Selasa, 20 November 2012

Belanda membuat Prototipe Mobil Terbang


Mobil kalo cuman jalan di aspal udah biasa kan ? tahu nggak sob kalo belanda udah bikin mobil terbang ? kapan yah Indonesia bisa kayak gitu ? hmm..moga aja deh cepet maju hehe..Indonesia kan negara besar yah, jadi kita sebagai warga negara Indonesia harus optimis dan semangat 45 terus untuk memajukan negeri tercinta ini. Oke, langsung saja deh, nih infonya Belanda bikin mobil terbang

Rangkaian uji coba rahasia mobil terbang pekan lalu berlangsung di pangkalan udara Gilze-Rijen. Demikian menurut laporan pembuat video. Mobil PAL-V itu terbang mulus di ketinggian 400 meter di wilayah Brabant, Belanda selatan.

Uji coba penerbangan pertama merupakan tonggak sejarah untuk produksi pertama yang menurut rencana akan diluncurkan di pasaran pada akhir Maret 2014.

Pesaing


Sampai saat ini hanya ada satu pesaing yaitu Terrafugia dari Amerika yang membuat model yang sama pada tahun 2009 dan untuk akhir tahun ini dijual seharga 279.000 dolar. Sementara PAL-V One dari Belanda dijual dengan nilai 200.000 euro.

Tiga roda 


PAL-V adalah kendaraaan tiga roda dengan dua baling-baling yang bisa dilipat. Kendaraan itu menurut pembuatnya efektif digunakan di jalan maupuan di udara. Terbang atau di darat. Di jalanan, ciptaan ini bisa melaju dengan kecepatan 180 kilometer per jam.

Siapapun yang punya surat izin mengemudi dan brevet terbang dapat mengemudikannya. Jika bensin terisi penuh maka kendaraan tersebut dapat digunakan sepanjang 400 kilometer. Mengisi bensin? Tak perlu susah, tinggal berhenti di stasiun pompa bensin.

Sementara untuk mendarat dan lepas landas, kendaraan tersebut menggunakan lokasi airstrips. Di Belanda ada 20 lokasi yang digunakan namun di Inggris jumlahnya ada 5000.

Potensial


Kendaraan tersebut dibanjiri peminat. Setiap hari ada saja yang menyatakan ingin membeli. Perusahaan yang ingin mengangkut buruhnya di pabrik tambang di Australia misalnya. Sementara itu kementrian pertahanan juga berminat dan tidak kalah Flying Doctors versi Indonesia.


Apakah mobil tersebut dapat berkeliaran di jalan-jalan Belanda menurut UU Belanda belum jelas. Sudah banyak prototipe yang dibuat, namun sampai saat ini tak ada satupun perusahaan Belanda yang bisa memenuhi persyaratan udara dan jalan raya.

Tidak ada komentar: