Senin, 19 November 2012

Honda CBR250R di Indonesia Bebas Recall

img
Jakarta - Honda India menarik (recall) belasan ribu Honda CBR250R di India karena ada masalah pada rem depan. Tapi, karena CBR250R yang dijual di Indonesia adalah buatan Thailand, Honda mengklaim kalau Honda CBR250R di Indonesia aman dari recall.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Margono Tanuwijaya menjelaskan kalau recall sebuah barang bisa terjadi karena berbagai hal. Kebanyakan adalah karena masalah komponen yang didatangkan dari vendor tertentu.

Dan karena pusat produksi CBR250R terbagi di India dan Thailand, masalah yang terjadi di India belum tentu berpengaruh ke produksi yang di Thailand. Begitu juga sebaliknya.

"Karena belum tentu pabrik Honda di kedua negara itu menggunakan vendor yang sama," katanya kepada detikOto.

Di India sendiri Honda baru saja mengumumkan akan melakukan voluntarily recall pada 11.500 motor CBR250R yang diproduksi antara Maret 2011 sampai September 2012.

Honda mengatakan recall ini dimaksudkan untuk mengecek rem depan dan mengganti komponennya.

Hanya butuh waktu kurang dari 1 jam untuk melakukan perbaikan dan Honda menegaskan hal itu akan mereka lakukan tanpa mengenakan biaya.

Bila melirik tahun produksi CBR250R yang ditarik, maka besar kemungkinan ini adalah seluruh Honda CBR250R yang ada di India karena Honda meluncurkan motor ini pada Maret tahun lalu.

Namun, motor CBR250R yang ditarik adalah motor yang mengaplikasi rem standar. Sementara CBR250R yang mengaplikasi rem ABS dikatakan tidak memiliki masalah.

"Sampai sore ini kita belum diberikan kabar resmi dari Thailand. Tapi bila melihat sistem produksi yang ada dan sistem pasokan komponen yang ada, Thailand kemungkinan besar aman dari recall karena vendornya beda," jelas Margono.

"Karena itu, CBR di Indonesia juga aman dari recall karena kita ambilnya dari Thailand, bukan India," lugasnya lagi.

Motor ini sendiri diaktifkan oleh mesin 249,6, cc dengan single silinder dan berpendingin cairan yang menghasilkan output puncak 25 bhp pada kitiran mesin 8.500 rpm dengan torsi puncak 23 Nm pada 7.000 rpm.

Mesin ini kemudian dikawinkan Honda dengan transmisi 6-speed yang pada akhirnya mampu membuat CBR250R berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu kurang dari 9 detik, dan mencapai kecepatan tertinggi 155 km/jam. 

Tidak ada komentar: