Sabtu, 24 November 2012

beasiswa Pendidikan 04



BEASISWA TAHFIDZ AL QUR’AN

1. MA’HAD EL TAHFIDZ

Ini merupakan pendidikan tahfidzul Qur’an gratis selama 2 tahun dengan gelar Sarjana Al Quran (SQ)
Failitas gratis :
1. Biaya pendidikan
2. Biaya pemondokan
3. Biaya konsumsi
4. Biaya program tambahan
5. Uang semester
Kantor :
Jl. Gardu 61 A
Balekambang
Condet- batu ampar 1 no 35
kramat jati, jakarta timur
Telp. 021 - 809 4783
Kampus :
Kampong Kubang dua
Desa jatisari Rt 11
Pertigaan trenggilis
Cileungsi- Bogor
Jawa Barat
Telp. 021- 9183 2797








BEASISWA MA’HAD EL WAAFA FOUNDATION

Al Wafa’ Islamic Foundation
Program Bahasa Arab dan Ilmu-Ilmu Syariah

Saat ini Jami’ah El Wafa’ memiliki empat ma’had :
• Pesantren yatim Al wafa’
• Ma’had badr al islami
• Ma’had putrid al wafa’
• Mahad uhud al islami

Fasilitas Serba gratis :
• Riang belajar
• Asrama nyaman
• Masjid yang luas dan nyaman
• Buku panduan
• Perpustakaan
• Makan 3x sehari

Kurikulum :
• Bahasa arab
• Nahwu
• Shorof
• Kitabah
• Ta’bir
• Tamrin
• Tauhi
• Aqidah
• Hadist dan ushul hadist
• Tafsir dan ushul tafsir
• Fiqh dan ushul fiqh
• Hafal qur’an 10 juz
• Tsaqofah islamiyah

Pendaftaran :
• Mengisi formulir pendaftaran
• Pas foto 3x4 ( 3 lembar)
• Foto kopi ijazah sma 2 lembar
• Membawa ijazah asli
• Surat rekomendasi dari yayasan, tokoh atau lembaga setempat
• Surat ijin wali
• Keterangan sehat dari dokter
• Kelakuan baik dari kepolisian

Info lanjut :

Al Wafa’ Islamic Foundation
Jl. Gadog tengah rt/rw 004
Ds. Sukajadi
Kec. Taman sari-ciapus
Bogor
0251-7161966










S1 STAI ALHIDAYAH BOGOR

STAI AL Hidayah membuka Program Beasiswa Al Hidayah (PBA) S1 untuk fakultas ushuluddin ( SThI) jurusan tafsir hadist.
Program dibuka tiap tahun
Persyaratan :
• Lulusan SMA/SMU/MA semua jurusan
• Nilai UN dan raport minimal 7,00
• Legalisir raport kelas 1-3 masing-masing 1 lembar
• Legalisir ijazah dan aslinya 3 lembar
• Foto 2x3, 4x6 dan 3x4 masing-masing 3 lembar

Manfaat program :
• Memadukan kurikulum pondok pesantren dan sekolah tinggi
• Hafal Al Qur’an minimal 8 juz
• Bisa berbahasa arab
• Minimal hafal 40 hadist dalam setahun
• Melanjutkan beasiswa study di UNIVERSITAS ANDALUSIA YAMAN untuk 10 orang tiap tahun

Fasilitas :
• Bebas biaya makan, asrama, kuliah dan semua fasilitas ( gratis…tis)
• Masjid
• Perpustakaan yang memadahi dengan kitab-kitab dari timur tengah
• Lapangan olah raga

Keterangan lanjut hubungi :

Kampus STAI AL hidayah
Jl. Kapten yusuf Bogor
Po.Box Ciomas 16610 Bogor
• Bpk. Syarifuddin, SPd.I ( 085959597666)
• Bpk. Aceng Zakariya, STh.I ( 085280910332)











S1 PENDIDIKAN ISLAM MA’HAD ‘ALY AN-NU’AIMY


Visi Ma’had

Menjadi Percontohan (the best typical and prototype) dalam melaksanakan program pengajaran dan pembinaan bagi lembaga penidikan lain yang serupa di Indonesia.

Misi Ma’had

Menyiapkan ulama dan da’I yang gogoh beramal, cerdas serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi, sebagai kontribusi aktif dalam meningkatkan kecerdasan ruhiyah dan peradaban bangsa.

Muqaddimah

Bertolak dari risalah Ma’had untuk mencetak para ulama yang mampu mengidentifikasi problematika umat, mempersiapkan kader dakwah yang gigih beramal dan memiliki perhatian penuhterhadap upaya perbaikan ummat, dan minimnya kader yang memiliki kafasitas syar’I khususnya di propinsi dan daerah terpencil, juga untuk memenuhi kebutuhan negeri ini dalam dalam mendidik bangsanya menuju kehidupan islami dengan cara mencetak pribadi-pribadi muslim yang kaffah.

Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy (dengan segala keunggulannya) didirikan untuk mengemban risalah agung ini, yang dinilai representatif untuk mengajarkan islam kepada bangsa ini dengan pemahaman yang benar dan universal, sehingga mereka mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Masa Pendidikan

Perkuliahan di Ma’had An-Nu’aimy ditempuh selama 3 tahun (2 tahun kuliah reguler & 1 tahun masa pengabdian). Mahasiswa yang telah lulus akan mendapatkan sertifikat/ijazah S1.

Keunggulan Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy

Letak kampus strategis, nyaman dan mudah dijangkau dengan transfortasi umum.
Sarana gedung 3 lantaim milik sendiri.
Aktifitas tarbawiyah dan tsaqafiyah yang beraneka ragam.
Bahasa Arab sebagai pengantar kuliah sekaligus menjadi bahasa percakapan sehari-hari.
Bebas biaya kuliah, asrama dan makan.
Diaasuh oleh para dosen lulusan universitas dalam dan luar negeri.



Sarana Pendidikan

Ruang kuliah, yang tertata rapi dan sangat representatif untuk kegiatan perkuliahan.
Ruang perpustakaan, yang dilengkapi dengan ribuan buku bacaan dan referensi berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia. Juga dilengkapi dengan kaset/VCD film dokumenter.
Asrama mahasiswa (gratis) kapasitas 140 orang dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman.
Masjid di lingkungan kampus.
Lab. Komputer dan internet (21 unit) sebagai tempat kursus program komputer (aplication program) dan browsing internet.

Dosen dan Staff Pengajar

Dr. Moh. Idris Abdusshamad MA. Univ. Al-Imam Ibnu Su’ud Riyadh
Dr. Atabik Luthfi MA. Univ. Kebangsaan Malaysia
Dr. Taufik Qulazhar MA. Univ. Ummu Darman Sudan
Syeikh Hasan Basyir Univ. Ummu Darman Sudan
Bakrun Syafi’I MA. Univ. Al-Imam Ibnu Su’ud Riyadh
Zakaria Sirajuddin Al-Azhar University Cairo Egypt
Nabil Mahmoud shobri MA. Daar Al-Ulum Cairo Univ.
Ali Fikri noor MA. Intern. Islamic Univ. Pakistan
Kalam Setia MA. Ma’had Khartoum intern. Sudan
Syaerozy hasan MA. UIN Syahid Jakarta
Imam Sujoko MA. Intern. Islamic Univ. Malaysia
Shofwan Abbas MA. Al-Neelain Univ. Sudan
Zufar Bawazir Lc. LIPIA Jakarta
Amir Hamzah Lc. LIPIA Jakarta
tang Rusmana Lc. LIPIA Jakarta
Abdul Hakim SS. Universitas Indonesia
Sudaryono SPd. Univ. Muhamadiyah Purwokerto

Aktifitas Kemahasiswaan

Penddidikan & Pembinaan
Kuliah Reguler
Tahfidz Qur`an dan Tafsir tematik
Kajian Hadits Nabawiyah (Riyadhussholihin)
Latihan Ceramah dan Kultum
Talkshow pendidikan dan diskusi ilmiah
Mukhayyam (camping) & wisata Tarbawi
Puasa sunnah senin dan kamis
Seminar dan pelatihan
Bedah buku

Olah raga dan Kesehatan
Olah raga bersama : lari pagi, tenis meja, sepak bola bulu tangkis, bola voly dan senam.
Latihan bela diri (taekwondo dan Taifan)
Pekan olah raga
Pelatihan P3K

Seni & Kretifitas
Majalah dinding dan Buletin
Kaligrafi dan dekorasi
Pentas seni : drama, puisi, pidato b. Arab, Inggris dan Indonesia, parade Nasyid.

Stadium General dan Training

Stadium general
Stadium General 2006 Bersama Menpora RI Bapak Adhyaksa Dault
Stadium General 2007 Bersama Dr. Surahman Hidayat MA. (Ketua Syariah Consulting)
Stadium General 2008 Bersama Ir. Nurmahmudi Ismail (Walikota Depok)

Ceramah agama oleh tokoh/ulama nasional dan internasional :
Syeikh Shiyam Imam Masjil Al-Aqsha
Syeikh. Abdullah Al-Qadiri
Dr. Nawwaf Takruri Ketua ulama Palestina Suriah
Prof. Dr. Ahmad Satori Ketua Ikadi Pusat
Anggota Parlemen Qatar dan Kuwait

Manajemen Mesjid, dauroh imam dan Khatib, Pelatihan mengurus jenazah, Training manajemen, Pelatihan guru bahasa arab, Pelatihan program komputer.

Kegiatan sosial dan keagamaan
Imam shalat Tarawih
Ceramah Ramadhan (sebelum Ifthar dan Tarawih)
Ta’lim Al-Qur`an dan kajian fiqih ibadah (dewasa)
Taman Pengajian Al-Qur`an (anak-anak)
Mentoring siswa-siswa SMP,SMK & SMA
Kursus Bahasa arab untuk umum.
Operasi Bersih : Mesjid dan jalan umum sekitar ma’had.

Prestasi Mahasiswa

Juara I MHQ 20 juz propinsi NAD
Juara umum lomba baca kitab kuning (Fathul Bari, Fathul Muin, Syarh Alfiah ibnu Malik, Ihya Ulumiddin, dan tafsir Ibnu Katsir) antar ma’had tingkat propinsi DKI Jakarta.

Program Kuliah Sore

Melihat respon masyarakat yang sangat besar untuk kuliah di Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy, sementara daya tampung asrama terbatas, maka mulai tahun akademik 2007-2008 dibuka program kuliah sore dengan masa kuliah 3 tahun (6 semester dengan 3 hari kuliah/minggu). Kurikulum program ini sama dengan kurikulum program kuliah reguler pagi hari, hanya saja menggunakan pengantar bahasa Indonesia. Mahasiswa program ini tidak diasramakan dan dikenakan biaya.

Program pengabdian Mahasiswa

Mahasiswa Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy diwajibkan mengikuti program pengabdian selama 1 tahun. Program ini merupakan realisasi dari misi ma’had untuk menyiapkan ulama dan da’I yang gigih beramal, cerdas serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi, sebagai kontribusi langsung dari perjuangan dakwah.

Program ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kafaah mahasiswa dalam mengemban risalah Islam, sekaligus menjadi media untuk menerapkan teori fiqih dakwah dengan benar dalam realita kehidupan bermasyarakat. Teknis penyebarannya bekerjasama dengan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) dan Majelis Pesantren Dakwah Indonesia (MAPADI)

Syarat Masuk Kuliah

Tamat dan memiliki ijazah SLTA/sederajat
Usia maksimal 23 tahun dan belum menikah.
Sehat jasmani rohani, tidak mengidap penyakit menular.
Berakhlak mulia dan tidak terlibat tindak kasus pidana.
Mampu membaca, memulis dan berbicara bahasa Arab dengan baik.
Berkonentrasi penuh untuk belajar dan siap menetap di asrama.
Lulus tes seleksi masuk (Tes Tulis dan wawancara)

Berkas Persyaratan
Photo copy ijazah SLTA/sederajat yang telah dilegalisir dengan menunjukan aslinya.
Photo copy transkip nilai ijazah/raport akhir.
Surat keterangan berbadan sehat dari dokter (asli)
Surat keterangan berkelakuan baik (SKKB/SKCK) dari kepolisia asli dan masih berlaku)
Photo copy KTP yang masih berlaku
Pas Photo ukuran 2×3,3×4,4×6 masing-masing 4 lembar.
Surat Rekomendasi dari yayasan, lembaga pendidikan atau individu/tokoh yang dikenal oleh Ma’had.
Photo copy surat keterangan lahir (akta).


keterangan lanjutnya :
Mencetak Da’i Cerdas dan Profesional
MA’HAD AN NUAIMY
Jl. Seha II No. 01, grogol selatan, kebayoran lama Jakarta Selatan 12220. telp/fax : 021-7251334
E-mail : mahad_nuamy@yahoo.com









BEASISWA JERMAN DAAD PASCA SARJANA


German Academic Exchange Service (DAAD) menawarkan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jerman untuk para tenaga pengajar perguruan tinggi, peneliti, dan profesional dengan pengalaman kerja minimal dua tahun.


Download formulir pendaftaran di situs http://jakarta.daad.de/ dan isi lengkap beserta dokumen yang diperlukan (foto, nomor kontak, CV, dan bukti nilai) kirim ke:

DAAD Jakarta Office
Jl. Jend. Sudirman, Kav. 61-62
Summitmas I, 19th Floor,
Jakarta 12190
Tel.: +62 (21) 520 08 70, 525 28 07
Fax: +62 (21) 525 28 22
Email: info@daadjkt.org
Consulting hours:
Monday - Thursday (13:30 - 16:00)










BEASISWA PENELITIAN DARI INDOFOOD


PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (Indofood) kembali mengundang para akademisi bersama bergandeng tangan untuk mengambil langkah konkret mencari solusi yang mengancam bangsa kita saat ini, yaitu krisis pangan. Salah satu langkah strategis adalah mencermati masalah ini secara obyektif dan ilmiah melalui riset-riset yang berbobot dalam program Indofood Riset Nugraha (IRN). Indofood Riset Nugraha (IRN) adalah Program Bantuan Dana Riset bagi kalangan akademisi/perguruan tinggi dan atau para peneliti baik dari kalangan perguruan tinggi maupun non-perguruan tinggi.

Indofood Riset Nugraha (IRN) merupakan kelanjutan dari program Bogasari Nugraha yang telah berlangsung sejak tahun 1998. Melalui Indofood Riset Nugraha, Indofood memberikan bantuan dana penelitian kepada kalangan akademisi baik mahasiswa maupun dosen berbagai strata dari perguruan tinggi negeri & swasta di seluruh Indonesia.

Tujuan Indofood Riset Nugraha:
• Meningkatkan antusiasme riset di kalagan akademisi/peguruan tinggi di Indonesia , khususnya di seputar bidang pangan
• Menunjang peluang dan upaya penerapan hasil riset akademis di sektor industri
• Ikut berkontribusi dalam upaya peningkatan daya saing industri pangan nasional
• Ikut berpartisipasi dalam pembangunan ketahanan pangan nasional

Tahun 2008 Indofood Riset Nugraha kembali meluncurkan Program Bantuan Dana Penelitian dengan tema “PENGANEKARAGAMAN PANGAN BERBASIS SEPULUH KOMODITI UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN DAN PERBAIKAN GIZI”

Fokus penelitian Indofood Riset Nugraha tahun cukup menantang peserta program karena terarah pada 10(sepuluh) komoditi pangan sesuai tema kegiatan, yaitu:
1. Gandum / Terigu (Triticum sp.)
2. Jagung (Zea mays)
3. Pisang (Musa sp.)
4. Singkong (Manihot sp.)
5. Ubi Jalar (Ipomoea sp.)
6. Kelapa Sawit (Elaeis sp.)
7. Sagu (Metroxylon sp.)
8. Garut (Marantha sp.)
9. Kentang (Solanum sp.)
10. Kedelai (Glycine spp.)

Sedangkan cakupan bidang penelitian yang disediakan bagi peserta program, terdiri atas 4(empat) bidang cakupan dengan pelbagai pilihan topik penelitian, masing-masing :

1. Bidang Teknologi & Produksi
Topik Pilihan :
a. Pengembangan mesin-mesin produksi pangan berbasis 10 komoditi untuk industri kecil dan menengah
b. Pengembangan teknologi dan produksi pangan berbasis 10 komoditi
c. Pengembangan alat dan mesin pertanian untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi
d. Pengembangan budidaya dan teknologi pasca panen berbasis 10 komoditi.

2. Bidang Kesehatan & Gizi Masyarakat
Topik Pilihan :
a. Pengembangan alternatif pengawet, pewarna dan penguat rasa yang aman dari komoditas lokal.
b. Fortisifikasi Pangan.
c. Pengembangan produk kaya protein.

3. Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya
Topik Pilihan :
a. Pola distribusi dan pemasaran pangan berbasis 10 komoditi.
b. Kelembagaan formal dan non formal penganekaragaman pangan.
c. Penanganan limbah industri pangan
d. Pemanfaatan produk samping industri pangan.

4. Bidang Penelitian Lain
Topik pilihan :
a. Pemuliaan gandum hasil penelitian sebelumnya di Indonesia agar memenuhi standar kualitas untuk produksi roti dan mie
b. Pengembangan teknologi modifikasi pati dari sepuluh sumber komoditi untuk memperbaiki kualitas mie dan bihun.
c. Karakteristik nilai gizi dan daya cerna dari sepuluh komoditi
d. Pengembangan teknik analisis tocotrienol dalam kelapa sawit dan pengaruh proses pemurnian minyak terhadap kandungan tocotrienol tersebut
e. Pengaruh pemanfaatan berbagai jenis gula untuk pembuatan kecap

Program IRN 2008 terbuka bagi:
• Mahasiswa perorangan dari berbagai strata dalam rangka tugas akhir studi
• Kelompok Mahasiswa dari berbagai strata (3-5 orang dengan Dosen Pembimbing)
• Dosen & Peneliti perorang atau kelompok (3-5 orang)

Persyaratan:
• Jangka waktu penelitian maksimum 1 (satu) tahun.
• Penelitian dilakukan di dalam wilayah Republik Indonesia .
• Bagi mahasiswa perorangan, penelitian dilakukan dalam rangka menyelesaikan tugas akhir (skripsi/tesis/disertasi).
• Untuk kategori Kelompok Mahasiswa, mereka harus bernaung di bawah institusi kemahasiswaan/Jurusan/Pusat Penelitian.
• Untuk kategori Dosen dan Peneliti, kepersertaannya harus didukung dengan surat keterangan dari departemen/ fakultas atau lembaga penelitian yang menaunginya.
• Harus menyertakan riwayat hidup lengkap Peneliti dan anggotanya (bagi kelompok) serta mencantumkan NPM/NIM/NIP, alamat lengkap (termasuk telp, HP, faksimili dan email).
• Peserta mahasiswa perorangan dan kelompok mahasiswa harus juga menyertakan transkrip nilai terakhir, serta riwayat hidup dan data diri dosen pembimbingnya.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran kepesertaan pada Indofood Riset Nugraha dan pengajuan Proposal Penelitian baik secara perorangan maupun kelompok dilakukan secara online di www.indofood.co.id










BEASISWA ITB

Program “ITB Untuk Semua” adalah suatu skema penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung yang secara khusus menyediakan bangku kuliah bagi para lulusan sekolah menengah umum dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi (penghasilan kedua orang tua di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat). Uang pendidikan, ongkos tempat tinggal, dan biaya hidup selama menempuh kuliah di Bandung akan didanai beasiswa “ITB Untuk Semua”(alokasi dana Rp100 juta per anak untuk lima tahun).
Dana akan diperoleh dari alumni ITB, baik perseorangan atau berkelompok (alumni yg sudah bersedia menjadi orang tua asuh adalah Ir Benny Subianto, Ir Martiono Hadianto, Ir Betty Alisjahbana, Ir. Karen Agustiawan, dll. Sekitar 100 bangku kuliah disediakan secara khusus bagi para lulusan SMU angkatan 2009 dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

Para calon penerima beasiswa akan mengikuti Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi ITB (PMBP) jalur beasiswa penuh. Sebelum kuliah, para calon yang diterima akan mengikuti masa persiapan untuk membantu penyesuaian diri dengan suasana kuliah serta kehidupan di Bandung. Selama kuliah, para mahasiswa program “ITB Untuk Semua” akan mendapat pembimbing khusus untuk membantu menyelesaikan kendala studi dan mengatasi persoalan personal yang mungkin muncul selama menempuh kuliah di ITB.

Para mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti ceramah-ceramah inspirasional, studi banding ke lokasi-lokasi penerapan teknologi tepat guna, dsb. Para lulusan program “ITB Untuk Semua” diharapkan kelak akan menjadi agen perubahan di daerah asal mereka.

Persyaratan
Para calon penerima beasiswa “ITB Untuk Semua” harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
o Calon lulusan sekolah menengah umum pada tahun ajaran 2009 (bidang studi IPA untuk fakultas Sains dan Teknik).
o Berasal dari keluarga yang tak mampu secara ekonomi (penghasilan kedua orangtua di bawah Upah Minimum Regional setempat)
o Memiliki prestasi akademik yang sangat baik.
o Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah (lebih diutamakan yang memiliki bakat memimpin)
o Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
o Bersedia mengikuti ujian penerimaan yang dilakukan ITB

Bidang Studi yang Dapat Dipilih
Fakultas/Sekolah yang dipilih oleh calon penerima beasiswa adalah sbb:
o Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD),
o Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL),
o Fakultas Teknologi Industri (FTI),
o Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),
o Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD),
o Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM),
o Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI),
o Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK),
o Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB),
o Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH),
o Sekolah Farmasi (SF),

•Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Cara Mendaftar
Kirimkan berkas formulir pendaftaran (pada halaman terakhir leaflet ini, boleh di-fotocopy) dengan dilengkapi dokumen sbb:
o Fotocopy halaman depan rapor SMU dan halaman-halaman nilai (dari semester I hingga V) yang telah dilegalisir pihak sekolah
o Surat keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu dengan ditandatangani Ketua RT/RW (Yang dimaksud keluarga yang secara ekonomi tak mampu adalah penghasilan kedua orangtua per bulannya di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Kami akan> melakukan survey lapangan secara random untuk mengetahui kondisi keluarga calon mahasiswa)
o Surat dukungan/referensi dari kepala sekolah
o Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti program “ITB Untuk Semua”
o Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [Misalnya, menceritakan pekerjaan orang tua, kegiatan pendaftar di luar sekolah, kondisi masing-masing anggota keluarga, dsb.

Berkas pendaftaran lengkap dimasukkan amplop coklat berukuran besar dan dikirim ke:
Panitia Penerimaan Beasiswa “ITB Untuk Semua”
Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB
Gd. CCAR ITB Lt.4
Jl. Tamansari 64 Bandung

Panitia seleksi tahap awal program “ITB Untuk Semua” akan melakukan penilaian berdasarkan berkas yang masuk. Penilaian meliputi:
o Kemampuan akademik
o Motivasi (dilihat dari tulisan mengapa pendaftar ingin mengikuti program “ITB Untuk Semua”)
o Kondisi keluarga (dilihat dari tulisan kondisi keluarga pendaftar)
o Pengujian kebenaran data yang diberikan kepada pihak sekolah

Dari hasil penilaian tersebut, panitia tahap awal akan memanggil (melalui surat) calon-calon potensial untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) jalur PMBP terpusat dan wawancara di kampus ITB di Bandung. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama ujian akan disediakan oleh ITB.









BEASISWA YAYASAN SDM IPTEK

Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM Iptek) bertujuan mewujudkan sumberdaya manusia Indonesia yang unggul, memiliki kualitas iman dan takwa yang tinggi, sekaligus mampu menguasai, mengembangkan dan mengendalikan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mencapai tujuan tersebut di atas, Yayasan SDM Iptek melakukan kegiatan yaitu:
1. Memberikan beasiswa untuk pendidikan Pasca Sarjana S-3 di Dalam Negeri.
2. Memberikan penghargaan dan hadiah yang disebut sebagai Penghargaan Habibie (Habibie Award) kepada perorangan atau Badan yang telah berjasa dalam melakukan karya terobosan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
3. Mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan teknologi.

Dalam rangka mendorong dan menggerakkan percepatan upaya pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, disampaikan bahwa Yayasan SDM-IPTEK memberi kesempatan kepada putra-putri Indonesia yang memenuhi syarat untuk memperoleh beasiswa pendidikan S-3 di dalam negeri.

Bidang-bidang keilmuan yang dapat memperoleh beasiswa adalah:
1. Ilmu Dasar
2. Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi
3. Ilmu Rekayasa
4. Ilmu Sosial, Ekonomi, Politik dan Hukum
5. Ilmu Filsafat, Agama dan Kebudayaan
(SDM Iptek meluluskan satu orang mewakili satu bidang ilmu)

Berikut ketentuan beasiswa:
1. Program pemberian beasiswa S-3 di dalam negeri dilaksanakan oleh Yayasan SDM Iptek setiap tahun pada tanggal 12 Mei dan 10 November.
2. Penerima beasiswa dipilih oleh panitia seleksi.
3. Syarat penerima beasiswa S-3 antara lain:
- Umur tidak lebih 35 tahun
- Belum mendapat beasiswa dari lembaga/instansi lain disertai surat keterangan dari Pascasarjana dan Dikti
- Dapat atau telah diterima dalam program S-3 pada universitas di dalam negeri
- Selama S-2 memperoleh predikat cumlaude atau lima persen terbaik untuk setiap angkatan dalam jurusan di perguruan tinggi yang bersangkutan
- Dinilai berprestasi dan menghasilkan karya ilmiah yang berguna bagi kemajuan Iptek, yang bermanfaat bagi masyarakat
- Mendapat rekomendasi dari tokoh-tokoh Iptek yang dikenal luas reputasinya dibidang yang bersangkutan (minimal 2 rekomendasi)
5. Pengajuan lamaran beasiswa S-3 dilakukan dengan mengisi Formulir Pendaftarandan disertai dokumen persyaratan yang telah ditetapkan dalam formulir tersebut (masing-masing rangkap 3). Formulir dapat di download di websitehttp://www.habibiecenter.or.id atau fotokopi di Bagian Kerjasama Unpad
6. Pengiriman lamaran beasiswa S-3 melalui pos atau diantar langsung ke:

Sekretariat Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Gedung The Habibie Center
Jl. Kemang Selatan No.98 Jakarta Selatan 12560
Telp. 021-7817211, Fax. 021-7817212










BEASISWA DIKTI


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
Jalan Raya Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan, Tromol Pos 190 Jakarta 10270
Telp. (021) 57946100 (HUNTING) Telp./Fax. : (021) 57946052, 57946053

Dalam rangka peningkatan mutu dosen, Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi membuka pendaftaran beasiswa S2 dan S3 luar negeri, bagi dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap PTS di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Beasiswa untuk program S2 selama 2 tahun, dan program S3 selama 3 tahun.
Bagi peserta yang belum mulai studi, pendaftaran dilakukan secara kolektif melalui perguruan tinggi tempat bekerja.
Setiap pelamar melengkapi :

• Form A dari Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi yang telah diisi.
• Letter of Acceptance dari perguruan tinggi yang terakreditasi;
• Fotocopy ijasah S1 bagi pelamar jenjang S2 dan S2 bagi pelamar jenjang S3;
• Bukti kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS), Jerman, Perancis, Jepang atau bahasa lain, sesuai tempat studi (tidak lebih dari dua tahun terakhir);
• Khusus untuk pelamar S3 melampirkan rencana riset yang telah disetujui calon pembimbing di luar negeri;
• Surat pengantar dari pimpinan perguruan tinggi
• Bagi mereka yang sedang studi di luar negeri, pendaftaran dilakukan melalui perguruan tinggi tempat bekerja (diberi pengantar oleh pimpinan perguruan tinggi, baik secara individual atau kolektif), dengan kelengkapan :

1. Seperti butir 1, 3 dan 4 tersebut di atas;
2. Laporan kemajuan studi yang diketahui/disahkan oleh pembimbing
3. Rencana penyelesaian studi.


INFORMASI :

Direktur Ketenagaan
Gedung D Lantai 5 Komplek Depdiknas
Jalan Jenderal Soedirman Pintu I - Senayan, Jakarta 10270
Telp./Faks : (021) 57946052/53







BEASISWA BOGOR EDUCARE
PERSYARATAN PENDAFTARAN
Persyaratan Umum
• Pria atau Wanita Beragama Islam
• Belum Menikah
• Berasal dari Keluarga Tidak Mampu
• Lulusan SLTA/sederajat atau Paket C
• Usia Maksimal 22 Tahun pada saat mendaftar
Persyaratan Administrasi
• Mengisi Formulir Pendaftaran
• Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa atau Keluarahan
• Foto Copy Ijasah Terakhir yang Dilegalisir atau Surat Tanda Kelulusan + Daftar Nilai
• Foto Copy Raport Kelas 3 SLTA/sederajat atau Paket C
• Foto Copy Kartu Identitas (KTP)
• Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
• Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
• Surat Ijin Orang Tua
• Pas Foto Berwarna 2×3 (2 lbr) dan 3×4 (2 lbr)
• Seluruh berkas pendaftaran dimasukkan ke dalam amplop besar
TEMPAT PENDAFTARAN
Kampus BogorEduCARE
Jl. Cikiray RT 03/06 Desa Sukaraja, Kab Bogor Telp 0251 271607 Fax 0251 271608
cp Yuli Ekawati, Ita Rosita (Senin-Jumat Jam 08.00-16.00 (Istirahat 11.30-12.30)










BEASISWA PROGRAM PASCASARJANA DEPARTEMEN AGAMA
Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Madrasah telah bertekad untuk melakukan segala upaya agar madrasah secara bertahap mampu memenuhi harapan masyarakat dan mengurangi kesenjangan antara mutu pendidikan madrasah dengan sekolah umum. Salah satu upaya yang ingin segera dilakukan adalah dengan meningkatkan kompetensi guru di bidang substansi materi yang diajarkan. Pada tahun anggaran 2006, Direktorat Pendidikan Madrasah memberikan beasiswa penuh untuk program S-2 kepada guru dan pegawai di berbagai bidang studi yang penyelenggaraannya melalui kerja sama dengan 15 (lima belas) perguruan tinggi negeri utama di Indonesia. Sedangkan pada tahun anggaran 2007 ini, program yang sama masih dilaksanakan, bahkan mengalami berbagai peningkatan yang cukup signifikan, baik jumlah penerima beasiswa, bidang studi maupun perguruan tinggi sebagai mitra program ini.
B. Maksud dan Tujuan
 Maksud
h
Pemberian beasiswa ini dimaksudkan untuk membantu peningkatan kualitas sumberdaya guru, tenaga kependidikan, pengawas dan karyawan di lingkungan Departemen Agama dalam rangka pengembangan mutu madrasah, baik dari out put yang dihasilkan maupun penguatan manajemen kelembagaan.
 Tujuan
h
1. Meningkatkan profesionalitas dan kompetensi guru bidang studi;
2. Mengurangi angka mismatch dan un-qualified guru madrasah;
3. Meningkatkan rasa percaya diri dan kapabilitas guru sebagai pendidik;
4. Meningkatkan pelayanan pendidikan yang terbaik dan bermutu bagi peserta didik dan masyarakat luas;
5. Meningkatkan kesejahteraan guru dalam rangka pengembangan peran sosial guru pada masyarakat global.
C. Sasaran
Guru bidang studi matematika, kimia, fisika, biologi, bahasa Indonesia, bahasa Arab dan Bahasa Inggris pada MTs dan MA negeri maupun swasta, PNS maupun non-PNS.
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs, SMP, MA, dan SMA negeri maupun swasta, PNS maupun non-PNS.
Karyawan di lingkungan Direktorat Pendidikan Madrasah dan Bidang Mapenda di daerah diutamakan untuk program studi kurikulum, evaluasi, dan manajemen pendidikan.
D. Persyaratan
 Umum
h
1. Mengisi formulir pendaftaran (lihat lampiran 2);
2. Berusia maksimal 45 tahun pada saat pendaftaran;
3. Menyerahkan fotocopy ijazah terakhir dan dilegalisir oleh pihak yang berwenang sebanyak 2 lembar;
4. Melampirkan fotocopy transkrip nilai (IPK) minimal 2,75 dan dilegalisir oleh pihak yang berwenang;
5. Melampirkan pas photo berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar;
6. Melampirkan fotocopy KTP sebanyak 1 lembar;
7. Melampirkan Surat Keputusan (SK) Mengajar dari Kepala Madrasah / Yayasan / Kandepag / Kanwil;
8. Melampirkan Surat Persetujuan dari Kepala Madrasah / Yayasan / Kandepag / Kanwil (lihat lampiran 3);
9. Sanggup menyelesaikan studi maksimal 2 tahun, dibuktikan dengan surat pernyataan di atas materai Rp. 6.000,-. (diminta setelah dinyatakan lulus oleh Perguruan Tinggi yang relevan).
 Khusus
h
1. Sedang mengajar di madrasah minimal 5 tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala madrasah yang bersangkutan;
2. Program studi yang dipilih sesuai dengan bidang studi yang diajarkan dan ijazah S1 yang dimiliki, kecuali untuk evaluasi, kurikulum, dan manajemen pendidikan;
3. Khusus program studi evaluasi, kurikulum, dan manajemen pendidikan, harus mendapat persetujuan Kepala Bidang Mapenda Kanwil Depag Provinsi;
4. Selama melaksanakan studi, yang bersangkutan dibebastugaskan dari mengajar atau tugas lainnya.;
5. Peserta program ini tidak untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS);
6. Dianjurkan bagi yang sedang menyusui atau hamil untuk menunda keikutsertaannya dalam program beasiswa ini.
E. Waktu dan Tempat Pendaftaran
1. Waktu pendaftaran dilaksanakan setiap hari jam kerja (disesuaikan dengan waktu setiap lokasi).
2. Tempat pendaftaran pada Bidang Mapenda Islam Kantor Wilayah Departemen Agama di seluruh provinsi dan bagi peserta berasal dari kabupaten/kota yang jauh dari provinsinya dapat mendaftarkan ke Bidang Mapenda Kanwil Depag provinsi terdekat.
F. Seleksi Berkas dan Pembagian Nomor Test
Seleksi Berkas dan Pengambilan Nomor Test dilaksanakan bertepatan dengan pendaftaran. Hal ini dilakukan untuk efisiensi waktu bagi peserta yang jauh dari lokasi pendaftaran.
G. Tata Cara Pendaftaran
1. Surat permohonan beasiswa ditujukan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam C.q. Direktur Pendidikan Madrasah Departemen Agama Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta melalui Kanwil Depag Provinsi masing-masing dengan melampirkan persyaratan sebagaimana tercantum dalam ketentuan.
2. Permohonan tersebut dimasukkan dalam map dan pada pojok kirinya dicantumkan nama, program studi, perguruan tinggi yang dipilih untuk guru madrasah atau pegawai (tenaga struktural). Misalnya:
N a m a : Muhammad
Program Studi : Biologi
Perguruan Tinggi : UGM
Untuk : Guru MTs
3. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun, baik dalam pendaftaran maupun test penyaringan.
H. Materi Ujian
Test Potensi Akademik (TPA) = 90 menit
Bahasa Inggris / Bahasa Arab= 90 menit
Materi substantif = 90 menit (disesuaikan dengan program studi di PTN)
I. Pelaksanaan dan Tempat Ujian
1. Ujian penyaringan dilaksanakan secara serentak disetiap Provinsi dan diawasi langsung oleh Tim dari PTN, Direktorat Pendidikan Madrasah Depag, dan Bidang Mapenda Kanwil Depag provinsi.
2. Alamat dan lokasi ujian penyaringan akan diberitahukan pada saat pengambilan nomor ujian.
3. Pada saat mengikuti ujian, peserta wajib membawa nomor ujian sebagai bukti sah mengikuti ujian dan hadir 15 menit sebelum pelaksanaan dimulai.
4. Transportasi peserta dari dan ke tempat ujian ditanggung oleh masing-masing peserta.
J. Pengumuman Hasil Ujian
1. Pengumuman hasil melalui media cetak nasional, papan pengumuman Kanwil Depag provinsi masing-masing serta melalui website Depag, yaitu //www.bagais@or.id atau humasdepag.co.id
2. Bagi peserta yang lulus selanjutnya akan diatur di dalam pengumuman kelulusan.
L. Hak dan Kewajiban Penerima Beasiswa
 Hak Penerima Beasiswa
h
1. Pendidikan dan pengajaran yang baik dari dosen yang berkualitas dan memadai di bidangnya masing-masing.
2. Gelar magister yang dikeluarkan oleh PTN yang bersangkutan.
3. Biaya pendidikan selama 2 tahun disesuaikan dengan PTN yang bersangkutan.
Living cost dan biaya photocopy.
Pembebasan dari seluruh biaya yang terkait langsung dengan proses perkuliahan sesuai dengan ketentuan PTN masing-masing.
Asuransi (biaya) kesehatan sebesar sesuai dengan ketentuan PTN masing-masing.
 Kewajiban Penerima Beasiswa
h

1. Mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang diatur oleh PTN yang bersangkutan.
2. Menyelesaikan studinya selama 2 tahun, bila tidak bisa menyelesaikan dalam waktu tersebut, maka peserta diwajibkan menyelesaikan studinya dengan biaya sendiri. Bila tidak dilakukan, maka peserta tersebut diwajibkan mengembalikan biaya selama 2 tahun atau yang telah dikeluarkan Depag;
3. Menjaga nama baik peserta, lembaga pemberi beasiswa, madrasah yang mengirim dan almamaternya;
4. Belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang terbaik;
5. Mengajar kembali di madrasah tempat semula mengajar setelah menyelesaikan studinya bagi guru dan kembali bekerja di tempat semula bagi pegawai sebagaimana diperintahkan pimpinan;
6. Memberikan laporan tertulis kemajuan belajar per-semester dan setelah selesai kepada Direktur Pendidikan pada Madrasah yang tembusannya diberikan kepada satuan kerja yang bersangkutan.
M. Penghentian Beasiswa
1. Telah menyelesaikan program studinya dengan baik (tepat waktu) dengan dibuktikan dengan hasil ujian tesis.
2. Meninggal dunia.
T. Ketentuan Lain
1. Segala biaya yang keluar sebagai akibat dari kegiatan ini tidak dipungut apapun dari calon peserta program beasiswa ini.
2. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam pedoman ini akan diatur kemudian.
U. Penutup
Demikian pedoman beasiswa program S2 dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya. Segala persoalan yang timbul di luar ketentuan tersebut diatas akan dimusyawarahkan bersama dengan pihak-pihak terkait.







Tidak ada komentar: