Sabtu, 24 November 2012

Beasiswa Pendidikan 07


BEASISWA TNI MAHASISWA S1

Masih kuliah dan punya cita-cita jadi perwira TNI? Mau dapat beasiswa dan tunjangan selama menyelesaikan kuliah? Sekarang saatnya. Ayo daftar!

Tentara Nasional Indonesia memberi kesempatan kepada Mahasiswa berprestasi untuk menjadi Perwira TNI melalui Program Mahasiswa Beasiswa TNI Calon Perwira Prajurit Karier (Pa PK).

Kepada mahasiswa yang berminat, dapat mendaftarkan diri dengan syarat-syarat meliputi Warga Negara Indonesia Pria/Wanita (bukan Prajurit TNI, anggota POLRI dan PNS). Calon juga harus bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

Untuk Kedokteran Umum minimal sudah Sarjana Kedokteran, sedangkan S1 lainnya minimal mencapai 110 SKS dan D3 minimal mencapai 80 SKS.

IPK minimal 2,40 untuk S 1 (Kedokteran Umum), S1 lainnya 2,80 dan D3 2,70. Usia maksimal pada saat menerima tunjangan beasiswa untuk Kedokteran Umum 27 tahun, sedangkan S1 lainnya 25 tahun dan D3 23 tahun.

Calon juga harus berkelakuan baik, sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba. Tinggi badan minimal 163 cm bagi pria dan 155 cm bagi wanita. Sanggup tidak menikah selama mengikuti Program Mahasiswa Beasiswa.

Tunjangan yang diberikan Rp 750.000 per bulan dan bantuan skripsi Rp 1.000.000. Waktu mendapat tunjangan untuk Dokter Umum 4 tahun, S1 lainnya 3 tahun dan D3 2 tahun.

Setelah menyelesaikan program studi, wajib mengikuti Dikma Pa PK TNI.

Pendaftaran dibuka pada bulan Desember 2008 bertempat di Ajendam/Ajenrem/Makodim/Lantamal/Lanal/Lanud setempat/terdekat.

Penjelasan lebih rinci dapat ditanyakan di tempat pendaftaran (Panitia Daerah di tiap Provinsi) atau website www.tni.mil.id, email: sperstni@yahoo.com.

Selama proses pendaftaran tidak dipungut biaya. Gratis!










MA’HAD AR RAAYAH

Ma’had ‘Aly Ar-Raayah yang terletak di kabupaten Sukabumi Jawa Barat merupakan institusi pendidikan berstatus mah’ad ‘aly yang dirintis atas prakarsa beberapa insan pendidikan dari Timur Tengah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Sebagai lembaga pendidikan pesantren, Ma’had ‘Aly Ar-Raayah memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:

a. Integrasi sistem dan kurikulum pendidikan formal dengan pola pengkajian Islam ala klasik.

b. Lokasi kampus di kawasan pegunungan yang sejuk, asri, dan bebas polusi.

c. Fasilitas belajar-mengajar yang lengkap, ditunjang oleh media audio-visual dan perpustakaan dengan koleksi referensi yang memadai.

d. Fasilitas pesantren yang lain seperti masjid Jami’ yang besar dan megah, asrama dengan sarana yang lengkap, kantin mahasantri, lapangan olahraga, ruang aula serbaguna, poliklinik, dan sebagainya.

e. Tenaga pengajar yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Untuk pengajar bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman semuanya adalah alumni perguruan tinggi terkemuka di Saudi Arabia dan negara Timur Tengah lainnya.

f. Bebas biaya pendidikan, buku, asrama, dan makan.

g. Kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan mencakup pembinaan seluruh potensi mahasantri.

h. Para mahasantri merupakan perwakilan dari berbagai wilayah Indonesia.

i. Selain sebagai bahasa wajib dalam proses pembelajaran, bahasa Arab juga menjadi bahasa sehari-hari mahasiswa di dalam kampus.

j. Letak dan suasana lingkungan pesantren sangat kondusif untuk konsentrasi belajar, menghafal, dan mendalami ilmu pengetahuan.

• Persyaratan

Persyaratan Umum:
a. Usia tidak lebih dari 21 tahun.
b. Tamatan SMA sederajat dengan nilai min. rata-rata 7,0
c. Persyaratan Administrasi:
d. Fotocopy ijasah dan transkrip nilai yang terlegalisir 1 lembar.
e. Pas foto terbaru 3 x 4 = 4 lembar dan 2 x 3 = 2 lembar.
f. Fotocopy akte kelahiran 1 lembar.
g. Surat Keterangan Dokter terbaru.
h. Surat ijin orang tua atau wali.
i. Menandatangani blangko pernyataan siap belajar dan mentaati seluruh peraturan institusi yang berlaku.

• Penerimaan Mahasantri Baru

Penerimaan mahasantri baru diadakan sekali dalam setahun. Calon mahasantri wajib mendaftarkan diri dan mengikuti ujian masuk yang terdiri dari dua tahap:
Tahap pertama: ujian tulis.
Tahap kedua: ujian lisan.

Hanya peserta yang lulus dalam ujian tahap pertama yang dapat mengikuti ujian tahap kedua. Dan hanya peserta yang lulus dalam ujian tahap kedua yang dapat diterima sebagai mahasantri di Ma’had ‘Aly Ar-Raayah.

Pondok Pesantren Arraayah
Jl. Perintis Kemerdekaan RT 1 Rw 5 Kp. Cimenteng Ds. Sukamulya Kec. Cikembar Kab. Sukabumi Jabar 43161
Telp.: +62-266 321568, Fax: +62-266 6323744, Email: info@arraayah.org
Web : www.arraayah.org


• Sistem Pendidikan



Proses Pendidikan dilaksanakan dengan sistem level (mustawa). Satu level ditempuh selama satu semester perkuliahan (21 pekan). Pada setiap level terdapat satu paket mata kuliah yang harus diikuti dan diselesaikan secara keseluruhan oleh setiap mahasantri.

Ketidakberhasilan mahasantri dalam menyelesaikan seluruh mata kuliah pada level tertentu mengakibatkan tidak berhaknya ia melanjutkan studi pada level yang lebih tinggi.

Dalam program studi tersebut akan disajikan sejumlah mata kuliah keislaman dan bahasa Arab, seperti Al-Qur’an (hafalan dan tajwid), Tafsir, Hadits, Aqidah (Tauhid), Fiqh, Sejarah Islam, Musthalah Hadits, Ushul Fiqh, Nahwu, Sharaf, Balaghah, Ta’bir wa Insya’, dan sebagainya. Selain itu para mahasantri akan dibekali dengan mata kuliah pengusaan dasar komputer dan pelajaran penunjang lainnya.

Bahasa Arab menjadi bahasa pengantar dalam proses pembelajaran dan pembinaan.













BEASISWA S2 SAMPOERNA
Bagi lulusan S1 dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris, matematika, fisika, kimia, bilogi dan komputer (ICT) atau memiliki pengalaman mengajar mata pelajaran tersebut, baik yang telah menjadi guru maupun para calon guru kini dapat meningkatkan kualifikasinya untuk dapat menjadi guru sekolah menengah atas yang bertaraf internasional dengan mengikuti Program Pendidikan Guru (Teacher Education Programme) dari Sampoerna Foundation Teacher Institute. Program yang kurikulumnya dirancang bersama dengan pakar pendidikan dari universitas pendidikan ternama di Singapura dan Australia ini menyediakan 20 beasiswa biaya pendidikan bagi peserta yang potensial untuk mengikuti program ini serta kesempatan penempatan kerja/mengajar setelah lulus program.
Untuk mengetahui lebih lanjut program ini, Anda bisa mengikuti presentasi dan sesi tanya jawab dari Koordinator Program TEP pada TPSN kali ini. Informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran beasiswa dapat diperoleh di http://www.sf- teacher.org/ images/stories/ 2008/080523tepfo rmwebsite. pdf












BEASISWA HIDAYATULLAH

Hidayatullah memberikan beasiswa kepada para siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai perguruan Tinggi. Program ini Langsung ditangani oleh salah satu lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang merupakan dibawah naungan Ormas Hidayatullah.
Bagi calon penerima beasiswa, harus lolos seleksi/penyaringan yang dilakukan oleh panitia, selain itu harus mengikuti pembinaan atau pelatihan yang dilakukan oleh BMH. Dengan demikiaan para penerima beasiswa BMH tidak hanya mendapatkan bantuan finansial saja tetapi juga bantuan pengembangan diri dan prestasi.
Untuk Informasi lebih lengkap silahkan hubungi BMH yang ada di Jakarta (021.93082804), Balikpapan (0542.872644), Malang (0341.462738), Surabaya (031.70647070), Medan (061.8474361), Makassar (0411.582462), Bandung (022.76186042), Gorontalo (0435.8700048), Manado (0431.351416), Samarinda (0541.7001401), Semarang (024.70369676), Tarakan (0551.30664), dan Timika (0901.321395) atau informasi juga dapat di lihat di situs resminya Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di www.bmh.or.id.


STIE HIDAYATULLAH DEPOK

Beasiswa yang diberikan berupa bebas biaya makan, kuliah, asrama dan buku-buku. Beasiswa ini mempunyai jurusan ekonomi Islam S1.

Untuk informasi hubungi :
STIE HIDA DEPOK
Jl. Kali mulya
Kec. Sukmajaya
Rt 01/01
Telp. (021) 778535357

S1 MADINAH AL ILMI
(021) 77884143

S1 STIM WISATA HATI

(021) 73444734










SHAHAMAH EDUCATION

Merupakan program beasiswa persiapan untuk meneruskan study ke Lebanon. SHAHAMAH adalah singkatan dari Shabab Ahlu Sunnah Wal jamaah.

Untuk ionformasi hubungi :
SHAHAMAH EDUCATION
Jl. Buaran 1 no. 1
Rt 05/12 Klender
Jakarta Timur
(021) 8607431












BEASISWA ARAB SAUDI

Dalam rangka bekerjasama dalam bidsang bilateral dibidang pendidikan, diinformasikan bahwa seluruh mahasiswa diuniversitas-universitas Arab Saudi memperoleh beasiswa dan fasilitas yang memadai. Adapun mahasiswa bidang sains dan teknologi memperoleh beasiswa yang lebih besar daripada mahasiswa dibidang kain. Selain beasiswa yang mencapai SR 850,00 hingga SR 2500,00 setiap tahun mahasiswa memperoleh :
a. Tiket gratis ketanah air selam 3 bulan
b. Akomodasi
c. Subsidi makan
d. Kesehatan
Persyaratan umum
a. Ijazah SMA sederajat yang dilegalisir
b. Usia ijazah tidak lebih dari 2 tahun
c. Surat rekomendasi dari yayasan, lembaga, tokoh yang dikenal.
d. WNI
e. Muslim
f. Mengisi formulir
g. Mengisi perjanjian mentaati peraturan pemberian beasiswa.
h. Belum pernah mendapat beasiswa dari lembaga bersangkutan
i. Tidak ada keluarga dekat yang sedang menerima beasiswa dari lembaga bersangkutan.
j. Pas foto 4x6 sebanyak 6 lembar
k. Mengikuti seleksi yang diadakan
l. Akte kalahiran
m. Surat keterangan baik dari kepolosian
n. Surat keterangan sehat dari dokter.
Materi tes seleksi :
a. Imla’ dan Ta’bir ( mengarang dan menulis arab)
b. Tata bahasa arab ( Nahu, Shorof, Balaghoh)
c. Dasar-dasar ilmu islam
d. Hafalan al quran
e. Membaca al Qur’an dengan tajwidnya
f. Memahami bacaan bahasa Arab
g. Muhadastah ( wawancara)

Pemberian beasiswa kepada mahasiswa iindonesia diberikan secara G to P. secara rinci, pemberian pemberian beasiswa diberikan sebagai berikut :
1. universitas Islam Muhammad Ibnu Saud di Riyadh, universitas ini memberikan beasiswa hanya untuk mahasiswa S2 dan S3 lulusan LIPIA Jkarta yang mereupakan cabang dari Uiversitas Universitas Imam Ibnu saud tersebut. Yang beralamat :

LIPIA :
jl. Warung buncit raya no. 5a,
telp. 021- 7814485,7814486, fax. 7826002
pasar minggu, Jakarta selatan
Po.Box. 3345 jakarta 10002

Al Imam Muhammad Ibnu Saud Islamic University
PO.BOX 5701 Riyad, 11432 Saudi Arabia
Telp. (01) 2580012, 2580020, fax. (01) 6590271

2. universitas Raja Saud, Riyadh
univeritas pertama di Riyadh ini membuka jurusan agama dan umum ( social, politik, pertanian, kedokteran, ekonomi dan lain-lain). Selain program S1, universitas ini juga memberikan kesempatan pada mhasiswa untuk memasuki seluruh jurusan. Peminat mendaftarkan diri langsung ke universitas raja saud, dan setelah lulus seleksi, mereka dipanggil ke Riyad dengan biaya dari universitas. Biasanya, mahasiswa belajar dulu dilembaga bahasa arab selama 1 atau 2 tahun sebelum melanjutkan ke S1. beasiswa yang diberikan oleh universitas raja saud, adalah SR 850,00 untuk S1 dan SR 890, untuk S2 dan S3. mahasiswa juga memperoleh tiket untuk berlibur setiap tahun, akomodasi, subsidi makan dan lkesehatan. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk membantu beberapa kegiatan diuniversitas dengan ibalan yang lumayan.

King saud university
PO.BOX 2454 Riyadh, 11451 Saudi Arabia
(01) 4670000, fax. (01) 4677580

3. universitas Islam Madinah.
Universitas ini setiap tahunnya mengirimkan timnya kepesantren-pesantrn dan yayasan keagamaaan dan melakukan seleksi langsung ditempat. Mahasiswa yang diterima akan dipanggil ke Madinah dengan biaya dari universitas.
Universitas ini membuka kesempatan untuk belajar di jenjang S!,S2 dan S3. selain beasiswa sebesar SR 850,00 hingga SR 890,00 mahasiswa juga memperoleh akomodasi ( termasuk yang berkeluarga), subsidi makan dan kesehatan.

Islamic University of madina
Po.Box 170 Madinah, Saudi Arabia
(04) 8470131, 847 0008, fax. (04) 824 4560

4. universitas Ummul Qurro, mekkah
calon mahasiswa mendaftar langsung ke universitas dan setelah itu diseleksi. Prosedur pendaftaran dan perrolehan beasiswa sama dengan diuniversitas raja saud, riyad.
Universitas perminyakan dan pertambangan raja Fahd, Dhahran.
Univeritas ini menggunakan bahasa inggris dalam kesehariannya. Cirri khas universitas ini merupakan universitas untuk sains dan teknologii yang bertaraf internasional. Sebagian besar dosennya adalah orang a’jamy ( asing) termasuk 3 dari Indonesia. Karena besarnya minat warga Saudi untuk masuk universitas ini, warga asing hanya diberi kesempatan utnuk menempu program S2 dan S3. mereka memperoleh beasiswa dan fasilitas yang lebih baik daripoada universitas-universitas lainnya.
Pendaftaranya cukup melalui internet atau surat. Calon yang lulus seleksi akan dipanggil dan mendapatkan penggantian biaya tiket. Mahasiswa diuniversitas ini tidak mendapatkan tiket untuk libiran ketanah air.

Ummul Qurro University
Po.Box 715 Makkah, 21421 Saudi Arabia
(02) 5574644, 564528, fax. (02) 5564560












BEASISWA S2-S3 MALAYSIA


Bagi yg berminat studi lanjut (S2/S3) di Malaysia ada beberapa cara untuk mendapatkan financial support:

Research Assistant (RA)
Jalur ini bagi spv./calon spv. yang mempunyai proyek (IRPA atau swasta). Cara mengetahuinya dengan membuka website Universitas yg akan dituju (gunakan search engine/google etc.), kemudian cari faculty/department yg diminati. Biasanya juga ada informasi mengenai proyek2 yg sedang/akan dijalankan. Atau coba email lgs Prof. yg mempunyai kepakaran sesuai dg bidang yg diminati, ceritakan latar belakang akademik dan pengalaman anda, terus tanyakan kemungkinan mendapat RA/Scholarship bidang tsb. Tidak menutup kemungkinan Prof. akan mencarikan solusi atau menginformasikan rekan sejawat yg mempunyai proyek. Perlu diketahui bahwa untuk RA, umumnya pelajar menempuh studi by research/thesis atau kombinasi coursework & thesis.

Informasi beasiswa Indonesia dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate klik di sini

Malaysia melalui beberapa forum juga menyediakan beasiswa untuk negara2 anggota ASEAN, OIC, atau lainnya seperti Malaysian Technical Cooperation Program (MTCP). Coba browse: http://www.epu.jpm.my/Bi/mtcp/MTCPFRAME.htm. Prosesnya melalui kedutaan/konsulat Mly di Indonesia.Beasiswa dari universitas.
Beasiswa ini disediakan oleh masing-masing universitas, dan berbeda-beda bentuknya sesuai dengan kebijakan univ. Informasi bisa dilihat di website univ. Biasanya pada Graduate Institute/Center of Graduate Studies atau tanyakan langsung by email.

Sponsor-sponsor lain.
Coba browse kemungkinan lain untuk mendapat informasi beasiswa studi di Mly, spt yg ada di website Islamic Development Bank:
http://www.isdb.org/english_docs/idb_home/sac.htm

atau coba explore info yg ada di website:
http://www.studymalaysia.com/student/scholarship.php












BEASISWA TIMUR TENGAH NU (Nahdlatul Ulama)

Untuk mengembangkan sumber daya manusia dan pendidikan dilingkungan NU, maka untuk itu PBNU membuka peluang beasiswa bagi warganya, dari tingkat S.1.,sampai S.2. untuk putra dan putri dari berbagai fakultas yang disediakan Perguruan Tinggi Luar Negeri. Pendaftaran dibuka untuk umum, utamanya dari masyarakat Pesantren terhitung semenjak keputusan ini dibuat dan terakhir menurut ketentuan dari pihak pemberi akses beasiswa Timur-Tengah yang hingga kini belum dapat diketahui. Untuk Sudan pendaftaran dibuka mulai bulan Juni sampai 10 Juli 2004, (pada sabtu, 17 Juli, PBNU telah mengirim delegasi NU sebanyak tujuh calon Mahasiswa Sudan) untuk mengikuti ujian seleksi di Fakultas Dirasah Islamiyyah UIN Jakarta.

Dalam pekan-pekan depan ini, InsyaAllah sudah dapat ditentukan hasil ujiannya. Dalam hal ini, Biro Urusan Kerjasama Beasiswa PBNU untuk Timur-Tengah, sedianya akan memberikan pelatihan materi ke-NU-an, disamping Kursus Bahasa Arab (Daurah Lughawiyyah) dan informasi tentang negara-negara tujuan—dalam hal ini Sudan—yang akan dipandu langsung oleh Mr. Kamal Ali Utsman Taha, Pelaksana Harian kedutaan Sudan, Prof. DR. Said Aqil Siradj, MA. dan dibantu beberapa team PBNU serta perwakilan dari Departemen Agama RI.

Pembekalan materi ini secara khusus ditujukan kepada calon Mahasiswa Sudan yang sudah lulus seleksi ujian. Pembekalan juga akan diberikan kepada calon Mahasiswa dimasing-masing negara tujuan. Adapun Libya, memberikan beasiswa program S1, dan S2 yang dibuka sampai pertengahan bulan Agustus. Bagi calon Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini, diharapkan yang memiliki standar nilai minimal rata-rata tujuh disetiap mata pelajarannya.

Untuk Maroko, memberi kesempatan beasiswa untuk program S2. sampai tanggal 30 Juli 2004 ini. Untuk itu, peserta diminta untuk melengkapi dan mengisis syarat-syarat aplikasi pendaftaran sebelum tanggal 30 Juli.

Untuk Syiria, sejauh ini, belum ada aplikasi yang diberikan pihak Universitas Abu-Nur, Syiria kepada PBNU. Namun kesepakatan yang telah dibangun PBNU-Syiria, tidak hanya sebatas bentuk kerjasama beasiswa an sich, namun melebar pada bentuk kerjasama-kerjasama yang lain, seperti penelitian, paket kunjungan kerja antar Mahasiswa, dan antar Ulama, penyelenggaraan seminar, lokakarya, dll.

Pendaftaran dibuka di Sekretariat Panitia Beasiswa Untuk Timur-Tengah PBNU pada jam kerja di Lt. 4 tlp. 021-3908424 Ext. 4423 (kontak person: Mohammad Dawam Sukardi/ Hp.08561023524 atau ke redaksi@nu.or.id

Program Pilihan Studi di Sudan:

a. Fakultas Syari’ah (Hukum Islam)
b. Fakultas Tarbiyyah (Pendidikan)
c. Fakultas Komputer
d. Fakultas Aplikasi Science (Kulliyyatul Ulum al-Bahtsah wa at-Tathbiqiyyah)
e. Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan
f. Fakultas Ekonomi & Ilmu Administrasi

Program Pilihan Study di Libya

a. Fakultas Dakwah

Syarat-Syarat Untuk Mengikuti Beasiswa PBNU

Syarat-Syarat Pendaftaran

• Mengisi Formulir Pendaftaran dan berkas-berkas yang disediakan oleh Panitia.
• Melengkapi Dokumen Administratif yang meliputi Foto Copi KTP, Legalisir STTB/Ijazah terakhir minimal tingkat SMU, SMK, Aliyah/Sederajat untuk Program S1, dan untuk Program S2 dilengkapi Transkrip Nilai, Ijazah dan Copy Karya Tulis (Skripsi), Pas Foto Warna berukuran 2 X 3; 3 X 4; 4 X 6 sebanyak empat lembar-empat lembar, SKKB, Pasport, Surat Kesehatan dari dokter (Medical Check Up), Akte Kelahiran, Rekomendasi dari Pengurus NU—lebih diutamakan dilengkapi dengan rekomendasi dari Pondok Pesantren—baik ditingkat Cabang, Wilayah, maupun Pusat.

• Memiliki dasar kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.
• Memiliki dasar kemampuan berkomunikasi Bahasa Arab secara umum.
• Nilai rata-rata minimal 7 dimasing-masing bidang studi.
• Ijazah terakhir tidak kurang dari empat tahun (untuk Sudan).
• Usia tidak lebih dari 25 th. (apabila melebihi batas usia dimaksud, namun memiliki kemampuan diatas rata-rata, maka akan mendapat pertimbangan tersendiri)

NB: Beasiswa untuk Sudan, Syiria, Libya, Maroko diperuntukkan bagi Putra-Putri NU. Adapun informasi beasiwa untuk negara-negara Arab lainnya Insya Allah akan menyusul kemudian. Guna memudahkan proses penerjemahan Ijazah, Transkrip, Rekomendasi, SKKB, Akte kelahiran dan Surat Kesehatan (Medical Check Up), serta dalam prosedur pembuatan Pasport atau dokumen lain (bila ada aturan tak terduga), maka semua calon Mahasiswa Timur Tengah yang bersangkutan dimohon untuk memprosesnya sendiri. Kecuali apabila semua prosedur teknis diatas sepenuhnya dialihtugaskan kepada Panitia dengan mengganti biaya operasionalnya. Untuk Sudan, terjemah resmi berbahasa Arab, sedangkan untuk Libya disamping resmi Arab juga diterjemahkan ke Inggris seluruh Dokumen yang disyaratkan, termasuk Pasport.

Ujian Saringan masuk

Mengikuti Ujian Tulis maupun Lesan yang akan diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana Pendaftaran Beasiswa Untuk Timur-Tengah pada 17 Juli untuk Sudan, dan untuk Jakarta dipusatkan di UIN Jalarta. Sedangkan untuk Libya, Maroko, Syiria, belum ditentukan tehnis ujiannya. Adapun bagi peserta yang sudah lolos ujian, akan diberi beberapa informasi penting tentang negara tujuan pemberangkatan, yang insyaAllah akan dipandu langsung oleh pihak kedutaan dimasing-masing negara tujuan yang direncanakan diadakan di Graha PBNU.











BEASISWA S1 MALAYSIA

Pemerintah Republik Indonesia ( RI ) melalui Departemen Minyak dan Gas (MIGAS) dan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) bekerjasama dengan Petronas menawarkan beasiswa penuh belajar di Malaysia untuk meraih Gelar:

a. Bachelor of Engineering (Honours)
b. Teknik Elektro
c. Teknik Sipil
d. Teknik Kimia
e. Teknik Perminyakan
f. Teknik Mesin
g. Bachelor of Technology (Honours)
h. Teknologi Informasi dan Komunikasi
i. Sistem Informasi Bisnis

Persyaratan Umum :
• Usia tidak melebihi 23 tahu pada saat melakukan pendaftaran
• Status perkawinan : Single (Belum Kawin)
• Lulus Ujian Sekolah Menengah Atas dan atau Tes Potensi Akademik dari universitas di Indonesia
• Mampu berbahasa Inggris (Spoken and written)
• Mengikuti salah satu program studi diatas di Universitas Teknologi Petronas (UTP)


Cara Pendaftaran:
Download formulir aplikasi dari UTP di sini :

http://www.utp.edu.my/doc/Intersational_application_form.zip

Isi formulir tersebut dengan lengkap dengan menyertakan foto terbaru, nomor kontak yang bisa dihubungi, alamat, CV, dan fotokopi ijazah/nilai yang relevan. Kirimkan ke:

Petronas Representative Office Indonesia
Level 27, Citibank Tower
Bapindo Plaza
Jl. Jend Sudirman Kav.54-55
Jakarta 12190











BEASISWA SCIENCE ARAB SAUDI

King Abdullah University of Science and Technology (KAUST)
adalah sebuah universitas berskala internasional untuk pendidikan
pasca-sarjana berbasis riset di bidang sains dan teknologi
yang berlokasi di kawasan Laut Merah, Arab Saudi.

KAUST Discovery Scholarship adalah program beasiswa penuh dari KAUST untuk mahasiswa S1 (yang masih aktif kuliah) di berbagai program studi sains/teknologi di perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia.

1. Selama Menyelesaikan S1 di Indonesia:
• Biaya kuliah pendidikan S1 (yang sedang dijalani sekarang di Indonesia) ditanggung hingga lulus;
• Tunjangan biaya hidup, tunjangan buku dan tunjangan komputer;
• Keikutsertaan dalam berbagai workshop dan kegiatan internasional yang diselenggarakan KAUST di berbagai negara
2. Setelah Lulus S1 di Indonesia:
Langsung diterima di program S2 di KAUST dengan beasiswa penuh
Persyaratan dapat dilihat di website: www.kaust.edu.sa

Cara Mendaftar: Pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online di website: www.kaust.edu.sa
Informasi lebih lanjut hubungi:
The Indonesian International Education Foundation (IIEF)
Menara Imperium Lt.28 Suite B,
Jl. H. R. Rasuna Said Kav.1, Jakarta 12980
Ph. (021) 831-7330; Fax. (021) 831-7331
Email: scholarship@iief.or.id; Website: www.iief.or.id











BEASISWA KE QATAR DAN NEGARA ARAB

Bagi yang mau melanjutkan studi ke Qatar untuk mendalami Arabik atau studi Islam, bisa mengklik bagian ini:

http://www.qu.edu.qa/students/scholarship/types.php

Bagi Anda yang punya cita-cita lanjut ke Arab, kesempatan ini jangan diliwatkan.

Ada pula info ke negara lainnya, Mesir, Marok, Tunisia, Algeria, di www.ditpertais.net. Tiap tahun biasanya buka antara Maret-Agustus, masing2 negara berbeda.
kalau Lebanon, seperti Universite St Joseph di Beirut biasanya kasih beasiswa untuk kajian Arab, tapi selain Arab dan Inggris, mereka minta kemampuan dasar bahasa Prancis. Mungkin beda dengan American Univ of Lebanon, cukup eglish dan arabic boleh. Infonya ada di universitas bersangkutan.



BEASISWA ARAB SAUDI S2-S3

King Fahd university of petroleum and minerals (KFUPM) di saudi arabia saat ini sedang membuka pintu seluas-luasnya bagi mahasiswa muslim yang qualified untuk bergabung dengan KFUPM. KFUPM pada dasarnya adalah universitas yang fokus dibidang science&technology saja. Silahkan melihat profil jurusan-jurusan di www.kfupm.edu.sa. atau kontak saya via japri di faridfad@kfupm.edu.sa.

Mungkin bagi rekan-rekan muslim banyak yang meragukan kualitas universitas di timteng. Untuk memberi gambaran saat ini KFUPM duduk di posisi 320an daftar terbaru THE-QS yang dikeluarkan oleh Times higher education. (silahkan melihat di link berikut: http://www.topuniversities.com/worlduniversityrankings/results/2008/overall_rankings/fullrankings/ ) dan merupakan universitas terbaik di kawasan timteng. Dengan dukungan hampir 40% staf pengajar asing dan finansial yang tak terbatas, KFUPM saat ini mengembangkan banyak research center, yang tentunya menyedot banyak mahasiswa asing baik yang PhD dan Master. Melanjutkan pendidikan di saudi menawarkan banyak manfaat yang tidak mungkin didapatkan dengan mudah kecuali dinegara saudi sendiri seperti kemudahan beribadah dan haji/umroh. Mudah-mudahan ini menjadi pendorong bagi mahasiswa muslim indonesia untuk lebih banyak lagi bergabung lagi dengan mahasiswa manca negara lainnya di KFUPM.

Sebagai informasi saja yang sifatnya tidak resmi : seluruh aplikasi akan diterima dan diproses oleh deanship of graduate studies, jika applicant dinyatakan diterima berdasarkan transkrip yang mereka kirim maka mereka akan diminta untuk menyertakan int'l TOEFL dan GRE. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi saya di faridfad@kfupm.edu.sa











BEASISWA S1, S2 & S3 TIMUR TENGAH



1. Beasiswa di Aljazair
Repulik Demokrasi Rakyat Aljazair memberikan beasiswa hibah untuk 10 (sepuluh) mahasiswa Indonesia pada bidang Islamic Sciences dengan persyaratan:
a. Mengisi formulir yang disediakan.
b. Pasfoto 4 buah.
c. Surat keterangan sehat.
d. Akte kelahiran.
e. Photocopy ijazah yang telah dilegalisir.
f. Berumur antara 19 ? 20 tahun.
Surat lamaran dan dokumen lainnya ditujukan ke
Kedutaan Republik Demokrasi Rakyat Aljazair
Department of Foreign Affair of the Republik of Indonesia,
Jakarta.

2. Beasiswa di Mesir
Pemberian beasiswa oleh pemerintah Mesir merupakan
pelaksanaan perjanjian Kebudayaan yang ditandatangani oleh
kedua negara (Indonesia ? Mesir) dan diperkuat dengan
beberapa perjanjian lainnya, termasuk MoU dan lainnya.
Beasiswa dari Mesir termasuk jumlah yang terbanyak,
terutama dari Al Azhar dan telah berlangsung sejak tahun
1950-an sampai sekarang.
Lembaga yang menawarkan beasiswa adalah:
a. Al Azhar Al-Syarif (Lembaga Otonomi Pemerintah yang
dipimpin oleh Syeikh Al Azhar dan salah satu lembaga
pendidikannya adalah Universitas Al Azhar yang dipimpin
oleh Rektor).
b. Kementerian Pendidikan Mesir.
c. Majelis A?la (Majelis Tinggi Urusan Agama Islam yang
berada pada Kementerian Wakaf Mesir.
Beasiswa Al Azhar dan Kementerian Mesir ditawarkan
langsung ke Indonesia melalui Kedutaan Besar Mesir di
Jakarta bekerja sama dengan Departemen Agama RI, sedangkan
Majelis A?la biasanya ditawarkan kepada mahasiswa yang
telah berada di Mesir dan sudah terdaftar pada salah satu
perguruan tinggi Mesir.
Beasiswa umumnya diberikan dalam bantuan finansial
(minhah) sebesar LE.125.- hingga LE. 200.- setiap bulan
(US$ 30 ? US$ 45) sesuai dengan tingkat pendidikan yang
bersangkutan, Selain itu juga diberikan :
1. Pelayanan kesehatan.
2. Akomodasi untuk beasiswa Al Azhar dan Majelis (selektif
dan sangat terbatas).
3. Tiket gratis pulang ke Tanah Air (khusus Al Azhar
dengan syarat yang bersangkutan berhasil mendapat salah
satu ijazah pendidikan Al Azhar).
4. Bebas pembayaran uang kuliah (berlaku hanya bagi
fakultas-fakultas Keislaman Universitas Al Azhar).
Di samping lembaga Mesir ini, terdapat pula lembaga lain
yang menawarkan beasiswa dalam jumlah yang terbatas
seperti Bait Zakat Kuwait, badan swasta atau perorangan.
Pada umumnya beasiswa ini kurang mencukupi kehidupan
sehari-hari, terutama di kota Cairo, karena sewa apartemen
cukup mahal.

3. Beasiswa di Sudan
Sudan termasuk salah satu negara Arab yang menawarkan
beasiswa kepada mahasiswa/i Indonesia mulai dari program
S1 dan selanjutnya. Lembaga pemberi beasiswa di negara ini
terdiri dari:
1. Kementerian Pendidikan Tinggi.
2. Liga Arab (khusus studi di Institut Khartoum Program
pengajaran bahasa Arab untuk orang asing).
Beasiswa ditawarkan melalui jalur resmi, yaitu melalui
Kedutaan Besar Republik Sudan di Jakarta dan Departemen
Agama RI, kecuali beasiswa Liga Arab yang ditawarkan
melalui Kedutaan Besar RI di Khartoum atau Departemen Luar
Negeri dan/atau bekerja sama dengan Departemen Agama.
Selain beasiswa yang relatif kecil (kurang lebih US$ 20),
juga diberikan fasilitas-fasilitas lain seperti:
a. Akomodasi (khusus studi di Universitas Afrika
Internasional dan Institut Khartoum).
b. Pelayanan kesehatan gratis.
c. Pembebasan uang kuliah.
Secara khusus fasilitas-fasilitas tersebut dapat diperoleh
tanpa disertai pemberian beasiswa, terutama yang berminat
melanjutkan studi atas biaya sendiri.


4. Beasiswa di Suriah
a. Sekolah Pemerintah
Dengan biaya pendidikan yang gratis, sebenarnya pemerintah
Suriah sudah memberikan beasiswa bagi warganya, namun
demikian memang ada biaya tambahan yang diberikan oleh
pemerintah Suriah untuk mereka yang studi di Perguruan
Tinggi. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa dari luar
negeri sebesar 400 lira Suriah di samping mendapat asrama
pendidikan. Perlu diketahui sebagian besar mahasiswa
Suriah memperoleh fasilitas asrama, khususnya mereka yang
berasal dari luar kota.
b. Sekolah Swasta (Ma?had)
Disamping menyediakan asrama, ma?had juga memberikan
beasiswa bagi siswanya, tergantung dari kondisi keuangan
masing-masing ma?had. Adapun sumber dananya berasal dari:
1. Laba yang diperoleh dari:kegiatan ekonomi yang
dilakukan.
2. Sumbangan para dermawan.
Jadi beasiswa diberikan kepada seluruh siswa dan besarnya
ada yang membedakan antara siswa/mahasiswa lokal dan
siswa/mahasiswa dari luar negeri, ada yang menyamaratakan.
Biasanya semakin tinggi jenjang pendidikan yang dijalani,
semakin besar beasiswa yang diterima.
Catatan
Sistem pendidikan di ma?had pada umumnya berlangsung
ketat. Bahkan mereka yang gagal dalam satu tingkatan
kelas, sanksi yang diterima adalah dikeluarkan.


Sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) dengan Departemen Agama, beberapa lembaga dan universitas di Mesir, Sudan, Maroko, dan Aljazair memberikan beasiswa kepada putera-puteri Indonesia dengan formasi sebagai berikut :

a. Al Azhar Al Syarif Mesir menawarkan 90 (sembilan puluh) beasiswa S1 dan 20 (duapuluh) beasiswa S2

b. Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir menawarkan 5 (lima) beasiswa S1 untuk tahun akademik 2008-2009 bagi pemegang ijazah SLTA.

c. Pemerintah Sudan menawarkan 30 (tigapuluh) beasiswa S1 pada Universitas Internasional Afrika, Khartoum
d. Pemerintah Kerajaan Maroko menawarkan beasiswa S1, S2, S3 sebanyak 15 (lima belas) orang.

e. Pemerintah Aljazair melalui KBRI Alger menawarkan 50 beasiswa S1 2. Dalam rangka mendapatkan calon mahasiswa terbaik untuk mengisi formasi tersebut, Departemen Agama akan menyelenggarakan seleksi secara nasional bagi peminat beasiswa ke Al-Azhar, Kementrian Pendidikan Tinggi Mesir, Maroko dan Aljazair. Bagi peminat beasiswa ke Sudan, seleksi akan diadakan langsung oleh Kedutaan Sudan di Jakarta bekerjasama dengan Departemen Agama pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

Untuk mengantisipasi meningkatnya minat calon mahasiswa Indonesia ke Mesir yang tidak dibarengi dengan kualitas memadai, Departemen Agama akan melakukan penyeleksian calon MAHASISWA NON BEASISWA dengan menguji kemampuan akademik, hafalan/bacaan Al Qur'an dan bahasa Arab, dengan standar materi ujian yang sama dengan seleksi calon program beasiswa.

B. Tujuan
Menyaring para lulusan Madrasah Aliyah/sederajat yang potensial dan mempunyai bakat dan minat yang kuat dalam pengembangan keilmuan dan penguasaan bahasa Arab.
Mempersiapkan calon ilmuwan terbaik dalam bidang ilmu ke-Islaman dan bahasa Arab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

C. Persyaratan Mengikuti Seleksi

1. Warga Negara RI yang beragama Islam.
2.Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh Panitia
3. Pas photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
4.Melampirkan salinan ijazah dengan ketentuan sebagai berikut :

A. Untuk ke Universitas Al-Azhar Mesir berijazah :

1). Program S1

Berijazah Madrasah Aliyah Negeri atau swasta yang mengikuti ujian Negara dengan ketentuan sebagai berikut : a). Usia ijazah tidak lebih dari 2 (dua) tahun. b). Berijazah Pondok Pesantren yang mu'adalah (akreditasi) ijazahnya dengan tsanawiyah (SLTA) Al-Azhar masih berlaku sampai sekarang.

2). Program S2
Berijazah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri atau Swasta dengan usia ijazah tidak lebih dari 5 (lima) tahun.

B. Untuk beasiswa Kementrian Pendidikan Tinggi Mesir menggunakan ijazah SLTA Negeri.

C. Untuk ke Sudan, Maroko dan Al-Jazair berijazah Madrasah Aliyah negeri atau swasta, Pondok Pesantren, SLTA, ijazah S1 dan S2 dengan usia ijazah tidak lebih dari 2 (dua) tahun.

5. Bagi yang belum memiliki ijazah (STTB), sementara cukup menggunakan foto copy nilai rapor cawu I dan II atau semester I kelas terakhir dan dilegalisir oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

D. Mata Ujian
• Ujian Lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi : Bahasa Arab (percakapan, terjemah dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Al-Qur'an.
• Ujian Tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi : Bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa dan insya') dan Pengetahuan Agama Islam.

G. Hasil Ujian Seleksi
• Hasil seleksi akan diumumkan oleh Departemen Agama di tempat penyelenggaraan seleksi/pendaftaran atau melalui website : www.ditpertais.net
• Peserta yang lulus sebagai calon penerima beasiswa S1 Al-Azhar akan mengikuti seleksi lanjutan (muqabalah) pada waktu yang akan ditetapkan kemudian.
• Peserta seleksi non beasiswa ke Al-Azhar yang dinyatakan lulus dapat memproses berkas pendaftarannya melalui KBRI Kairo.

H. Tim Pelaksana Seleksi

• Tim pelaksana Pusat dibentuk dan ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Islam
• Tim pelaksana Daerah dibentuk dan ditunjuk oleh Rektor UIN/IAIN/Ketua STAIN bersangkutan.
• Tim Penguji baik tulis maupun lisan ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Islam.
I. Lain-Lain

• Informasi lebih lanjut diharapkan menghubungi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam melalui nomor telpon/faksimil nomor (021) 3519734 atau 3812344 ext. 326

• Hal-hal yang belum diatur dalam petunjuk pelaksanaan ini akan ditentukan kemudian


Informasi selengkapnya : www.ditpertais.net














BEASISWA S1 YAMAN




UNIVERSITAS AL-AHGAFF YAMAN


Peresmian Univesitas

Al-Ahgaff yang didirikan oleh Al-Habib Abdullah bin Mahfudz Al-Haddad dan resmi berdiri serta mulai membuka proses pendidikannya setelah mendapatkan izin resmi dari pemerintah Yaman melalui ketetapan menteri pendidikan Yaman nomor : 5 tahun 1994. universitas Al Ahgaff juga satu diantara universitas di jazirah Arab yang resmi sebagai anggota persatuan universitas Arab. (Ittihad Al jami’at Al Arabiyyah)

Tujuan Pendirian

Berawal dari sebuah keinginan untuk bisa menyediakan sarana pendidikan yang bonafid dan berkualitas pada masyarakat muslim dunia, pendidikan yang mampu mencetak kader insan yang menguasai dalam segala aspek kehidupan dan menanamkan ruh Islami serta akidah yang benar dalam pribadi pelajarnya.

Letak Geografis

Universitas Al-Ahgaff berpusat di kota Mukalla ibu kota propinsi Hadhramaut Republik Yaman. Segenap komponen yang dimiliki oleh Al-Ahgaff, seperti fakultas-fakultasnya, language center atau sekolah persiapan bagi mahasiswa baru, dan gedung rektor sebagai pengendali utama kebijakan-kebijakannya semua berada di kota yang berada diujung semenanjung Arab ini. Hanya fakultas Syari’ah dan hukum saja yang berada di kota Tarim, hal ini sengaja dilakukan guna terwujudnya pendidikan syari’ah yang tidak berpusat di bangku sekolah belaka, tetapi perlu adanya pengkombinasian metode pendidikan melalui bi’ah (lingkungan), mengingat kota Tarim terkenal sebagai kota ilmu dan ulama. Kota Tarim sendiri terletak sekitar kurang lebih 300 km dari ibu kota propinsi, sedangkan untuk mahasiswi Indonesia pada Fakultas Dirasah Islamiah tetap mengikut induknya di kota Mukalla.

Alasan lain ditempatkannya fakultas Syari’ah wal qanun terpisah dengan induknya diantarnya adalah faktor kultur sosial kemasyarakatan kota ini yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat bertafaqquh fid dien. Juga kerena faktor sejarah, yang telah mendorong ditempatkannya fakulas ini dikota Tarim. Sebab sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa dari sinilah Islam dibeberapa belahan dunia (seperti Asia dan Afrika) bisa menyebar dan berkembang dengan pesat berkat kegigihan dan keikhlasan para tokohnya dalam berda’wah menyebarkan Islam.

Metode Pengajaran

Metode pengajaran yang ditetapkan oleh Universitas Al-Ahgaff selama ini adalah sistem semester, jenjang pendidikan yang terdiri dari sepuluh semester dan bisa ditempuh minimal selama lima tahun, dan maksimal selama tujuh tahun (untuk fakultas sya’riah walqanun, fakultas Sastra, Serta fakultas kajian Islam) dan delapan tahun (untuk fakultas Tehnik, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Ilmu dan Teknologi). Dan perlu diketahui bahwa Universitas yang berlambangkan mesjid Umar Muhdhar ini telah membuka program pasca sarjana dan doctoral dijurusan syari’at dan jurusan sastra bahasa Arab. Dan untuk pelajar Indonesia hanya diarahkan kepada:
1. Fakultas Syari’ah walqanun untuk para mahasiswanya
2. Fakultas Dirasah Islamiah untuk para mahasiswinya

Untuk menghindari ketidak seriusan mahasiswanya dalam belajar, juga dalam rangka menjaga mutu serta kualitas keilmuan alumninya, maka Al-Ahgaff menerapkan sistem absensi pada setiap mata kuliah. Dimana ketidak hadiran mahasiswa pada satu mata kuliah itu akan sangat mempengaruhi kelulusan mata kuliah tersebut. Dalam prosentasi absen, mahasiswa yang tidak hadir melebihi batas 10% dari jam materi akan dianggap gagal dalam materi tersebut . Mungkin inilah yang menjadi salah satu ciri khas tersendiri dari Universitas Al-Ahgaff yang sama sekali tidak memperbolehkan mahasiswanya berintisab (persamaan). Dan selain itu yang membedakan Universitas ini dengan universitas-universitas yang ada dibelahan dunia adalah system penilaian dan kenaikan tingkat menurut hasil tiap mata kuliah di tiap semester dari hasil penggabungan nilai ujian akhir dan dua kali nilai ujian penyaringan (syahr awwal dan syahr tsani).

Waktu Kuliah

Waktu kuliahnya adalah setiap hari selain hari jum’at, dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 01.00 siang dari paket mata kuliah yang sudah ditentukan oleh pihak kuliah.

Bahasa Pengantar Kuliah

Adapun bahasa pengantar yang digunakan pada setiap kuliahnya adalah bahasa Arab. Dan ini bukan satu-satunya bahasa yang boleh digunakan di universitas ini, sebab Majelis Universitas sebagai dewan tertinggi di Al-Ahgaff mempunyai kewenangan untuk menerapkan selain bahasa Arab pada sebagian mata kuliah selain ilmu agama, beberapa meteri pelajaran menggunakan bahasa Inggris.

Profil Fakultas Syari’ah walqanun & Fakultas Dirasah Islamiah

a. Fakultas Syari’ah dan Hukum

Fakultas Syari’ah dan Hukum adalah salah satu Fakultas yang ada di Universitas Al-Ahgaff yang ditempatkan disebuah kota Tarim, Universitas Al-Ahgaff dengan fakultas Syari’ah dan Hukumnya telah mencoba memelihara dan menggabungkan tradisi salaf dan khalaf.

1. Mata Kuliah Fakultas Syari’ah dan Hukum

Secara umum mata kuliah fakultas ini didominasi oleh pelajaran-pelajaran agama, walaupun dikaji pula tentang ilmu hukum (hukum-hukum yang berlaku dan diterapkan di Republik Yaman). Prosentasi antara kajian syari’ah dan kajian hukum difakultas ini mungkin sekitar 70 persen syari’ah dan 30 persen hukum.

Diantara disiplin ilmu syari’ah yang dikaji disini adalah : Fiqh Madzhabi, Fiqh Perbandingan, Ushul Fiqh, Tareh Tasyri’, Ahwal Syahsiyyah, Ulumul Qur’an, Maqashid Syari’ah, Ayat Ahkam, Hadist Ahkam, Nahwu, Lughat Arabiah, Mantiq, Balaghah dan lain sebagainya.

Kemudian diantara fan hukum yang dikaji difakultas ini adalah : Madkhal Qanun, Qanun Madany, Qanun Uqubat, Qanun Iltizamat, Qanun Dustury, Qanun Dauly, Qanun Murafa’at, dan lain sebagainya.

Selain itu, difakultas ini juga dikaji beberapa disiplin ilmu yang erat hubungannya dengan dua disiplin ilmu tadi, diantaranya adalah :Iqtishod Islami (ekonomi Islam), Al Uqud Al Musammah, Al Maliyyah al Ammah yang mengupas tentang ekonomi dan keuangan menurut kaca mata Islam dan Ushul Bahts yang membahas tentang tata cara menulis karya ilmiah, sebagai bekal para mahasiswanya untuk dapat menulis dengan baik serta berbobot.

Dan juga fakultas syari’ah walqanun Universitas Al-Ahgaff bukan hanya sebatas mengkaji dan memahami seluk beluk agama dan ilmu-ilmu yang terkait dengan syari’ah dan hukum. Akan tetapi lebih dari itu, sebab faktor amaliyah pun di fakultas ini sangat ditekankan dan diperhatikan oleh para pemangkunya. Ini juga jelas sangat erat hubungannya dengan kondisi kota Tarim dimana fakultas ini berada yang masih belum terpolusi oleh kebudayaan-kebudayaan non Islami. Sehingga yang selama ini dirasakan oleh para mahasiswanya adalah ketenangan jasmani dan rohani yang benar-benar tak pernah ditemukan di universitas-universitas lain.

2. Para Dosen Fakultas Syari’ah walqanun

Diantara para dosen pengajar dan masyayikh yang masih aktif mencurahkan darma baktinya di universitas Al-Ahgaff antara lain adalah:

1. Prof.DR. Abdul Hamid Al-Ubaidy
2. DR. Ali Al Syarofi
3. DR. Muhammad Husen As-Syami
4. DR. Amjad Rosyid Al-Maqdisi
5. DR. Abdul Malik
6. DR. Ibrahim al Syarofi
7. DR. Ismail al Hajiri
8. Syekh Muhammad Ali Al-Khotib
9. Syekh Muhammad Ali Baaudhan
10. Syekh Muhammad bin Bashri As-Segaf
11. Syekh Muhammad Hafidz Al-Syinqity

Dan masih banyak lagi cendikiawan Islam lainnya yang yang berasal dari penjuru jazirah Arab seperti Irak, Sudan, Yordania, maupun luar Arab seperti Kanada, Cina, India dan Indonesia.

b. Fakultas Dirasah Islamiah

Adalah salah satu fakultas di Universitas Al-Ahgaff dalam jurusan ilmu-ilmu keislaman dirasah Islamiah. Para mahasiswi dibekali berbagai ilmu keislaman yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga dapat menjadi wanita yang berwawasan keislaman yang kuat.

1. Mata Kuliah Fakultas Dirasah Islamiah
a. Fiqh k. Sirah u. Praktek lapangan
b. Nahwu l. Balagah v. Musthalahal Hadist
c. Tilawah dan Tajwid m. Ayatul Ahkam
d. Tadbir Manzily n. Ahaditsul Ahkam
e. Madhkal ila ‘ilmi nafs o. Ushul fiqh
f. Ulumul Qur’an p. Manahij Bahast
g. Tareh Tasyri’ q. Tarku tadris
h. Usul Tarbiah r. Suluk
i. Tafsir s. Komputer
j. Dirasah khasah t. Skripsi

Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru

1. Lulus SMU atau sederajat dengan nilai rata-rata 7,5 (Ijazah) atau 7,0 (NEM)
2. Melunasi keuangan pendaftaran dan biaya kuliah sesuai yang telah ditentukan pihak Universitas
3. Menitipkan uang tiket pulang
4. Mengisi formulir yang tersedia
5. Menandatangani beberapa surat perjanjian
6. Menyerahkan fotocofi ijazah yang telah dilegalisir dan diterjemahkan kedalam bahasa Arab serta mendapatkan rekomendasi dari kedutaan Yaman
7. Menyerahkan surat tanda pengenal (paspor atau kartu pengenal)
8. Menyerahkan pas foto berwarna yang terbaru berukuran 4x6 sebanyak 15 lembar
9. Surat keterangan dokter bebas dari penyakit (hepatitis B dan aids)
10. Lulus ujian dalam materi bahasa Arab dan fiqh
11. bersedia masuk persiapan minimal 1 (satu) tahun
12. Menyerahkan surat keterangan dari guru pembimbing (Sekolah)
13. Surat izin dari orang tua

Penutup

Setelah meninggalnya pimpinan badan wakaf Universitas Al-Ahgaff, Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Syatiri, estafet kepemimpinan rector kuliah kemudian berpindah ke Prof. Abdullah bin Muhammad Baharun, MA. Dibantu dosen-dosen senior dan para masyayikh.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Al-Ahgaff, bisa hubungi:
Al-Habib Hasan Al-Jufri
Komplek pondok pesantren Jagasatru Cirebon 45115
Telp/Fax : (0062)(231)237620
Hp : (0062)8122212000
E-mail : hasanaljufri @ yahoo.com
hasanaljufri @ maktoob.com
Alamat Universitas Al-Ahgaff:
Fuah-Mukalla-Hadramout-Republic of Yemen-P.O.Box: 50341
Telp : (00967)(5)304145
Fax : (00967)(5)305881/354342
Web Side : www.ahgaff.edu



UNIVERSITAS DARUL MUSTHAFA


Latar Belakang


Salah satu sebab didirikannya Darul Musthafa disebabkan banyaknya pelajar yang datang dari berbagai daerah dari negeri Yaman dan juga luar Yaman, yang mereka belajar dan menuntut ilmu-ilmu syari’at di sisi Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim ibn Syekh Abu Bakar bin Salim di kota Tarim Al-Ghanna, maka mereka membutuhkan tempat yang khusus agar memungkinkan mereka menuntut ilmu dan tidak disibukkan dengan kesibukan manusia. Sebelum di bangun Darul Musthafa pelajar tinggal di Rubath Al-Musthafa yang berada di kota Syihir lalu mereka pindah ke kota Tarim dan tinggal di kamar kamar mesjid At-Taqwa dan rumah Assana serta tempat mereka belajar di mesjid Maula Aidied di Tarim, ketika selesai pembangunan Darul Musthafa mereka pindah ke bangunan yang baru yang telah diresmikan lima hari sebelumnya yaitu pada bulan muharam tahun 1417 H.

Darul Musthafa adalah tempat berkumpul dan bertemunya para pelajar pelajar yang datang dari berbagai penjuru dunia, baik itu dari Yaman, Jazirah Arab, Afrika, Inggris, Amerika, Asia Timur, Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia.

Pelajar yang pertama datang ke Darul Musthafa adalah pelajar dari Indonesia yang berjumlah sekitar tiga puluh orang pada tahun 1416 H.. Itu di sebabkan kunjungan pertama Habib Umar bin Muhammad bin Hafizd ke Indonesia pada tahun 1414 H., kunjungan ini dilaksanakan karena melaksanakan perintah guru beliau Al-habib Abdul Qadier bin Ahmad Assegaff dan Al-Habib Muhammad bin Abdullah Al-Haddar. Benarlah kata orang “ sesungguhnya kunjungan itu bisa memberi bekas yang besar pada penyebaran ilmu dan pelurusan akhlak serta bisa menggantungkan hati pada dakwah ilallah “, dan sebagian dari tujuan kunjungan adalah untuk memberi peringatan bagi orang awam, memberi manfaat kepada orang lain dan juga bertujuan menguatkan ikatan di antara sesama muslim dan menyempurnakan persaudaraan diantara mereka diberbagai negara yang berbeda beda. Maka nampaklah bekas yang hebat pada kunjungan Habib Umar bin Muhammad bin Hafizd ke Indonesia dan menjadi bukti pembaharuan hubungan antara Indonesia dan Hadramaut dan juga menguatkan ikatan antara sadah alawiyyin dan muhibbin kepada mereka di Indonesia dan Hadramaut.

Seiring berjalannya waktu mereka menyelesaikan studinya di Darul Musthafa pada tahun 1419 H. dan sekarang mereka menyebarkan dakwah di negeri masing masing dan memberikan manfaat untuk umat Islam di desa maupun di kota. Oleh kerana itu Alhamdulillah pada tahun 1421 H. jumlah pelajar Indonesia yang berdomisili di kota Tarim sekitar 400 orang. Dari jumlah tersebut dua ratus orang belajar di Darul Musthafa dan sisanya ada yang belajar di Rubath Tarim dan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff.

Nama Lembaga

Darul Musthafa liddirasah al Islamiyah.

Pendiri

• Al Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz.
• Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz.

Tahun Berdiri

Dimulai pembangunan Darul Musthafa pada bulan Syawal tahun 1410 H dan peresmian pertama pada hari Selasa Tanggal 29 Dzulhijjah 1411 H bertepatan dengan hari wafat Al-Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz ibn Abu Bakar bin Salim, dan peresmian kedua pada bulan Muharram 1417 H.

Tujuan Didirikannya

Tidaklah dibangun perguruan ini kecuali untuk mencetak Ulama-ulama yang kuat pada ilmu dan beradab dengan adab nubuwwah, dan memikul beban umat dengan mengajak mereka ke jalan Allah SWT dan memberikan manfaat kepada mereka dan menyelamatkan mereka dari kegelapan, kebodohan ke cahaya ilmu dan menguatkan keimanan mereka dan mengikat mereka dengan sunnah sunnah Nabi SAW.

Asas

Sungguh terwujud tujuan yang besar ini dengan peletakan tiga sasaran yang merupakan tujuan pokok :
1. Penguasaan ilmu Islami secara murni.
2. Pembersihan jiwa dan pemurnian akhlak
3. Da’wah kejalan Allah

Program

Untuk mencapai sasaran dan menghasilkan hasil yang memuaskan Darul Musthafa membuat program program pada tiap tiap tujuan :

1. Ilmu

Pelajar diberi dua pilihan :
A. Belajar kitab kitab yang sudah ditetapkan di Darul Musthafa.
B. Menghafal Al Quran disertai dengan belajar fiqh dan nahwu.

2. Suluk

Dianjurkan bagi tiap pelajar meresapi dan mengamalkan dasar-dasar suluk :
A. Pembersihan diri dari sifat sifat tercela.
B. Mempunyai perhatian dengan sunnah-sunnah dan adab Nabi SAW.
C. Beradab dengan pergaulan sesama makhluk.
D. Selalu melazimi petunjuk dan nasehat nasehat.

Dalam hal ini Al Habib Umar bin Hafidz telah menyusun azkar dan aurad untuk santri-santrinya dalam satu kitab yang diberi nama “Khulasah Al Madad Annabawi”, yang mana dianjurkan kepada para santri untuk membacanya pada waktu waktu yang sudah ditentukan.

3. Da’wah

Pihak pengurus membuat satu jadwal bagi para santri yang punya kemauan dalam da’wah, seperti : keluar da’wah mingguan setiap hari kamis sampai hari jum’at, keluar da’wah tahunan selama 40 hari, ini bagi para santri yang membaca kitab Umdatus salik dan menziarahi para ulama, tempat tempat bersejarah, masjid-masjid dan makam para aulia yang ada di Hadhramaut. Dan ada juga da’wah di lingkungan Darul Musthafa seperti pertemuan santri-santri yang berasal dari satu daerah.

Waktu Belajar

Pelajaran dimulai setelah shalat subuh, diajarkan tiga mata pelajaran. Tiap satu mata pelajaran memakan waktu 45 menit sampai jam 08.30 pagi. Kemudian pelajaran diteruskan setelah shalat dzuhur, (satu mata pelajaran). Kemudian pelajaran diteruskan kembali setelah shalat maghrib satu mata pelajaran dan setelah shalat isya setoran hafalan.

Kitab kitab yang dipelajari.

• Fiqh
- Risalatul jami’ah
- Safinatun naja'
- Muqaddimatul hadhramiyah
- Matan Abi Syuja’
- Yakut An Nafis
- Umdatus Salikin
• Aqidah
- Aqidatul Awam
- Al Aqidah (karangan Imam haddad)
- Durus tauhid
- Jauhar tauhid
• Nahwu
- Matan asas
- Al jurumiyah
- Mutammimah Aljurumiyah
- Qatrun nada
• Hadits
- Mukhtar Alhadits
- Arba’in Nawawiyah
- Nurul iman
- Mukhtar Riyadushhalihin

Metode pengajaran adalah sistem halaqah.
Setelah pelajar meyelesaikan kitab kitab diatas, pelajar diberi pilihan untuk masuk jurusan (takhasus), penjurusannya sebagai berikut :
1. Al Quran wa Ulumih
2. Al Hadits wa Ulumih
3. Sirah
4. Lughah arabiyah
5. Fiqh wa Ushulih

Dan juga Dar Al Musthafa mengadakan pesantren kilat (dauroh) pada masa liburan musim panas (shoifiyah) untuk para mahasiswa, dan semua kalangan.

Sarana dan Fasilitas

- Asrama bagi para santri, setiap kamar dilengkapi dengan AC, kipas angin, almari, meja belajar dan ranjang
- Toserba
- Ruang makan
- Warnet
- Wartel
- Klinik
- Perpustakaan
- Toko buku
- Transportasi sebanyak 4 bis
- Money changer
- Rumah tamu
- Stasiun radio
- Travel umrah dan hajis



UNIVERSITAS RUBAT TARIM


Saat ini, bangunan Rubath Tarim yang luasnya sekitar 500 m persegi ini menampung pelajar dari berbagai belahan dunia terutama pelajar Indonesia yang hampir mendominasi warga Rubath Tarim.

Sistem Belajar

Sejak berdiri hingga sekarang (kurang lebih 121 tahun) pengajian di Rubath Tarim dilaksanakan dengan sistem halaqah yang dibimbing oleh para masyayikh. Klasifikasi ini disesuaikan dengan tingkatan masing-masing pelajar. Tiap halaqah mengkaji berbagai fan keilmuan tak kurang dari sepuluh halaqah sejak pagi hingga malam mengkaji ilmu-ilmu agama dan diikuti oleh para pelajar dengan disiplin dan khidmat.

Kitab-Kitab Yang Dipelajari

Adapun kitab-kitab yang dikaji pada tiap halaqah disesuaikan dengan kemampuan pelajar (semacam tingkatan kelas), antara lain:

* Umdah
* Fathul mu’in
* Minhajut Thalibin dan sarahnya
* Nahwu
* Fawaid Sugro dan Kabir
* Matan al-Jurumiah
* Al-Fushul al-fikriah Fiqh
* Ar-risalatul al-Jamiah
* Safinatun Najah
* Mukhtasar Shogir
* Mukhtasar Kabir
* Abi Syuja’
* Fathul Qarib
* Zubad
* Mutammimah -
* Qatrun Nida
* Syaddzu adzhab
* Alfiah Ibnu Malik
* Zawaid (tambahan) Alfiah Ibnu Malik

Setelah menamatkan kitab-kitab diatas para pelajar melanjutkan pada materi-materi lain, seperti Hadist, Tafsir, Usul fiqh.

Waktu Belajar

Para pengurus Rubath Tarim memperhatikan semua aktifitas pelajar dengan secara cermat. Jadual rutinitas keseharian para pelajar dimulai sejak sebelum shalat Subuh dengan melaksanakan shalat Tahajud, dilanjutkan shalat Subuh berjamaah di mesjid Babthoin, disertai pembacaan aurad.

Baru kira-kira pukul 05.00 s.d 07.00 pagi, digelar pengajian nahwu atau lebih akrab disebut dars nahwu. Setelah itu para pelajar dipersilahkan makan pagi. Pada jam 07.30 dilaksanakan mudzakarah tiap halaqah selama sekitar setengah jam untuk persiapan pengajian yang akan di pelajari bersama masyayikh yaitu hafalan matan sampai pukul 09.00.

Selama tiga jam berikutnya adalah waktu istirahat hingga Dzuhur, setelah menunaikan shalat Dzuhur diadakan hizb (tadarus) al-Qur’an selama setengah jam. Setelah itu para pelajar dianjurkan tidur siang untuk persiapan mengaji pada sore hari.

Pada pukul 15.00 setelah shalat ashar berjamaah, semua pelajar mengaji tiap halaqah sampai pukul 17.00, setelah shalat magrib dilanjutkan dengan hizb (tadarus) Al-Qur’an dan pengajian halaqah sampai pukul 20.15. Setelah makan malam para pelajar diharuskan mengikuti halaqah selama setengah jam untuk persiapan pelajaran pagi.

Staf Pengajar

1. Al-Habib Salim bin Abdullah bin Umar as-Syatiri
2. Syekh Abu Bakar Muhammad Balfaqih
3. Syekh Umar Abdurrahman al-Atthas
4. Syekh Abdullah Abdurrahman al-Muhdhar
5. Syekh Muhammad Ali al-Khatib
6. Syekh Muhammad Ali Baudhan
7. Syekh Abdullah Umar bin Smith
8. Syekh Abdurrahman Muhammad al-Muhdhar
9. Syekh Hasan Muhsin al-Hamid
10. Syekh Abdullah Shaleh Ba’bud
11. Syekh Muhammad Al-Haddad
12. Syekh Abdullah Umar Bal Faqih
Selain para masyayikh diatas, para senior juga diwajibkan membimbing halaqah tingkat bawahnya.

Fasilitas

* 50 kamar
* Wartel
* Toserba
* Perpustakaan

Penutup

Sebagian ulama yang telah belajar di Rubath Tarim , antara lain:

- Al-Imam Syaikhul Islam al-Habib Muhammad bin Abdullah al-Haddar (1340-1418 H), mufti propinsi Baidha, Yaman dan pendiri Rubath al-Haddar lil ulumus Syariat.
- Al-Allamah Habib Hasan bin Ismail bin Syekh, pendiri Rubath Inat Hadramaut.
- Al-Allamah al-Habr, pejabat qadhi as-syar’i Baidha, Habib Muhammad bin Husien al-Baidhawi.
- Al-Habib Abdullah bin Abdurrahman Ibn Syekh Abu Bakar bin Salim, pendiri Rubath Syihir.
- Al-Habib Husien al-Haddar, ulama besar kelahiran Indonesia dan meninggal di Mukalla Hadramaut.
- Al-Habib Muhammad bin Salim Bin Hafizd Ibn Syekh Abu Bakar bin Salim, pengarang dari berbagai kitab fikih dan faraid ayah dari al-Habib Ali Masyhur bin Hafizd dan al-Habib Umar bin Hafizd pendiri ma’had Dar Al-Musthafa Tarim Hadramaut.
- Al-Habib al-Wara’ as-Shufi Ahmad bin Umar as-Syatiri, pengarang kitab Yakutun Nafis, Nailurraja’ syarah Safinatun Naja dan sebagainya.
- Al-Habib Muhammad bin Ahmad as-Syatiri, pengarang kitab Syarah Yaqutun Nafis, Mandzuma Al-Yawaqit fifanni Al-Mawaqit (ilmu falaq), kitab Al-Fhatawa Al-Muassyirah dan sebagainya.
- Al-Allamah Syekh Muhammad bin Salim al-Baihani, pendiri ma’had Al’ilmi, Aden.
- Al-Allamah Habib Muhammad bin Ali bin Abdurrahman al-Habsyi, Jakarta, Indonesia.
- Al-Wajih an-Nabil al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Balfaqih (wafat tahun 1381 H), pengasuh ma’had Darul Hadist al-Faqihiyyah, Malang, Indonesia.
- Al-Faqih an-Nabil pejabat qadhi as-syar’i Banjarmasin Syekh Ahmad Said Ba Abdah.
- Habib Abdullah al-Kaff, Tegal, Indonesia.
- Habib Ahmad bin Ali al-Attas, pekalongan.
- Habib Abdurrahman bin Syekh al-Attas, Jakarata.
- Habib Abdullah Syami al-Attas, Jakarta.
- Syekh al-Allamah Umar Khatib, Singapura.
- Habib ‘Awad Ba ’Alawi, sesepuh ulama Singapura.
- Syekh Abdurrahman bin Yahya, qadhi Kelantan, Malaysia.
- Sayyid al-Muhafizd al-Majid al-Adib Hamid bin Muhammad bin Salim bin Alwi as-Sirri, pengajar di Rubath Tarim dan Jam’iyatul al-Haq di kota yang sama, kemudian pindah dan mengajar di Malang, Indonesia.
- Habib Alwi bin Thohir Al-Haddad, Mufti Johor, Malaysia.


DIBERITAHUKAN BAHWA SELEKSI BEASISWA YAMAN UNIVERSITAS AL AHQAF
dilaksanakan pada :
Tahap pertama di Pondok Pesantren Kauman Lasem Jawa Tengah. Telpon 08122834780 untuk putra dan putri
Tahap kedua, di Ponpes Darullughah wadda’wah Bangil Pasuruan Jawa Timur. Telpon: 08883186094 khusus putera.
Tahap ketiga, di PP Alkhairat Bekasi Jawa Barat (Jabar) Telp. 081932318294 Berlaku untuk putra dan puteri.
Info selengkapnya silahkan hubungi (1) Habib Hasan Al Jufri Telp. 08122212000. (2) KH. M. Zaim Ahmad Ma’shum. Telp. 081325650650.










Tidak ada komentar: