Pada tahun ini Tanoto Foundation kembali mengajak mahasiswa berprestasi untuk jenjang s1 dan s2 untuk meraih beasiswa Tanoto Foundation .

Beasiswa Tanoto Foundation ini diberikan bagi 300 mahasiswa S1 dan S2 dari berbagai disiplin ilmu yang berasal dari peruguran tinggi yang menjadi mitra Tanoto Foundation. Perguruan tinggi tersebut antara lain:

1 Institut Pertanian Bogor (IPB)
2 Institut Teknologi Bandung (ITB)
3 Universitas Indonesia (UI)
4 Universitas Gadjah Mada (UGM)
5 Universitas Sumatera Utara (USU)
6 Universitas Riau

PERSYARATAN :

A. PROGRAM SARJANA STRATA SATU ( S 1 )

-Warga Negara Indonesia
-Telah terdaftar sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi mitra Tanoto Foundation
-Usia maksimum 21 tahun.
-Minimum IPK = 3,00 ( skala 4,00 )
-Bagi mereka yang baru duduk di tahun pertama Perguruan Tinggi, minimum nilai rata – rata raport kelas 3 SMU = 8,0 ( skala 10 )
-Membutuhkan dukungan financial
-Berjiwa kepemimpinan dan memiliki kepedulian serta komitmen untuk ikut memajukan bangsa Indonesia.
-Melengkapi formulir pendaftaran yang diperoleh melalui website Tanoto Foundation
-Bagi yang lulus seleksi Beasiswa Tanoto Foundation tidak diperbolehkan menerima Beasiswa dari institusi lain.

B. PROGRAM SARJANA STRATA DUA ( S 2 )

-Warga Negara Indonesia
-Telah terdaftar sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi mitra Tanoto Foundation
-Usia maksimum 40 tahun
-Memiliki pengalaman kerja minimum selama 2 tahun, setelah menyelesaikan program S1
-Minimum IPK = 3,25 ( skala 4,00 )
-Berjiwa kepemimpinan dan memiliki kepedulian serta komitmen untuk ikut memajukan bangsa Indonesia.
-Melengkapi formulir pendaftaran yang diperoleh melalui website Tanoto Foundation atau melalui link dibawah ini.

Bagi yang lulus seleksi Beasiswa Tanoto Foundation tidak diperbolehkan menerima Beasiswa dari institusi lain.
Formulir pendaftaran: Dikirim Langsung Ke:
TONOTO FOUNDATION
PO BOX 2117 JKP 10021
Dengan mencantumkan Tulisan ” Beasiswa” pada bagian kiri atas amplop.
Informasi lebih lanjut: info@tanoto-foundation.or.id

Hanya aplikasi yang memenuhi persyaratan akan diproses lebih lanjut. Keputusan bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat










BEASISWA JABABEKA

Apabila putra-putri anda pandai dan memerlukan bantuan pembiayaan, dapatkan beasiswa dari Kawasan Industri di Kota Jababeka yang dihuni 1350 perusahaan multinational dari 27 negara.

President University didirikan di Kota Jababeka untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil yang harus mampu berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya untuk menghadapi persaingan global. Suasana international tercipta dengan adanya 30% mahasiswa yang berasal dari luar negeri demikian juga para dosennya.


Tersedia 12 jurusan yang terdiri dari:

Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Komputer dan Fakultas Komunikasi.

Para mahasiswa diharuskan tinggal diasrama dan magang selama 2 semester di Jababeka maupun Jakarta. Hal
tersebut untuk memastikan bahwa setelah lulus mereka akan mendapat pekerjaan yang baik yang sesuai dengan bidangnya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat berikut:

Komite Beasiswa Jababeka
Menara Batavia Lt. 25
Jl. KH Mas Mansyur Kav. 126, Jakarta 10220
Tel: 021- 572 7337
Fax: 021-572 7338
E-Mail: beasiswa@jababeka.com
Website: www.jababeka.com











Tidak ada komentar: